Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Putra Kalahkan Jepang 3-0, Susi: Kekuatan Ganda dan Tunggal Sudah Seimbang

Tim Putra Kalahkan Jepang 3-0, Susi: Kekuatan Ganda dan Tunggal Sudah Seimbang
 Susy Susanti berpose disela-sela latihan /Antara-Rosa Panggabean
Susy Susanti berpose disela-sela latihan /Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Tim bulu tangkis putra Indonesia memastikan meraih tiket ke putaran final Piala Thomas 2018 dengan lolos ke semifinal Badminton Asia Team Championships 2018 di Alor Setar, Malaysia, Jumat, 9 Februari 2018. Mereka menyusul Tim Uber, yang sudah lebih dulu melaju.

Tim Thomas lolos setelah menaklukkan Jepang dengan skor 3-0. Hasil itu dianggap kejutan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Susy Susanti. Apalagi dalam laga itu Indonesia tak menurunkan pasangan ganda putra terbaik, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus tak bisa diturunkan karena mengalami cedera otot perut. Namun Kevin, yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan, ternyata juga mampu tampil apik.

“Kami tidak memprediksi menang langsung 3-0. Kalau pun menang, mungkin 3-1," kata Susy. "Lawan Jepang itu tidak mudah, para pemainnya ulet, ngotot. Saya lihat sekarang tunggal putra kita mulai mantap dan bisa diandalkan. Sebelumnya, ganda lebih diandalkan, tetapi sekarang imbang, lah, tunggal putra juga mau menyumbangkan angka.”

Susy mengatakan hasil itu membuktikan kelebihan sektor ganda putra. "Walaupun pasangan diacak, tapi tidak merasa asing karena sering latihan bersama. Di kejuaraan nasional juga berpasangan. Jadi pada saat event penting seperti ini menguntungkan buat kami. Sehingga, kalau ada salah satu yang kurang fit, kami tidak terlalu khawatir,” ujarnya.

Susy juga menyampaikan perkembangan Marcus. “Kondisi Marcus masih belum pulih, tapi dibilang cedera berat sekali juga tidak. Kami hanya tidak mau mengambil risiko,” ucapnya.

Di semifinal, tim putra Indonesia akan bertemu dengan Korea, yang baru saja mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. Susy menyebutkan tim putra Indonesia siap menghadapi siapa pun, baik Korea maupun Thailand, seandainya Thailand tadi mampu mengatasi Korea.

Adapun tim putri Indonesia akan diperhadapkan dengan tim Jepang, yang tak mudah dihadapi karena kekuatannya sangat merata. “Kalau melihat ranking memang cukup berat karena pemain-pemain Jepang sebagian besar ada di top 10. Tetapi kami akan tetap kerja keras, peluang tetap terbuka,” tutur Susy.

Pertandingan semifinal tim putri Indonesia melawan Jepang akan dilangsungkan besok, Sabtu, 10 Februari 2018, pukul 12.00 waktu Alor Setar. Sedangkan tim putra Indonesia akan bertanding melawan Korea pukul 17.00 waktu Alor Setar.

Berikut ini hasil babak perempat kualifikasi Piala Thomas selengkapnya.

- Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto 21-11, 20-22, 21-13
- Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-17, 21-15
- Anthony Sinisuka Ginting vs Kazumasa Sakai 21-23, 21-14, 21-17
- Hendra Setiawan/Rian Agung Saputro vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe tidak dimainkan
- Ihsan Maulana Mustofa vs Kento Momota tidak dimainkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler