Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Run 2017 : 3.500 Pelari Buktikan Bali Aman Dikunjungi

Lomba lari Bali Run 2017 yang diikuti sekitar 3.500 peserta dari dalam dan luar negeri membuktikan bahwa Pulau Dewata aman untuk dikunjungi meskipun Gunung Agung dalam status Awas.
Peserta Bali Run 2017 yang digelar Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Minggu (1/10/2017)./Bisnis-ITDC
Peserta Bali Run 2017 yang digelar Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Minggu (1/10/2017)./Bisnis-ITDC

Bisnis.com, NUSA DUA—Lomba lari Bali Run 2017 yang diikuti sekitar 3.500 peserta dari dalam dan luar negeri membuktikan bahwa Pulau Dewata aman untuk dikunjungi meskipun Gunung Agung dalam status Awas.

Direktur Operasional PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Anak Agung Ngurah Wirawan menjelaskan lomba lari kategori 5 km, 10 km, dan 25 km ini menarik minat peserta karena bukan hanya melintasi taman di kawasan Nusa Dua, tetapi juga melewati jalan raya dan Jalan Tol Bali Mandara.

“Tahun lalu kami hanya lari di kawasan Nusa Dua, kini dengan izin Menteri Pekerjaan Umum bisa diselenggarakan melalui Tol Bali Mandara,” katanya seusai lomba lari di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Minggu (1/10/2017).

Menurut Wirawan, selain sebagai aktivitas olah raga, kini lari telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan dari berbagai kalangan usia di seluruh dunia. Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari atraksi wisata yang digelar di kawasan wisata yang dikelola badan usaha milik negara (BUMN) ITDC.

Kehadiran sejumlah wisatawan asing dalam kegiatan Bali Run juga membuktikan aktivitas wisata di Bali aman dan berlangsung normal seperti biasa. “Ya, peserta asing hanya sedikit karena ada isu Gunung Agung, tapi sebenarnya Bali aman untuk dikunjungi,” ujarnya.

Wirawan menyebut peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung memang membuat khawatir sejumlah pelari asing. Ia berupaya meyakinkan dengan menjelaskan posisi Nusa Dua yang aman karena jauh dari Gunung Agung.

“Akhirnya mereka semangat untuk datang dan ikut Bali Run,” tuturnya.

Bahkan, lanjut Wirawan, sejumlah wisatawan yang tinggal di hotel kawasan Nusa Dua mengetahui jika terjadi erupsi dan Bandara Ngurah Rai tidak beroperasi akan digantikan dengan moda transportasi darat dan laut.

Banyak yang telah mempersiapkan hal itu jika dari dan ke Bali tidak bisa melalui udara.

“Ya, kita masih punya Pelabuhan Benoa, Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai, untuk keluar jika Bandara Ngurah Rai terpaksa ditutup. Mungkin informasi seperti ini harus didengungkan terus kepada wisatawan di seluruh dunia,” imbuhnya.

Terkait pembatalan wisatawan, Wirawan mengaku hingga kini belum menerima laporan tersebut dari hotel-hotel di kawasan ITDC. Dia mengatakan saat ini tingkat hunian kamar hotel di kawasan ITDC masih cukup baik.

Selama periode semester I/2017 rata-rata okupansi 78%, tapi pascastatus Awas Gunung Agung belum diketahui seberapa besar dampaknya.

Managing Director ITDC Wayan Karioka mengatakan pelaksanaan Bali Run merupakan satu hal untuk membuktikan bahwa aktivitas pariwisata masih tetap berjalan saat aktivitas vulkanik Gunung Agung mengalami peningkatan.

Kini status Awas tetap diberlakukan dan warga dalam radius 12 km dari gunung berapi ini harus mengungsi.

Kata dia bencana merupakan kondisi darurat yang tak bisa seorang pun mencegah. “Kita hanya bisa mengantisipasi untuk meminimalisasi jatuhnya korban dan kerugian,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler