Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyanyi Indonesia Raya di DPR, Pebasket Anthony Wayne Cates Jadi WNI?

Atlet basket Anthony Wayne Cates Jr. asal Amerika Serikat yang ingin menjadi WNI mendapat pertimbangan dari Komisi X DPR RI.
Anthony Wayne Cates (kanan) bersama Menpora Imam Nahrawi/Kemenpora.go.id
Anthony Wayne Cates (kanan) bersama Menpora Imam Nahrawi/Kemenpora.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet basket Anthony Wayne Cates Jr. asal Amerika Serikat yang ingin menjadi warga negara Indonesia mendapat pertimbangan oleh Komisi X DPR RI pada agenda Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pada Senin (11/9/2017).

Sebagaimana dilansir website resmi Kemenpora, Anthony telah mengajukan proses pewarganegaraan untuk menjadi WNI, dan setelah verifikasi administrasi Menpora mengeluarkan rekomendasi untuk proses selanjutnya sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam konteks keolahragaan, sesuai ketentuan UU Sistem Keolahragaan Nasional, naturalisasi merupakan salah satu bentuk penghargaan di bidang olahraga yang diberikan kepada olahragawan, pembina olahraga, dan tenaga keolahragaan warga negara asing yang berprestasi atau memiliki jasa luar biasa terhadap kemajuan keolahragaan nasional.

Selain hal tersebut, juga diharapkan mendongkrak prestasi di ajang-ajang internasional, baik dari segi keatletannya itu sendiri maupun dampak penularan skill dan pola latihan yang dapat dikembangkan.

"Setelah melakukan verifikasi administrasi dari berbagai persyaratan undang-undang dan surat permohonan menjadi WNI dari yang bersangkutan, dengan ini kami hadirkan Anthony Wayne Cates Jr, atlet basket, untuk selanjutnya dapat dites menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengucapan teks Pancasila, semoga Komisi X DPR RI dapat memberikan pertimbangan proses selanjutnya," kata Menpora.

Selanjutnya atas seizin Ketua Rapat Ferdiansyah, dengan didampingi Paskibraka yang membawa bendera Merah Putih, Anthony berdiri tegap dan dengan lancar serta sempurna menyanyikan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila.

Semakin mengharukan, nilai nasionalisme untuk menjadi atlet pembela kejayaan olahraga Indonesia ditunjukkan dengan penghormatan dan penciuman bendera Merah Putih.

Di akhir rapat, Ketua Rapat Pimpinan Komisi X DPR RI Ferdiansyah membacakan kesimpulan, "Komisi X DPR RI memberi pertimbangan permohonan Kewarganegaraan Riatas nama Sdr Anthony Wayne Cates Jr untuk dapat dilanjutkan prosesnya menjadi WNI dengan catatan penetapan Kewrganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucapnya.

Secara faktual, sejak program naturalisasi digulirkan pada 2009. Olahragawan asing yang telah menjadi WNI sampai saat ini berjumlah 15 orang. Bila nanti dapat disetujui sampai mekanisme akhir, maka Anthony Wayne Cates Jr menjadi olahragawan naturalisasi ke-16.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Kemenpora.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler