Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA SUDIRMAN 2019: Indonesia Benahi Mental Bertanding Ganda Putri

Sektor ganda putri pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menguatkan fokus dan mental bertanding jelang keikutsertaan dalam kejuaraan Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei.
Ganda putri Greysia Polii-Rizki Amelia Pradipta/Badminton Indonesia
Ganda putri Greysia Polii-Rizki Amelia Pradipta/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -  Sektor ganda putri pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menguatkan fokus dan mental bertanding jelang keikutsertaan dalam kejuaraan Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei.

"Kami meningkatkan kemampuan individu para atlet sejak awal bulan ini. Kami menekankan faktor-faktor nonteknis seperti daya tahan mental bertanding," kata pelatih ganda putri pelatnas PBSI Eng Hian di sela-sela simulasi pertandingan Piala Sudirman di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (13/5/2017).

Eng Hian mengatakan penguatan fokus dan mental bertanding itu untuk menyiasati kegugupan pemain ketika awal mengikuti kejuaraan-kejuaraan beregu. "Latihan nonteknis itu dibutuhkan agar para atlet juga cepat beradaptasi dengan situasi turnamen," katanya.

Atlet-atlet ganda putri, lanjut Eng Hian, juga mendapatkan program latihan penguatan mental di kolam renang dan luar lapangan sebagai variasi latihan ketangkasan di lapangan bulu tangkis.

"Kami tidak menggelar kegiatan penguatan mental bertanding secara khusus karena penyelenggaraan Piala Sudirman berdekatan dengan kejuaraan-kejuraan lain," kata pelatih yang akrab disapa Koh Didi itu.

Eng Hiang mengatakan para atlet juga masih mempunyai waktu latihan sekitar enam hari di Gold Coast sebelum mulai bertanding pada Selasa (23/5).

Sektor ganda putri mengirimkan lima atlet dalam kejuaraan beregu dua tahunan itu. Mereka adalah Greysia Polii, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Awanda, dan Apriani Rahayu.

"Saya punya lebih banyak pilihan untuk menentukan pasangan yang akan turun pada setiap pertandingan dengan lima atlet. Dibandingkan kejuaraan Piala Uber, sektor ganda putri hanya bermain satu kali dalam Piala Sudirman," kata Eng Hian.

Tim Indonesia dalam Piala Sudirman 2017 terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri. Mereka akan mulai bertanding pada Selasa (23/5) menghadapi tim India dan pada Rabu (24/5) menghadapi tim Denmark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler