Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biaggi: Valentino Rossi Sudah Mulai Melambat

Mantan pembalap MotoGP, Max Biaggi, menyoroti performa Valentino Rossi. Menurut Biaggi, Rossi saat ini sudah kehilangan ledakan dan dinilai mulai melambat seiring dengan usianya yang semakin menua. Untuk menyiasati kendala usia yang menua inilah, Rossi harus mengubah gaya membalapnya dan hal itu berimbas terhadap performa di lintasan.
Valentino Rossi (depan) dan Johann Zarco (tengah)/Crash
Valentino Rossi (depan) dan Johann Zarco (tengah)/Crash

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pembalap MotoGP, Max Biaggi, menyoroti performa Valentino Rossi. Menurut Biaggi, Rossi saat ini sudah kehilangan ledakan dan dinilai mulai melambat seiring dengan usianya yang semakin menua. Untuk menyiasati kendala usia yang menua inilah, Rossi harus mengubah gaya membalapnya dan hal itu berimbas terhadap performa di lintasan.

"Rossi saya pikir bukan kehilangan nyali, namun memang daya ledaknya untuk bereaksi sudah berkurang. Saya pikir itu normal saja, seiring bertambahnya usia. Itulah sebabnya dia perlu mengubah gaya membalap, dan itu bukan usaha yang mudah," ujar Biaggi, rival utama Rossi di balap 500 cc dan MotoGP era 2000-an.

"Pembalap motor memang berbeda dengan pelari jarak 100 meter yang sangat memerlukan ledakan otot untuk bereaksi, dan semakin melemah ketika usianya semakin tua," kata Biaggi.

Meskipun demikian, kata dia lagi, prinsipnya tetap sama. Seorang pembalap MotoGP tetap memerlukan kecepatan untuk bereaksi dan mengantisipasi segala kemungkinan di lintasan, dan ketika kita menua keepatan bereaksi itu juga akan berkurang. "Saya pikir musuh utama Rossi saat ini bukanlah Marverick Vinales atau Marc Marquez. Musuh utama Rossi adalah waktu," kara Biaggi, pria 46 tahun yang pensiun di usia 42 tahun sebagai pembalap Superbike.

Meskipun mengatakan bahwa Rossi sudah mulai melemah, Biaggi tetap memuji bahwa penampilan pembalap MotoGP berusia 38 tahun itu istimewa. Itu dibuktikan dengan kemampuan Rossi untuk tetap memimpin klasemen pembalap hingga seri keempat Moto GP Spanyol 2017 pada akhir pekan lalu.

"Rossi beruntung karena dia masih mampu meneruskan karier balap MotoGPnya. Entah dengan alasan apa dia belum ingin berhenti, karena masing-masing pembalap punya alasan pribadi. Tidak ada batasan pasti sampai umur berapa seorang pembalap motor harus berhenti. Pastinya semua ada batasnya, dan saya memutuskan pensiun saat merasa bahwa sudah punya cukup banyak uang di kantong," kata Biaggi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler