Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badminton Asia Championship 2017: Cedera Punggung, Marcus/Kevin Absen

Ganda putra rangking satu dunia dari Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bakal absen di Badminton Asia Championship 2017 yang akan digelar di Wuhan, China pada 25-30 April 2017. Pasalnya Marcus dibekap cedera punggung.
Kevin Sanjaya-Marcus Gideon/Badminton Indonesia
Kevin Sanjaya-Marcus Gideon/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Ganda putra rangking satu dunia dari Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bakal absen di Badminton Asia Championship 2017 yang akan digelar di Wuhan, China pada 25-30 April 2017. Pasalnya Marcus dibekap cedera punggung.

Secara keseluruhan, tiga pasangan ganda yang menjadi andalan Indonesia di ajang Badminton Asia Championships 2017 bakal absen. Termasuk Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Marcus cedera sejak tiga hari yang lalu.

Kemudian ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, juga absen. Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini batal tanding karena Liliyana masih dalam pemulihan cedera lutut kanan.

Sementara itu, pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga tak dapat berlaga di kejuaraan yang bakal digelar di Wuhan, Tiongkok, 25-30 April 2017. Anggia yang mengalami cedera hamstring paha kanan dinyatakan tak siap untuk menghadapi kejuaraan ini dan akhirnya memutuskan untuk mundur.

“Banyak pemain yang kondisinya tidak seratus persen. Tontowi/Liliyana, harus absen karena Liliyana masih mengalami cedera. Kalau Marcus/Kevin, mereka masih sakit. Sedangkan Anggia/Ketut, di Anggia ada masalah cedera hamstring,” jelas Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Jangan dipaksakan, jangan mentang-mentang rangking 10 besar dunia, tidak siap tetap berangkat.

“Kalau kami memberangkatkan atlet, tentunya kami mau hasil yang terbaik buat mereka. Jangan dipaksakan, jangan mentang-mentang rangking 10 besar dunia, tidak siap tetap berangkat. Mereka akan menjadi incaran lawan-lawannya, tentunya akan mempengaruhi kepercayaan diri mereka,” ungkap Susy.

Meskipun demikian, nomor ganda putra dan ganda campuran tetap menjadi dua nomor andalan Indonesia. Diujarkan Susy, BAC bukanlah target utama, karena para atlet lebih difokuskan ke Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung bulan Mei mendatang.

“Sebetulnya BAC ini turnamen perantara ya, fokusnya lebih ke Piala Sudirman. Kita kan tidak bisa menuntut atlet untuk juara terus di tiap pertandingan, tetapi sebaiknya sih setiap turnamen ada gelar untuk Indonesia ya, setidaknya satu gelar lah, dari sektor apapun,” tambah Susy.

“Tidak usah disebut, ganda putra dan ganda campuran memang masih jadi andalan hingga saat ini, termasuk di BAC. Kan masih ada Praveen Jordan/Debby Susanto dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Siapa tahu juga ada kejutan dari Jonatan Christie atau tim tunggal putra,” beber Susy.

Berikut daftar pemain Indonesia yang akan bertanding di Badminton Asia Championships 2017 :
Tunggal Putra

  • Jonatan Christie
  • Ihsan Maulana Mustofa
  • Anthony Sinisuka Ginting
  • Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

  • Dinar Dyah Ayustine
  • Fitriani
  • Hanna Ramadini

Ganda Putra

  • Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  • Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro

Ganda Putri

  • Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari
  • Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta
  • Nisak Puji Lestari/Meirisa Cindy Sahputri

Ganda Campuran

  • Praveen Jordan/Debby Susanto
  • Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti
  • Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler