Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLAHRAGA SEPEDA: Dianggap Potensial, Pemerintah Harapkan Calon Juara Internasional

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan bahwa cabang olahraga sepeda memiliki potensi yang kuat untuk dikembangkan.
Pebalap sepeda BMX sedang berlomba./JIBI
Pebalap sepeda BMX sedang berlomba./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan bahwa cabang olahraga sepeda memiliki potensi yang kuat untuk dikembangkan.

Hal tersebut dikatakan saat menerima Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia-Indonesian Cycling Federation (PB ISSI-ICF) yang dipimpin Raja Sapta Oktohari, di Ruang Rapat Sekretaris Kabinet Lantai 2 Gedung 3 Kemensetneg, Jakarta, Selasa (21/2) siang.

Pramono mencontohkan sejumlah cabang olahraga sepeda, seperti BMX, tanjakan, downhill. Ia juga menyebut sejumlah atlet sepeda potensial Indonesia, seperti Rio Akbar, Elga Kharisma, maupun Aiman Cahyadi.

“Indonesia sebenarnya punya potensi ya terutama di (cabang) BMX yang cukup kuat, kita punya misalnya Rio Akbar,” katanya, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (21/2/2017).

Jika atlet-atlet sepeda Indonesia itu dibina dengan baik, Pramono meyakini, prestasi akan bisa dicapai, baik di event nasional maupun internasional.

Namun, saat ini Pramono mengatakan cabang olahraga sepeda masih sangat bergantung. Contohnya pada disiplin BMX perempuan yang masih sangat mengandalkan Elga Kharisma.

Menurut dia, diperlukan pembinaan yang lebih spesifik. Beberapa orang yang kita persiapkan misalnya menjadi Alberto Contador-nya dunia.

“Jadi Alejandro Valrvede, Chris Froome lah, gitu, atau yang sprinter kaya Peter Sagan, yang jarak-jarak pendek. Indonesia sebenarnya punya peluang untuk itu,” ujarnya.

Pramono berjanji akan memberikan dukungan yang diperlukan dalam pembinaan atlet balap sepeda. Ia melihat karena dalam kepengurusan sebelumnya, cabang sepeda mengalami begitu banyak persoalan.

”Saya berharap dalam kepemimpinan teman-teman yang baru ini, mudah-mudahan PB ISSI bisa lebih baik melahirkan pembalap-pembalap yang menjadi juara internasional,” kata Pramono seraya mengemukakan, dirinya sangat menyukai olahraga sepeda, sehingga menaruh perhatian terhadap perkembangan olahraga sepeda di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler