Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Bidik Medali Perunggu di Kejuaraan Musim Dingin Asia

Tim Olahraga Musim Dingin Indonesia membidik medali perunggu dalam Asian Winter Games 2017 yang berlangsung di Sapporo, Jepang, pada 19-26 Februari.
Ilustrasi pertandingan hoki es/Reuters
Ilustrasi pertandingan hoki es/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Olahraga Musim Dingin Indonesia membidik medali perunggu dalam Asian Winter Games 2017 yang berlangsung di Sapporo, Jepang, pada 19-26 Februari.

"Kami menargetkan medali perunggu itu dari cabang hoki es dan tim seluncur indah (figure skating). Target itu realistis karena ini adalah kejuaraan musim dingin pertama yang diikuti Indonesia," kata Ketua Kontingen Tim Olaharaga Musim Dingin Indonesia dalam Asian Winter Games 2017 Berdi Sabri.

Dia mengemukakan tim seluncur ski (short track speed ski) adalah tim yang diharapkan meraih lebih dari medali perunggu karena mereka pernah meraih juara dalam sejumlah kejuaraan ice skating internasional.

"Kami optimistis pada cabang hoki es karena kami masuk divisi II bersama tim Malaysia, Turkmenistan, Makau, dan Iran. Tapi, kami belum tahu peta kekuatan divisi lain," tutur pria yang juga Ketua Federasi Hoki Es Indonesia itu.

Tim Olahraga Musim Dingin Indonesia, lanjut Berdi, telah menggelar seleksi atlet, pelatihan, dan uji coba tanding selama enam bulan sejak Agustus di Bintaro, Tangerang, dan Mal Taman Anggrek, Jakarta.

"Sementara, lokasi latihan sementara ada di Bintaro dan Taman Anggrek. Lokasi di Surabaya sudah ditutup dan di Bandung masih tahap renovasi," ujarnya.

Berdi berharap cabang-cabang olahraga musim dingin dapat masuk dalam pembinaan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan menjadi anggota Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI).

"Kami ingin lebih berkembang, terutama dalam aspek pembinaan atlet karena saat ini pengembangan atlet hanya ada pada masing-masing klub. Jika kami masuk Satlak Prima, pembinaan atlet kami lebih fokus dan terkendali," ucap Berdi.

Tim hoki es Indonesia bukan hanya terdiri dari atlet-atlet Jakarta, melainkan juga sejumlah atlet dari berbagai daerah seperti Malang, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Tim Olahraga Musim Dingin Indonesia dalam Asian Winter Games 2017 terdiri dari 34 atlet yaitu 23 atlet Hoki Es, tujuh atlet seluncur ski, dan empat atlet seluncur indah. Tim itu juga didukung tujuh ofisial masing-masing cabang olahraga dan 13 ofisial umum.

Tim Indonesia itu akan berangkat ke Jepang dalam tiga tahap yaitu pada Minggu (12/2), pada Kamis (16/2), dan pada Minggu (19/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler