Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susi Pudjiastuti Kandidat Ketua Umum Lembaga Karate-do Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi salah satu kandidat pengganti Yuddy Chrisnandi sebagai ketua Pengurus Besar Lembaga Karate-do Indonesia (PB Lemkari), setelah mantan Menpan itu dilengserkan oleh pendiri dari perguruan tersebut.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Reuters-Beawiharta
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi salah satu kandidat pengganti Yuddy Chrisnandi sebagai ketua Pengurus Besar Lembaga Karate-do Indonesia (PB Lemkari), setelah mantan Menpan itu dilengserkan oleh pendiri dari perguruan tersebut.

"Saat ini memang ada beberapa kandidat yang salah satunya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti," kata pendiri sekaligus pemilik perguruan Lemkari Anton Lesiangi di Jakarta, Senin (30/1/2017).

Pria yang juga pemilik hak intelektual atau HAKI atas Lemkari ini menjelaskan pemilihan ketua umum baru memang harus segera dilakukan guna mengisi kekosongan pimpinan karena sejak 7 November 2016 keberadaan Yuddy Chrisnandi sebagai ketua sudah tidak diakui.

Selain Menteri Kelautan dan Perikanan, kata Anton, ada beberapa nama yang juga muncul seperti Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman. Selain itu ada nama mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko serta salah satu pengurus teras KONI pusat.

"Pemilihan ketua baru ini akan melalui mekanisme kongres dan harus dilakukan secepatnya. Kami harapkan kongres luar biasa dengan agenda utama pemilihan ketua umum baru harus diputuskan maksimal April nanti," kata pria yang juga seorang politisi ini.

Dengan adanya ketua baru diharapkan PB Lemkari bisa segera bekerja sesuai pendukung penyediaan dan pembinaan atlet di seluruh Indonesia. Diharapkan melalui kongres ini tidak ada dualisme kepengurusan yang dampaknya akan perpengaruh pada sistem pembinaan.

"Setelah kongres tidak boleh lagi ada pihak lain yang menggunakan nama Lemkari karena HAKI-nya dalam sepuluh tahun kedepan ada pada saya. Jika ada yang tetap menggunakan maka akan berurusan dengan hukum," ucap salah satu pembawa olahraga beladiri asli Jepang ke Indonesia itu.

Yuddy Chrisnandi sebelumnya ditunjuk sebagai ketua umum Lemkari saat menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan). Namun, setelah jabatan tersebut di-"reshuffle" oleh Presiden Joko Widodo, posisi sebagai ketua umum Lemkari juga dikoreksi oleh pendiri salah satu perguruan karate terbesar di Indonesia itu.

"Sampai saat ini saudara Yuddy Chrisnandi mengangkat sendiri dan menganggap dirinya sebagai ketua umum PB Lemkari, padahal diberhentikannya jadi menteri oleh presiden menjadi dasar untuk memberhentikannya sebagai ketua umum," kata pria berusia 77 tahun ini.

Meski sudah tidak diakui oleh pendiri PB Lemkari, Yuddy Chrisnandi tetap menjalankan tugasnya sebagai ketua umum. Bahkan, PB Lemkari dibawah kendali pria yang saat ini diangkat sebagai duta besar di Ukraina ini masih menggelar kejuaraan Lemkari Cup di Bali, 23-29 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler