Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satlak Prima Monitor Atlet Sea Games Pakai Aplikasi

Satlak Prima melakukan terobosan yang salah satunya bakal memonitor kondisi atlet yang dipersiapkan menghadapi Sea Games 2017 maupun Asian Games 2018 melalui aplikasi.
Sea Games 2017/www.kualalumpur2017.com.my
Sea Games 2017/www.kualalumpur2017.com.my

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) melakukan terobosan yang salah satunya bakal memonitor kondisi atlet yang dipersiapkan menghadapi Sea Games 2017 maupun Asian Games 2018 melalui aplikasi.

Wakil Ketua Umum Satlak Prima Lukman Niode mengatakan aplikasi yang akan digunakan disebut Integrated Atlet Monitoring (IAM). Sesuai dengan rencana, aplikasi yang merupakan terobosan ini bakal diluncurkan 1 Februari.

"Dengan menggunakan aplikasi ini, kondisi atlet akan terpantau dengan detail dan bisa dilihat setiap saat. Saat ini proses persiapan penggunaan aplikasi ini sedang berjalan," ujarnya pada Rabu (18/1/2017).

Menurut dia, semua atlet yang dipersiapkan untuk Sea Games 2017 maupun Asian Games 2018 akan mengisi data yang sudah tersedia di aplikasi. Data yang harus dimasukkan oleh atlet ini di antaranya adalah waktu tidur, berat badan, denyut nadi, warna air seni, serta kondisi seluruh badan.

Terkait dengan sistem pendataan, kata dia, atlet harus mendapatkan pemantauan dari petugas Satlak Prima dan dikoordinasikan oleh pelatih.

"Dengan adanya aplikasi ini, kondisi atlet yang kurang prima langsung kelihatan. Penangannya juga bakal lebih cepat," kata mantan atlet renang nasional itu.

Persiapan untuk menghadapi Sea Games 2017 saat ini memang sudah berjalan. Indonesia pada kejuaraan dua tahunan ini bakal turun di 32 cabang olahraga yang semuanya berpeluang untuk menyumbangkan medali emas.

Yang berbeda dari Sea Games 2015 Singapura, Indonesia bakal menurunkan mayoritas atlet muda. Adapun persentase atletnya mencapai 48 persen dari total atlet yang diberangkatkan. Sesuai dengan rencana, jumlah atlet yang dikirim ke Malaysia sebanyak 250 orang.

Jumlah atlet ini mengalami penyusutan cukup banyak dibandingkan Sea Games sebelumnya yang mencapai 547 atlet. Hal ini dilakukan karena atlet yang diberangkatkan hanya yang berpotensi meraih medali emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler