Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mariati Tutup Karier dengan Juara Dunia Pencak Silat

Atlet putri Indonesia Mariati mengakhiri karier sebagai atlet pencak silat nasional dengan meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di Denpasar, Bali.
Atlet pencak silat Mariati/Antara-Imam Santoso
Atlet pencak silat Mariati/Antara-Imam Santoso

Bisnis.com, DENPASAR - Atlet putri Indonesia Mariati mengakhiri karier sebagai atlet pencak silat nasional dengan meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di Denpasar, Bali.

Pada pertandingan final kategori tanding kelas bebas putri pada Kamis (8/12/2016), Mariati menang 5-0 atas pesilat Thailand Suwichada Pruphetkaew.

Sebelumnya, Mariati menang atas pesilat Vietnam Nguyen Long Van Trang dalam semifinal kelas bebas putri pada Selasa (6/12/2012).

"Saya sudah diminta untuk menjadi pelatih di Mataram, Nusa Tenggara Barat, pada 2017. Sebenarnya saya sudah lama juga diminta untuk menjadi pelatih, tapi saya masih harus mengikuti pelatnas di Jakarta," ujar Mariati.

Pegawai Negeri Sipil Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat itu mengatakan akan mulai melatih pencak silat untuk anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Dalam pertandingan-pertandingan kejuaraan dunia itu, Mariati mengatakan kunci kemenangannya adalah dengan membaca pola gerakan lawan.

"Saya harus mengamati gerakan lawan dalam satu dua pukulan. Tapi, saya juga perlu perbaikan gerakan ketika menghadapi lawan-lawan yang punya gerakan lambat," kata peraih medali perak Sea Games 2011 dan Sea Games 2013 itu.

Medali emas Mariati di Denpasar itu merupakan raihan keduanya dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat setelah event serupa tahun lalu di Phuket, Thailand.

Sebelumnya, pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2010 di Jakarta dan Kejuaraan Dunia Penak Silat 2012 di Chiang Rai, Thailand, atlet berusia 34 tahun itu meraih medali perak.

Indonesia sementara meraih satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu pada kategori tanding dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016.

Dua medali perak Indonesia diperoleh dari kelas G putra oleh Eka Yulianto dan kelas I putra oleh Firdhana Wahyu Putra. Sedangkan satu medali perunggu disumbangkan Eko Febrianto pada kelas J putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler