Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018: Pembangunan Infrastruktur Pendukung Dipercepat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan/rehabilitasi venue dan penataan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) serta pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, untuk mendukung Asian Games XVIII 2018.
Drawa, Maskot Asian Games 2018/Antara
Drawa, Maskot Asian Games 2018/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan/rehabilitasi venue dan penataan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) serta pembangunan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, untuk mendukung Asian Games XVIII 2018.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Infrastruktur Asian Games 2018 per 5 Desember 2016, pembangunan Wisma Atlet Kemayoran telah mencapai 34,88% dari rencana 32,91% dan realisasi pembangunan/rehabilitasi venue GBK rata-rata sebesar 10,31% dari rencana 11,7% untuk seluruh paket pekerjaan AG 1 sampai dengan AG 6.

Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono optimistis bahwa proyek rehabilitasi venue di GBK, Senayan, dan pembangunan Wisma Atlet Kemayoran akan selesai tepat waktu pada Oktober 2017. "Saya optimistis akan selesai sesuai target semuanya pada Oktober 2017,” katanya, Rabu (7/12/2016).

Untuk Wisma Atlet Kemayoran Blok C-2, saat ini dalam tahap pekerjaan struktur dan arsitektur, dengan rencana topping-off untuk tower 1 dan 3 pada 30 Desember 2016, sementara tower 2 pada Januari 2017.

Untuk Blok D-10 saat ini juga masih dalam tahap pekerjaan struktur dan arsitektur, dengan rencana topping-off untuk tower 1, 3 dan 6 pada Januari 2017 dan tower 2, 4, 5 dan 7 pada Februari 2017.

Wisma Atlet Kemayoran akan memiliki 10 menara. Tiga menara rumah susun (rusun) dibangun di Blok C2 di atas lahan seluas 27.654 meter persegi dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 di atas lahan seluas 79.400 meter persegi dengan 5.494 unit hunian.

Sementara itu, pekerjaan pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi venue GBK terbagi tujuh paket yaitu AG 1 (Stadion Utama), AG 2 (Training Facility), AG 3 (Stadion Renang), AG 4 (Lapangan Hoki, Panahan, dan Sepakbola A/B/C), AG 5 (Istora), AG 6 (Stadion Tenis Indoor dan Centercourt) dan AG 7 (Stadion Madya, Stadion Softball, Baseball dan Gedung Basket).

Pada Paket AG 1 atau Stadion Utama yang menjadi pekerjaan konstruksi terbesar, saat ini sudah menyelesaikan pembongkaran kursi tribun, dan sedang dalam tahap perbaikan lantai tribun serta pembuatan drainase lapangan. Kemudian pekerjaan pembongkaran area venue, pengelupasan cat dinding stadion dan pembongkaran instalasi ME.

Lalu untuk pekerjaan lapangan untuk venue Training Facility atau AG 2 saat ini dalam tahap pembongkaran eksisting, pembongkaran atap, tribun, dan penyimpanan material bongkaran/aset untuk gedung latihan bulutangkis.

Paket AG 3 untuk pekerjaan pemasangan saluran air, untuk kolam polo air telah selesai dan dalam tahap pembesian lantai dasar kolam. Pekerjaan pelebaran galian dan pembuatan shotcreate kolam utama, pengecoran plat lantai area sekitar kolam polo air dan perbaikan lantai tribun. Untuk kolom struktur atap dan kolom struktur tribun dibuat baru.

Pekerjaan Paket AG 4 sedang dalam tahap penggalian dan pemasangan pipa HDPE untuk lapangan sepakbola A dan B, serta pipa Rcpipe untuk lapangan sepakbola C. Untuk lapangan Hoki sedang dalam pekerjaan pemasangan pipa Rcpipe. Kemudian pemasangan pondasi tribun dan pemasangan pipa HDPE di lapangan panahan.

Untuk pekerjaan Istora (AG 5) saat ini sedang dalam proses pengelupasan cat bangunan dan pembingkaran ruang pompa, scoring board, dan kemarik lantai tribun. Serta pekerjaan pembuatan pondasi bangunan pemanasan dan pembongkaran atap bangunan.

Selanjutnya untuk pekerjaan Stadion Tennis Indoor (AG 6) saat ini dalam tahap pemasangan rangka atap, pemasangan dinding bata ringan, instalasasi listrik dan penambahan struktur tangga. Pada Stadion Tennis Centercourt sedang dalam tahap pembesian pondasi lift, pemasangan dinding bata ringan, perbaikan tribun dan instalasi listrik.

Mengenai pembangunan Stadion Madya, Stadion Softball, Baseball dan Gedung Basket atau paket AG 7, proses pelelangannya hampir selesai. Karena penetapan dan pengumuman pememang telah dilaksanakan pada 29 November 2016 lali dan saat ini dalam tahap masa sanggah hasil lelang. Rencananya penandatangan kontrak akan dilakukan pada 8 Desember 2016.

Terkait penataan kawasan Wisma Atlet Kemayoran dan GBK Senayan dalam tahap penyusunan draf detail engineering design (DED), dengan target penyelesaian pada minggu ke-2 Desember 2016.

Sementara untuk progres pelelangan kontraktor pelaksana dijadwalkan pada minggu ke-3 Desember 2016 dan pelaksanaan fisik untuk penataan kawasan GBK dijadwalkan pada Januari 2017, sementara untuk kawasan Wisma Atlet Kemayoran pada Maret 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper