Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20.000 Atlet Ikuti Bank Jateng Borobudur Marathon 2016

Sebanyak 20.000 atlet bakal mengikuti Bank Jateng Borobudur Marathon 2016 yang pendaftarannya secara online telah ditutup pada Selasa (15/11/2016).
Suasana ketika Jakarta Marathon 2016/Bisnis.com
Suasana ketika Jakarta Marathon 2016/Bisnis.com

Bisnis.com, MAGELANG - Sebanyak 20.000 atlet bakal mengikuti Bank Jateng Borobudur Marathon 2016 yang pendaftarannya secara online telah ditutup pada Selasa (15/11/2016).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Budi Santoso mengatakan Bank Jateng Borobudur Marathon 2016 terbagi dalam lima kategori.

Lima kategori tersebut yakni Borobudur Abassador Run and Celebrity Run menempuh jarak 3 kilometer, kemudian Borobudur 10 K, Borobudur Half Marathon menempuh 21 kilometer, Borobudur Full Marathon menempuh jarak 42 kilometer, dan Ultramarathon menempuh jarak 120 klometer.

Dia mengatakan ultramarathon star akan dimulai dari Stasiun Ambarawa. Peserta ultramarathon ada dari beberapa negara, namun paling banyak dari Indonesia.

Pelaksanaan Bank Jateng Borobudur Marathon yang berlangsung Minggu (20/11), katanya, sejauh ini panitia sudah mempersiapkan segalanya. Termasuk dengan memasang sejumlah rambu-rambu maupun papan penunjuk arah rute yang dilalui untuk lima kategori yang dilombakan. Bahkan, nantinya akan mendapatkan hiburan dari Seventeen Band dan Soimah.

Koordinator Lintasan, Mayor Budi Leksono mengatakan jumlah peserta ultramarathon sebanyak 86 orang. Ultramarathon ini dikemas bukan lomba, melainkan wisata sehingga dari start sampai finish dibagi dalam tiga etape. Untuk etape pertama dari Stasiun Ambarawa akan melewati rel bergerigi sepanjang 8,8 kilometer hingga Stasiun Bedono.

Kemudian, Wonokasihan melintasi kawasan Perhutani sepanjang 8,2 kilometer.

Dia nenuturkan untuk cek poin diadakan di Pandean, Dalangan. Etape satu sepanjang 40 Km dan bermalam di Kampung Gedakan, base camp Gunung Merbabu.

Kemudian, keesokannya dilanjutkan naik menuju Puncak Gunung Merbabu di Kenteng Songo, dengan ketingian 3.265 meter di atas permukaan laut yang paling ekstrem, dengan naik paling cepat 6-7 jam. Kemudian, turun paling cepat 4-5 jam sehingga turun di Wonolelo Sanden, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Dilanjutkan berlari etape dua jaraknya 60 kilometer, menyusuri Tlogolele, Sengi, Dukun, Muntilan, Tanjung, kemudian bermalam di barak evakuasi Tanjung, Muntilan," katanya.

Pada Minggu (20/11) pagi, dari barak Tanjung, menuju Srowol, Mendut, Desa Sambeng sampai Tuksongo dan finish di Candi Borobudur melalui pintu 7.

Dia mengatakan untuk mengamankan jalannya ultra marathon tersebut, mendapat suport dari Polres Magelang dan Kodim 0705/Magelang dalam pengamanan sepanjang jalur yang dilalui peserta.

"Polres Magelang akan menerjunkan sekitar 100 personelnya dan ditempatkan di sejumlah titik yang dinilai rawan terhadap gangguan," katanya.

Dalam event yang diikuti atlet dari 20 negara ini akan merebutkan total hadiah Rp3,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler