Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sea Games 2017: Taekwondo Bidik Dua Emas

Tim Taekwondo Indonesia menargetkan meraih sedikitnya dua emas di Sea Games 2017 Malaysia, sama dengan perolehan pada turnamen serupa tahun lalu di Singapura, kata kepala pelatih Rahmi Kurnia.
Sea Games 2017/www.kualalumpur2017.com.my
Sea Games 2017/www.kualalumpur2017.com.my

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Taekwondo Indonesia menargetkan meraih sedikitnya dua emas di Sea Games 2017 Malaysia, sama dengan perolehan pada turnamen serupa tahun lalu di Singapura, kata kepala pelatih Rahmi Kurnia.

Dalam perbincangan usai tes fisik untuk para atlet di Stadion Atletik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Rahmi mengatakan target tersebut dibebankan di pundak 12 orang atlet yang sudah disahkan Satlak Prima.

"Mereka terdiri dari atlet putra dan putri, enam untuk nomor 'kyorugi' (tarung) dan enam 'poomsae' (peragaan jurus)," ujarnya pada Jumat (11/11/2016).

Namun, Rahmi menanganggap jumlah tersebut masih kurang, terutama untuk atlet kyorugi yang rentan cedera akibat kontak fisik. Tim pelatih meminta tambahan dua orang ke Satlak Prima dan sepertinya akan disetujui.

"Dari pihak Satlak setuju ada penambahan dua orang lagi di awal tahun 2017. Namun, belum ada atlet yang benar-benar aman posisinya," tuturnya.

Beberapa atlet yang disebut memiliki peluang masuk tim nasional adalah mereka yang meraih emas di PON 2016 Jawa Barat. Nantinya, nama-nama yang berpotensi diuji pada Februari 2017 dan bisa bergabung jika lolos.

Taekwondo sendiri telah melaksanakan pemusatan latihan (TC) sejak 1 Oktober 2016, di Cibubur, Jakarta. Di sela TC, sebagai bagian dari persiapan dan penilaian kemampuan atlet, tim taekwondo Indonesia akan turut serta di kejuaraan tingkat Asia dan Kejuaraan Dunia Taekwondo di Muju, Korea Selatan, 2017.

Terkait dengan peluang di Sea Games Malaysia, Rahmi menyatakan tim nantinya menyusun strategi dengan melihat di kelas mana saja atlet taekwondo Indonesia berpotensi besar meraih emas. Mereka mempertimbangkan pula siapa saja atlet dari negeri pesaing yang akan tampil.

Pada Sea Games 2015 di Singapura, Indonesia berhasil meraih dua emas taekwondo yang didapatkan di kelas U-54 kilogram putra atas nama Reinaldy Atmanegara dan kelas U-53 kilogram putri oleh Mariska Halinda.

Taekwondo juga menyumbang satu perak melalui Maulana Haidir di nomor individu Poomsae putra. Kemudian ada pula tiga perunggu dari tim Poomsae putra, individu Poomsae putri oleh Mutiara Habiba dan kelas U-57 kilogram putri atas nama Annisa Cinthya Medina.

Tes fisik yang dilaksanakan di oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) di Stadion Atletik UNJ, Rawamangun, sendiri sudah berlangsung sejak Senin (7/11) dan berakhir pada Jumat ini.

Pada hari terakhir, Satlak melakukan uji fisik kepada atlet cabang olahraga tinju, taekwondo, karate, balap sepeda, dan ski air.

Selain tes fisik, Satlak Prima pun menyelenggarakan tes kesehatan di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Khusus untuk taekwondo, Rahmi Kurnia mengatakan kondisi para atlet secara umum cukup baik meskipun masih ada atlet yang masih memiliki sisa-sisa cedera pasca-PON Jawa Barat beberapa waktu lalu. "Itu tidak masalah. Nanti dipulihkan dengan fisioterapi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler