Bisnis Indonesia - bisnis.com
Sabtu, 01 Oktober 2016

Balap Sepeda PON 2016: Jabar Sabet 7 Medali Emas

Newswire Sabtu, 24/09/2016 03:17 WIB
Balap Sepeda PON 2016: Jabar Sabet 7 Medali Emas
Atlet sepeda gunung Jawa Barat Bandi Sugito (kanan), Kusmawati Yazid (tengah) dan Chandra Rafsanzani (kiri) menggigit medal emas seusai memenangi kompetisi final Cross Country Team Relay PON XIX Jabar di Cikole, Lembang, Kabubaten Bandung Barat, Minggu (18/9/2016)
Antara/M. Agung Rajasa

Bisnis.com, BANDUNG BARAT - Kontingen balap sepeda Jawa Barat sukses memenuhi target tujuh medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 meski perlombaan pada kejuaraan 4 tahunan tersebut masih menyisakan delapan medali emas yang diperebutkan.

"Saat ini saya bisa tidur tenang setelah target yang dibebankan sudah terpenuhi. Kita masih punya peluang untuk menambah medali emas," kata Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Ato Hermanto di sela perlombaan nomor road race yang finis di Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung Barat, pada Jumat (23/9/2016).

Kepastian terpenuhinya target tuan rumah didapat setelah mampu menguasai nomor individu dan tim road race putra. Sebelumnya kontingen balap sepeda tuan rumah juga merebut dua emas dari nomor individu dan tim road race putri.

Individual Time Trial (ITT) putri juga mampu merebut medali emas lewat Yanthi Fuchiyanty. Sedangkan dua emas lainnya dipersembahkan oleh Kusmawati Yazid dari sepeda gunung putri serta dari tim sepeda gunung putra.

"Kami berharap dari BMX dan track mampu menyumbang emas. Untuk BMX kami sangat berharap mampu meraih hasil terbaik. Di sini kami punya Rio Akbar," katanya dengan senyum lebar.

Meski mampu memenuhi target bukan berarti Jawa Barat tidak kehilangan bidikan. Satu emas yang seharusnya ditangan yaitu nomor sepeda gunung putra lewat Bandi Sugito terlepas. Emas untuk nomor ini direbut oleh Zaenal Fanani.

"Untuk downhill kami memang sudah tahu diri. Andalan kami di putri (Risa Suseanty) baru saja melahirkan sehingga kemampuannya belum sepenuhnya pulih," kata pria yang juga seorang pengusaha sukses itu,

Risa Suseanty yang saat ini mempunyai anak berusia 10 bulan hanya mampu merebut medali perunggu. Untuk medali emas direbut oleh dua pebalap asal Jawa Tengah yaitu Nining dan Tiara. Kondisi ini sempat membuat manajemen tim kelabakan.

Sementara itu peraih medali emas ITT putri, Yanthi Fuchiyanty, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih. Apalagi prestasi tertinggi yang diraih didapat setelah dirinya istirahat panjang karena hamil dan dilanjutkan dengan melahirkan anak pertamannya.

 "Saya memang sangat bangga dengan hasil ini. Semoga pundi-pundi emas Jawa Barat terus bertambah," kata pebalap berpengalaman itu.

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...