Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ferrari 488 GT3 Siap Diuji Coba Tim Balap T2 Motorsports

Ferrari 488 GT3 akan diuji coba oleh sebuah tim balap baru dari Asia, yakni T2 Motorsports, dalam kejuaraan-kejuaraan GT yang akan datang
Ferrari 488 GT3. /Ferrari
Ferrari 488 GT3. /Ferrari

Bisnis.com, JAKARTA - Ferrari 488 GT3 akan diuji coba oleh sebuah tim balap baru dari Asia yakni T2 Motorsports, dalam kejuaraan-kejuaraan GT yang akan datang.

Diluncurkan di Italia tahun lalu, versi GT3 dari 488 GTB diciptakan dengan mewarisi karakteristik 458 Italia GT3. Dengan hadirnya mobil tersebut, Ferrari akan bertarung dalam beberapa kejuaraan internasional termasuk Intercontinental GT Challenge, Asian Le Mans Series, Blancpain GT Series – Asian Cup, dan Gulf 12 hours.

Tim balap T2 Motorsports didirikan oleh para pembalap sekaligus pengusaha, Gregory Teo dan David Tjiptobiantoro. Keduanya telah memiliki pengalaman luas dalam berbagai ajang balapan internasional, salah satunya Ferrari Challenge Asia Pacific.

Kemitraan tersebut menghasilkan tim balap lintas-batas pertama antara Singapura dan Indonesia, sekaligus yang pertama di Asia Tenggara. Tim ini dilengkapi oleh dua pembalap lainnya, yaitu Kepala Pelatih Ferrari Challenge Asia Pacific dari Italia, Christian Colombo, dan bintang film ternama dari Korea, Jeong Hoon Yeon.

“Kami sangat menantikan penampilan tim dengan 488 GT3 pada balapan-balapan yang akan datang. Motorsport mengalir dalam darah Ferrari dan konsep kegigihan dalam berkompetisi selalu menjadi bagian inti dari DNA kami,” kata Dieter Knechtel, CEO Ferrari Far East and Middle East dalam siaran pers Ferrari Indonesia, Minggu (28/8/2016).

Ferrari 488 GT3 dirancang dengan rangka mesin yang seluruhnya terbuat dari aluminium, menjadikannya ringan dan kokoh, serta mampu menghantarkan respons akurat dan responsif.

Dirancang untuk balap uji ketahanan, mobil tersebut menjamin pembilasan bahan bakar yang sempurna, mobil ini juga dilengkapi oleh suspensi balap yang dikembangkan secara khusus.

Perubahan paling radikal dapat ditemukan pada mesin turbo V8 dari 488 GT3. Versi balap dari mesin V8 ini mampu menghadirkan kemampuan kemudi terbaik sekaligus meminimalisir kekurangan jenis mesin ini hingga hampir mencapai titik nol.

Inovasi besar lainnya terdapat di bagian gearbox yang dibuat transversal, tidak lagi longitudinal. Langkah pembaruan ini diambil untuk memenuhi persyaratan aerodinamika dari mobil ini sehingga memberikan ruang untuk konfigurasi ekstrim dan menjadikan mobil tersebut dapat lebih dikendalikan oleh pengemudi. 

Untuk menguji ketangguhan Ferrari 488 GT3, tim balap T2 Motorsports akan berkompetisi dalam kejuaraan-kejuaraan internasional kelas GT3, dimulai dari  Intercontinental GT Challenge, GT Challenge – Sepang 12 hours pada bulan Desember, dan dilanjutkan dengan Asian Le Man Series – Sepang 4 hours pada bulan Januari 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler