Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Janji Bonus Keluar Setelah Olimpiade Rio Usai

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, bonus para peraih medali pada Olimpiade Rio akan diberikan setelah pesta olahraga di Rio de Janeiro tersebut berakhir.
Menpora Imam Nachrowi /Antara-Andika Wahyu
Menpora Imam Nachrowi /Antara-Andika Wahyu

Bisnis,com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, bonus para peraih medali pada Olimpiade Rio akan diberikan setelah pesta olahraga di Rio de Janeiro tersebut berakhir.

Menpora di Makassar, Minggu, mengatakan Kemenpora segera memanggil sejumlah pihak untuk membahasnya, antara lain dengan Ketua KONI, Satlak Prima, dan Chef de Mission (CDM) Olimpiade Rio.

"Tentu setelah olimpiade. Kami juga sekaligus akan membahas kembali persiapan menghadapi agenda besar lain, seperti SEA Games dan Asian Games. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi," kata Menpora.

Pada Olimpiade 2016 ini, Indonesia berhasil meraih satu medali emas dan dua perak. Medali emas dipersembahkan cabang olahraga bulu tangkis melalui pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Sedangkan dua medali perak masing-masing dari cabang angkat besi, yang diperoleh lifter putri Indonesia Sri Wahyuni Agustiani pada kategori 48 kg putri, serta Eko Yuli Irawan di nomor angkatan 62 kg putra.

Menurut Menpora, pencairan bonus tersebut, diharapkan bisa semakin meningkatkan motivasi atlet baik bagi para peraih medali atau pun yang belum berhasil merebut medali di ajang olahraga terbesar di dunia tersebut.

Adapun jumlah bonus yang disiapkan yakni untuk peraih medali emas sebesar Rp5 miliar, perak Rp2 miliar, serta perunggu mendapatkan bonus hingga Rp1 miliar.

Selain bonus, lanjut dia, pemerintah juga akan memberikan tunjangan hari tua bagi peraih medali pada ajang internasional dengan tingkatan berbeda berdasarkan jenis medali yang diperoleh.

"Soal tunjangan hari tua bagi atlet itu diberikan setahun sekali karena masih menggunakan APBN dari Kemenpora," katanya lagi.

Selain atlet olimpiade, tunjangan itu juga berlaku bagi para peraih medali di ajang paralimpiade/paralympic.

Hak kaum difabel adalah sama dengan yang lainnya, tidak ada yang dibedakan, termasuk dalam kompetisi olahraga, kata Menpora.

Menurutnya, tujuan dari pemberian penghargaan tersebut adalah sebagai pengakuan, pengesahan, dan penghormatan atas partisipasi, prestasi, dan jasa-jasa yang telah ditunjukkan baik secara perorangan maupun kelompok, dengan harapan agar mereka yang berprestasi di bidang olahraga tersebut dapat terus meningkat prestasinya.

Penghargaan itu, kata Menpora, juga merupakan apresiasi dan penghargaan sesuai amanat undang-undang kepada olahragawan peraih medali dan pelatih/asisten pelatih berprestasi pada ajang multievent internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler