Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagi Federer, Musim 2016 Telah Berakhir

Petenis Swiss Roger Federer mengundurkan diri dari Olimpiade Rio de Janieor dan akan absen pada sisa musim, termasuk dari AS Terbuka.
Roger Federer/Reuters-Philippe Wojazer
Roger Federer/Reuters-Philippe Wojazer

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis Swiss Roger Federer mengundurkan diri dari Olimpiade Rio de Janieor dan akan absen pada sisa musim, termasuk dari AS Terbuka, karena memerlukan lebih banyak rehabilitasi ekstensif untuk memperpanjang kariernya setelah menjalani operasi lutut pada awal tahun ini.

Pada bulan lalu dia menjelaskan betapa "satu gerakan bodoh" memicu serangkaian nasib buruk—yang menghasilkan operasi lutut kiri pada Februari dan absen dari Prancis Terbuka karena cedera punggung—berpuncak pada keputusan untuk mengakhiri penampilannya di musim ini.

"Saya sangat kecewa untuk mengumumkan bahwa saya tidak akan mampu mewakili Swiss di Olimpiade di Rio dan bahwa saya juga akan absen pada sisa musim," tulis juara 17 Grand Slam ini melalui akun Facebook.

"Mempertimbangkan seluruh opsi setelah berkonsultasi dengan para dokter saya dan tim saya, saya membuat keputusan yang sangat sulit untuk mengakhiri musim 2016 saya ketika saya memerlukan lebih banyak rehabilitasi ekstensif menyusul operasi lutut saya pada awal tahun ini."

"Para dokter menasehati bahwa jika saya ingin bermain di ATP World Tour dengan bebas cedera untuk beberapa tahun mendatang, seperti yang saya niatkan, saya harus memberi lutut dan tubuh saya untuk dapat pulih sepenuhnya. Berat rasanya untuk absen pada sisa tahun ini."

Untuk sebagian besar kariernya, mantan petenis peringkat satu dunia ini diberkahi dengan tubuh yang terlihat kebal dari sakit dan cedera yang kerap diderita sejumlah atlet papan atas.

Namun satu langkah keliru dari orang yang populer dengan footworknya, berarti dirinya akan menjalani satu musim penuh tanpa gelar untuk pertama kalinya sejak 2000.

Kini berusia 34 tahun, pengumuman Selasa juga mungkin mengakhiri harapan peraih medali perak pada 2012 untuk memenangi gelar di Olimpiade.

"Sisi baiknya adalah bahwa pengalaman ini telah membuat saya menyadari betapa beruntungnya saya sepanjang karier saya dengan sangat sedikit cedera," kata Federer, yang memenangi medali emas Olimpiade dengan Stan Wawrinka pada 2008.

"Cinta yang saya miliki untuk tenis, kompetisi, turnamen-turnamen dan para penggemar tetap utuh. Saya termotivasi seperti biasa dan berencana untuk meletakkan seluruh energi saya untuk kembali dengan lebih kuat, sehat, dan bugar untuk memainkan tenis menyerang pada 2017."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler