Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Tetap Upayakan Rio Balapan F1 Hingga Akhir Musim

Menpora Imam Nahrawi akan mengirim surat kepada Manor Racing demi keberlanjutan pebalap F1 Indonesia Rio Haryanto dalam perlombaan musim 2016.
Rio Haryanto/Reuters-Jason Reed
Rio Haryanto/Reuters-Jason Reed

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan mengirim surat kepada Manor Racing demi keberlanjutan pebalap F1 Indonesia Rio Haryanto dalam perlombaan musim 2016.

"Direktur Tim Manor Racing Dave Ryan pada Februari pernah memastikan Rio akan mengikuti F1 hingga akhir musim 2016," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dalam keterangan tertulis pada Rabu (27/7/2016).

Gatot berharap Tim Manor Racing masih memberi peluang kepada Rio untuk menuntaskan perlombaan musim 2016 menyusul wacana program karir Rio yang diusulkan Direktur PT Manor Grand Prix Racing Abdulla Boulsein.

"Pada 18 Juli, Manor meminta kepastian dukungan dan komitmen sponsor untuk Rio melalui surat yang ditujukan kepada Menpora. Manor, dalam surat itu, telah memberikan kesempatan hingga perlombaan di Budapest," ujar Gatot yang juga sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

Manor, dalam surat kepada Menpora, mungkin akan mengganti Rio dengan pembalap lain kecuali ada komitmen keuangan dari Pemerintah Indonesia.

"Namun, kami mendapatkan informasi terakhir Rio masih berkesempatan mengikuti perlombaan di Hockenhiem, Jerman, pada 1 Agustus. Kami juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina terkait keberlangsungan Rio di F1," katanya.

Rio masih membutuhkan tambahan dana 7 juta euro agar dapat bertahan sebagai pebalap Tim Manor Racing asal Inggris hingga F1 musim 2016 selesai.

Setelah Jerman, perlombaan F1 musim 2016 masih menyisakan sembilan perlombaan yaitu Grand Prix Belgia pada 28 Agustus, Grand Prix Italia pada 4 September, Grand Prix Singapura pada 18 September, Grand Prix Malaysia pada 2 Oktober.

Kemudian, Grand Prix Jepang pada 9 Oktober, Grand Prix Amerika Serikat pada 23 Oktober, Grand Prix Meksiko pada 30 Oktober, Grand Prix Brazil pada 13 November, dan Grand Prix Uni Emirat Arab pada 27 November.

Sebelumnya, Kemenpora telah menggalang dana untuk Rio lewat program SMS Donasi. Program yang bekerjasama dengan lima operator telekomunikasi itu telah menghasilkan donasi Rp300 juta.

Rio juga telah mendapatkan komitmen tambahan dana sebesar Rp5 miliar setelah Kemenpora berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata atas saran Komisi X DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler