Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selesai Dikarantina, Tim Bulutangkis Indonesia Siap Tempur di Olimpiade Rio

Selesai Dikarantina, Tim Bulutangkis Indonesia Siap Tempur di Olimpiade Rio
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir/Badminton Indonesia
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Usai sudah rangkaian program karantina pertama jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Selama enam hari terhitung sejak 11 Juli lalu, tim bulutangkis Indonesia menjalankan karantina di Kudus, Jawa Tengah.

Selama karantina, sembilan atlet pelatnas yang akan bertanding di olimpiade, Linda Wenifanetri, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto, mendapat program latihan yang kurang lebih sama dengan di pelatnas. Akan tetapi, suasana latihan yang berbeda dari biasanya, ditambah dengan berbagai kegiatan refreshing, membuat latihan makin kondusif.

Suasana kebersamaan juga terlihat jelas selama karantina berlangsung. Jika di pelatnas tiap sektor biasanya berlaih masing-masing, namun kali ini mereka sering latihan bersama dan saling bantu sau sama lain. Kebersamaan seperti inilah yang nantinya diperlukan selama di Rio.

Latihan intensif secara tertutup membuat para atlet juga menjadi lebih fokus. Kudus memang sengaja dipilih selain karena fasilitas memadai, letaknya juga jauh dari Jakarta sehingga atlet juga tidak mendapat gangguan dan bisa berkonsentrasi penuh pada latihan.

“Dari laporan yang saya terima baik dari manajer tim atau tim pelatih, objektif karantina sudah tercapai. Latihan dengan suasana baru membuat pikiran mereka lebih segar, tidak jenuh dan lebih semangat, kebersamaan pun lebih terlihat,” ujar Achmad Budiharto, Chef de Mission tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

“Program latihan selama karantina kurang lebih sama dengan di pelatnas. Minggu depan kami akan melakukan fine tuning latihan lebih ke menjaga akurasi, ketepatan, ketajaman. Para atlet juga akan diberikan kesempatan bertemu dengan keluarga mereka sebelum berangkat ke Brasil,” tutur Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI ini.

Tim bulutangkis siang ini akan kembali ke Jakarta via Semarang. Pada hari terakhir karantina tidak ada latihan teknik, namun untuk menjaga kebugaran, para atlet mengikuti senam aerobik bersama di halaman Wisma Ploso, tempat mereka menginap selama di Kudus.

Sekembalinya ke Jakarta, tim olimpiade punya waktu 10 hari untuk mempersiapkan diri jelang karantina kedua yang akan berlangsung di kota Sao Paulo, Brasil. Tim bulutangkis akan berangkat pada 27 Juli 2016 ke Sao Paulo kemudian terbang ke Rio beberapa hari sebelum memasuki perkampungan atlet, pertandingan akan dilangsungkan pada 11 Agustus 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Badminton Indonesia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler