Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Ingin Pencak Silat Tanding di Islamic Solidarity Games

Pemerintah berupaya agar cabang olahraga pencak silat dapat dipertandingkan dalam pembukaan Islamic Solidarity Games keempat yang digelar pada Mei 2017.
Pencak silat/wikipedia.org
Pencak silat/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah berupaya agar cabang olahraga pencak silat dapat dipertandingkan dalam pembukaan  Islamic Solidarity Games keempat yang digelar pada Mei 2017.

Jusman Bey Fananie, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan, mengatakan pihaknya terus memberikan bantuan dan dorongan kepada federasi pencak silat Azerbaijan. Harapannya, Azerbaijan ikut mendukung upaya Indonesia agar pencak silat ditampilkan dalam pembukaan Islamic Solidarity Games pada Mei 2017.

“Saya berharap pada tahun-tahun mendatang pencak silat dapat kembali menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Islamic Solidarity Games, sehingga budaya Indonesia semakin dikenal dunia internasional,” katanya saat menemui Menteri Pemuda dan Olahraga, Selasa (21/6).

Hunan menuturkan pencak silat berkembang cukup pesat di Azarbaijan. Hingga kini sudah ada 38 perguruan pencak silat di negara tersebut.

Perkembangan pencak silat di Azarbaijan terkait langsung dengan status Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Pasalnya, negara tersebut juga mayoritas penduduknya adalah muslim.

Di Azerbaijan, perguruan pencak silat mulai didirikan pada 2005 dengan jumlah murid sekitar 5.000 orang. Saat ini, federasi pencak silat negara itu mencatat jumlah murid pencak silat mencapai 10.000 orang.

Pencak silat juga telah menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Azerbaijan, karena berhasil merebut peringkat kedua pada London Open Championship 2006, peringkat kedua Malaysia World Championship 2007, meraih satu medali emas dalam European Championship 2008 di Zurich, dan enam medali emas, dua perak, serta satu perunggu dalam France European Championship 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler