Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kompetisi Nasional Sepeda Gunung Digelar di 4 Trek

Kompetisi sepeda gunung tingkat nasional Indonesian Enduro Series 2016 akan digelar di empat trek.
Lomba sepeda gunung/Antara-Andika Wahyu
Lomba sepeda gunung/Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA - Kompetisi sepeda gunung tingkat nasional Indonesian Enduro Series 2016 akan digelar di empat trek yakni Puncak (Bogor, Jawa Barat), Klangon dan Tritis (Yogyakarta), Pasuruan-Bromo (Jawa Timur), serta Bedugul (Bali) mulai 29 Mei 2016.

"Seri pertama di Puncak Bogor pada 29 Mei, selanjutnya 31 Juli di Jogja, seri tiga di Pasuruan 9 Oktober dan terakhir 27 November di Bali," kata Direktur Indonesia Enduro Series Ical Hardiyana di Jakarta pada Selasa (24/5/2016).

Menurut dia, empat trek tersebut biasa digunakan pebalap sepeda gunung untuk berlatih, tetapi untuk laga ini akan dibuat rintangan khusus. Setiap trek setidaknya memiliki tiga tahap yang harus dilalui dengan jarak sekitar 25-30 km.

Hingga saat ini, sudah 189 peserta yang akan ikut kompetisi di seri Bogor, di antaranya delapan kelas elite dan sebagian besar dari kelas Master A (usia 31-39).

Ical berharap kompetisi yang pertama kali digelar itu dapat menjadi batu loncatan untuk pesepeda gunung yang serius ingin menjajal kemampuannya di tingkat Asia atau dunia.

Dia menilai pesepeda gunung Indonesia tidak kalah bersaing dengan atlet Asia, hanya perlu mengetahui aturan-aturan dengan lebih baik.

Selama ini, tuturnya, Indonesia belum memiliki ajang kompetisi ketahanan yang mengadaptasi standar Asia dan dunia.

Sedangkan pelaksanaan "Indonesia Enduro Series 2016" ini akan mengacu pada peraturan Asian Enduro Series (AES) dan Enduro World Series (EWS). Pemenang akan ditentukan berdasarkan waktu tercepat dari akumulasi perhitungan waktu di setiap tahap.

"Kami berharap ini dapat menjadi pembuka kompetisi rutin karena peminatnya di Indonesia cukup banyak," kata Ical.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler