Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shaq, Iverson, Yao Pimpin Naismith Memorial Basketball Hall of Fame

Shaquille O'Neal, Allen Iverson, Tom Izzo, serta pionir bola basket modern Yao Ming dan Sheryl Swoopers memimpin Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016.
Shaquille Rashaun O'Neal/Reuters
Shaquille Rashaun O'Neal/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Shaquille O'Neal, Allen Iverson, Tom Izzo, serta pionir bola basket modern Yao Ming dan Sheryl Swoopers memimpin Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016 yang diumumkan pada Selasa dini hari WIB (5/4/2016) di Massachusetts, Amerika Serikat.

Sosok yang lama menjadi pemilik dan ketua Chicago Bulls Jerry Reinsdorf akan diabadikan dan sosok-sosok lain yang juga mendapat penghargaan adalah wasit NBA Darrell Garretsn, John McLendon yang merupakan pelatih Afrika-Amerika pertama di bola basket profesional, serta mantan bintang Zelmo Beaty dan Cumberland Posey.

O'Neal merupakan mesin dunk dengan tinggi badan 2,16 meter yang tidak dapat dihentikan, yang 15 kali terpilih mengikuti All-Star NBA.

Dia pemegang MVP untuk tiga Final NBA, memenangi empat gelar NBA, dan merupakan MVP NBA pada 2000. Ia merupakan salah satu dari bintang-bintang pertama yang meraih kesuksesan di luar permainan bola basket, dengan menjadi bintang iklan serta tampil reguler di layar bioskop.

Iverson merupakan point guard yang rata-rata mencetak 26,7 angka meski hanya memiliki tinggi badan 1,82 meter.

Pemain yang 11 kali mengikuti All-Star NBA serta berjuluk The Answer ini pilihan nomor satu dalam draft 1996.

Dia kemudian menjadi rookie terbaik, memenangi empat gelar pencetakan angka serta memenangi MVP NBA pada 2001, memimpin Sixers ke Final NBA, di mana mereka kalah dari Lakers yang saat itu diperkuat O'Neal.

Izzo memenangi gelar nasional di Michigan State pada 2000, memimpin Spartans ke tujuh Final Four, dan mendulang 524 kemenangan sepanjang kariernya sejak menjadi pelatih kepala Michigan State pada 1995.

Swoopes pemain pertama yang dikontrak di WNBA, dan memenangi tiga penghargaan MVP dan empat gelar WNBA.

Yao Ming, pilihan nomor satu secara keseluruhan pada 2002 dari Houston Rockets dan pemain center transenden bertinggi 2,31 meter, dikenal karena membuka pintu bagi bintang-bintang internasional serta melalui torhan statistiknya.

Karier Yao berakhir lebih dini karena cedera pada kakinya namun ia rata-rata membukukan 19 angka, 9,2 rebound, dan 1,9 block per perandingan dalam delapan musim, namun hanya bermain lima kali pada dua musim terakhirnya.

Reinsdorf juga merupakan pemilik Chicago White Sox, namun ia lebih populer untuk tindakannya mendongkrak Bulls menuju pemenang yang konsisten sepanjang tim itu mengandalkan pasangan Michael Jordan dan Phil Jackson. Bulls memenangi enam kejuaraan NBA pada 1990-an.

Garretson merupakan wasit NBA selama 27 tahun dan menghabiskan 17 tahun sebagai ketua perwasitan di liga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/The Sports Xchange
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper