Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tour de Singkarak: Etape Pertama Penuh Masalah

Tour de Singkarak: Etape Pertama Penuh Masalah
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com

Bisnis.com, JAKARTA - Etape pertama lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak yang berlangsung Sabtu, 3 Oktober 2015, bermasalah. Ada kesalahan teknis saat perlombaan berlangsung.

Karena ada kesalahan teknis ini, tidak ada penghitungan waktu di etape pertama yang menempuh jarak 163 kilometer tersebut walau para pebalap tetap melaju menuju garis finis yang terletak di Pantai Gondoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Permasalahan ini bermula saat terjadi kebingungan kala para pembalap tiba di simpang Pantai Gondoriah. Ada kesalahan komunikasi antara rombongan pembalap, mobil official dan penyelenggara sehingga ada beberapa pembalap yang salah mengambil jalur di persimpangan.

Balapan dihentikan dan dilakukan start ulang. Namun, setelah pebalap menempuh 40 kilometer, tepatnya di Nagari Barung-Barung Balantai, Kabupaten Pesisir Selatan, balapan kembali dihentikan. "Terjadi kesalahan komunikasi. Penyelenggara tak siap," ujar pembalap Pegasus Continental Cycling Team, Dadi Suryadi kepada Tempo, Sabtu 3 Oktober 2015.

Dadi mengatakan, kesalahan komunikasi itu menyebabkan adanya sejumlah pembalap dan mobilofficial yang salah jalur. Alih-alih mengikuti city tour di Kota Painan, mereka malah mengikuti mobil patroli dan pengawalan yang sedang mengawal mobil VIP ke arah Kota Padang.

Direktur Balapan Sondi Sampurno enggan menyebutkan secara detail penyebab batalnya balapan tersebut. Ia hanya mengatakan ada dua pebalap yang ketinggalan karena pecah ban. Menurutnya, tetap ada pemenang dalam etape ini, meskipun tidak ada pengihitungan waktu dan perolean jerseyada etape ini. "Mereka dapat hadiah uang, kok. Jangan terlalu dipermasalahkan. Ini wajar saja terjadi," ujarnya.

Sondi mengatakan, para pembalap tetap melanjutka balapan ke Pantai Gondorih karena sudah banyak penonton yang menunggu di garis finis. "Tidak lucu kalo perlombaan berhenti. Penonton sudah datang. Ini win-win solution," kata dia.

Ada empat tim yang enggan ke garis finis, di antaranya Pishgaman Giant, St. George Merida, dan Bridgestone Anchor Cycling. Mereka memilih berbalik arah menuju arah hotel. Sondi mengatakan, mereka tak akan dikenai penalti di etapa berikutnya. Sebab, tak penghitungan waktu di etape pertama ini.

Sebanyak 135 pebalap dari 21 tim megikuti etapa pertama Tour de Singkarak. Mereka mengayuh sepedanya dari Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, menuju Pantai Gondoria, Kota Pariaman, dengan jarak 163 kilometer, Sabtu 3 Oktober 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler