Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOUR DE SINGKARAK: Etape Pertama Bermasalah, Ini Penyebabnya

Pelaksanaan lomba pertama balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2015 sempat terganggu. Ada sejumlah peserta yang tidak menyelesaikan perlombaan.nn
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com

Bisnis.com, PADANG -- Pelaksanaan lomba pertama balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2015 sempat terganggu. Ada sejumlah peserta yang tidak menyelesaikan perlombaan.

Penyebabnya adalah adanya kesalahan teknis, yakni beberapa gerombolan peserta mengikuti mobil panitia yang salah arah. Mobil itu menuju ke arah lain yang menjauhi lintasan.

Sonji Sampoerno, Race Director Tour de Singkarak 2015 menjelaskan, gerombolan peserta itu menduga mobil yang mereka ikuti adalah mobil penunjuk arah. Padahal mobil tersebut bukanlah bertugas menunjukkan arah.

"Jadi sempat mondar-mandir di Kota [Padang] sampai terpisah jauh dengan gerombolan peserta lain. Tadi sempat dihentikan juga," katanya di Padang, Sabtu (3/10/2015).

Terpisahnya gerombolan peserta itu akhirnya membuat panitia untuk melakukan start ulang. Bahkan ada beberapa peserta yang meninggalkan lintasan dan kembali ke hotel.

"Banyak yang menduga kalau perlombaan dihentikan, jadi mereka kembali ke hotel. Tapi ini sudah beres, kan sudah ditetapkan juaranya."

Berdasarkan informasi yang dihimpuin Bisnis, salah satu tim yang kembali ke hotel adalah perwakilan dari Jepang. Beberapa peserta juga sempat melayangkan protes ke pihak panitia.

Akhirnya panitia sendiri memutuskan bahwa etape pertama ini tidak ada penghitungan nilai. Alhasil seluruh capaian waktu peserta yang menyelesaikan balapan tidak dicatat.

Dengan kata lain, hasil dalam perlombaan ini tidak akan diakumulasikan dengan hasil perlombaan selanjutnya.

Kendati demikian, panitia tetap mengumumkan adanya pemenang, yakni Iran, yang diwakili oleh Sohrabi Mehdi dari tim Tabriz Petrochemical Team mendapat juara I, Indonesia di posisi II, yakni Abdul Gani dari tim Kentucky Fried Chicken, dan III diperoleh pembalap asal Malaysia, yakni Rosdi Nur Umardi dari tim Terengganu Cycling Team.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler