Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOUR DE SINGKARAK: Etape Pertama Tanpa Pemenang

Etape pertama kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TDS) 2015 dari Pantai Carocok Painan menuju Pantai Gondoria Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (3/10/2015), tanpa juara setelah ada permasalahan dalam pelaksanaannya.
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com
Tour de Singkarak/tourdesingkarak.com

Bisnis.com, PADANG -- Etape pertama kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TDS) 2015 dari Pantai Carocok Painan menuju Pantai Gondoria Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (3/10/2015), tanpa juara setelah ada permasalahan dalam pelaksanaannya.

Etape kedua akan digelar pada Minggu (4/10/2015),  start di Kantor Bupati Padang Pariaman, finish SMAN 1 Sumani, Kabupaten Solok. Panjang rute 140,2 kilometer

Salah satu permasalahan yang muncul, menurut ANTARA,  adalah adanya miss-komunikasi sehingga beberapa ofisial pendukung tim terpisah dengan rombongan pebalap yang seharusnya dikawal. Akibat permasalah itu diputuskan star ulang, bahkan dilakukan lebih satu kali.

Dengan adanya kejadian tersebut chief commissaire memutuskan balapan etape pertama kejuaraan dengan total hadiah Rp2,5 miliar itu tanpa juara (jersey) dan poin. Hanya saja, akan ada hadiah untuk sprint menjelang finis di Pantai Gondoria.

Tidak adanya poin dan jersey pada etape ini diinformasikan langsung oleh petugas radio kontrol TDS 2015 yaitu Eva Catarina melalui radio. Kondisi ini membuat semangat beberapa tim terlihat kurang. Terbukti ada tim yang tidak melanjutkan perlombaan hingga finis.

Beberapa tim yang tidak melanjutkan perlombaan adalah Aisan Racing Team asal Jepang yang berhenti didepan Hotel Basko Padang. Setelah itu disusul oleh pebalap dari tim Pishgaman Giant Team serta tim St George Merida Cycling Team. Selain itu beberapa pebalap dari tim asing lainnya.

Meski demikian mayoritas pebalap tetap melanjutnya perlombaan. Apalagi mulai 10 kilometer menjelang finis hingga finis ada titik sprint dan pemenangnya berhak mendapatkan hadiah. Sepanjang perjalanan, antusias warga cukup besar. Terbukti mereka cukup setia menunggu meski perlombaan tertahan beberapa jam.

Antusias pebalap juga tidak kalah sengit. Terbukti mereka tetap bersaing untuk menjadi yang terbaik. Akhirnya pebalap asal Tabriz Petrochemical Team (TPT), Mehdi Sohrabi menjadi yang tercepat disusul pebalap KFC Cycling Team, Abdul Gani dan Mohd Nor Umardi Rosdi dari Trengganu Cycling Team.

"Tetap ada juara kok. Bahkan mereka dapat hadiah. Tapi hasil ini tidak ada hitungan waktu dan poin. Kan gak lucu kalau perlombaan dihentikan. Lihat saja, masyarakat sangat antusias menunggu kejuaraan ini," kata pimpinan perlombaan TDS 2015, Sondi Sampurno usai perlombaan.

Menurut dia, apa yang dilakukan saat ini ada solusi yang tepat. Pihaknya tidak ingin menghentikan perlombaan yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat Sumatera Barat itu. Makanya pihaknya sepakat perlombaan diselesaikan dengan tuntas.

Terkait dengan penyebab permasalahan yang ada, Sondi menegaskan jika ada miss komunikasi saat start di Painan. Sebelumnya ada dua pebalap yang pecah ban dan tertinggal. Selain itu juga ada beberapa rombongan official yang terpisah dengan rombongan pebalap yang seharusnya dikawal.

"Untuk etape berikutnya tetap normal. Catatan waktu dan poin akan dihitung sesuai dengan aturan yang ada. Untuk tim yang tidak menyelesaikan etape pertama tetap berhak turun dietape kedua dari Padang Pariaman menuju Solok besok, Minggu (4/10)," katanya menegaskan.

Pembalap Iran

Namun, Race Director Tour de Singkarak 2015 Sonji Sampoerno mengatakan ada juaranya. Pembalap  asal Iran Sohrabi Mehdi dianggap memenangi di Etape I dari Pantai Carocok Painan menuju Pantai Gondoria di Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (3/10/2015).

Tour, yang startnya  mundur dari jadwal kedatangan yang ditentukan, menjadi milik  Sohrabi Mehdi dari tim Tabriz Petrochemical Team.  Sementara, pembalap Indonesia  Abdul Gani dari tim Kentucky Fried Chicken berada di posisi kedua. Adapun peringkat ketiga  direbut oleh pembalap asal Malaysia,  Rosdi Nur Umardi dari tim Terengganu Cycling Team.

"Meskipun tadi sempat ada masalah perlombaan tetap berlangsung, dan ada juaranya," kata Race Director Tour de Singkarak 2015 Sonji Sampoerno.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler