Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Paralayang Pertama Kalinya

Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang ke delapan. Indonesia menjadi satu-satunya tuan rumah kejuaraan tersebut di luar Eropa.n
Paralayang/flickr.com
Paralayang/flickr.com

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ketepatan Mendarat Paralayang ke delapan. Indonesia menjadi satu-satunya tuan rumah kejuaraan tersebut di luar Eropa.

Dikuti dari Wonderful Indonesia, Senin (3/8/2015), World Paragliding Accuracy Championship/WPAC akan berlangsung pada 10-16 Agustus 2015, berlokasi di Kawasan Puncak, Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Federation Aeronautique Internationale (FAI) menyetujui Kawasan Puncak menjadi penyelenggaraan kejuaran dunia Paralayang karena dinilai memiliki topografi yang ideal.

Para peserta WPAC merebutkan 3 medali emas. Setidaknya 135 Paralayang terbaik dunia dari 19 negara akan bertanding dalam kejuaraan yang dibagi dalam tiga kategori itu, yakni perorangan putra, perorangan putri, dan beregu, di mana setiap negara bisa mengirimkan maksimal 10 orang wakilnya.

Mereka yang ikut serta dalam kejuaraan ini hanya penerbang yang masuk dalam rangking 50 besar dunia. Turnamen ini juga akan melibatkan enam juri internasional di antaranya tiga juri dari Asia dan tiga juri dari Eropa.

Indonesia sendiri akan mengirimkan 10 atlet paralayang yang terdiri dari lima putra dan lima putri, antara lain Thomas Widyananto, Alexander H, Arief Kurniawan, Nanang Sunarya dan Dede Supratman, Lis Andriana, Ike Ayu Wulandari, Rina Kusumaningrum, Milawati Sirin, dan Dian Rosnalia.

Persatuan Olahraga Dirgantara Gantole dan Paralayang (PGPI) dan PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) mengincar paling tidak satu medali emas dari sektor perorangan dengan mengandalkan Liz Andriyana, juara dunia 2013. Adapun Ceko, Slovenia, Serbia, Korea, Jepang, dan Thailand merupakan saingan yang patut diwaspadai oleh peserta Indonesia.

Kawasan Puncak merupakan daerah tujuan wisata pegunungan yang masuk dalam dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Puncah sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahannya bahkan telah memukau Presiden Soekarno sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahannya bernama Restoran Riung Gunung.

Selain pemadangannya lansekap alam perbukitan dan kebun teh yang elok, puncak juga menawarkan beberapa tujuan dan atraksi wisata yang menarik seperti Taman Safari, Kebun Bunga, dan sebuah masjid indah dengan arsitektur yang khas yaitu Masjid Atta'awun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler