Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INTERNASIONAL BIEMMIAL INTERVARSITY GAMES 2015: UI Rebut 4 Emas, 9 Perak, 15 Perunggu

Kontingen Universitas Indonesia --yang terdiri dari 94 atlet-- memboyong empat medali emas, sembilan medali perak dan 15 medali perunggu pada The 26th Internasional Biennial Intervarsity Games 2015, yang berlangsung pada 22 29 Juni 2015 di Flora Ho Sports Center, University of Hong Kong, Hong Kong.
Universitas Indonesia tampil di The 26th Internasional Biennial Intervarsity Games 2015./UI
Universitas Indonesia tampil di The 26th Internasional Biennial Intervarsity Games 2015./UI

Bisnis.com, DEPOK - Kontingen Universitas Indonesia --yang terdiri dari  94 atlet-- memboyong empat medali emas, sembilan medali perak dan 15 medali perunggu pada The 26th Internasional Biennial Intervarsity Games 2015, yang berlangsung pada 22 – 29 Juni 2015 di Flora Ho Sports Center, University of Hong Kong, Hong Kong.

Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia, dalam  keterangan resmi UI, Jumat (3/7/2015),
mengatakan ajang tersebut digelat antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik. Kontingen UI, yang berasal dari beragam jurusan ini, menyumbang medali emas dari cabang sepak bola dan atletik. 

Dia menjelaskan gelar juara pada cabang sepak bola didapatkan UI usai mengalahkan University of Macau dan University of Hongkong lewat sistem kompetisi round robin (perhitungan poin).  Kampus UI juga berhasil meraih emas dari cabang atletik nomor lari 100 m, 800 m, dan 200 m  wanita.

Sementara itu, medali perak disumbangkan dari cabang olahraga atletik dan renang. Adapun medali Perunggu disumbangkan dari cabang bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, atletik dan renang.

Hasil ini, menurutnya, membuktikan  mahasiswa UI tidak hanya unggul dalam bidang akademik, melainkan juga mampu mengembangkan kemampuan non-akademik seperti bakat dan hobi di bidang olahraga, seni dan budaya.

"UI senantiasa mendukung para mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik. Salah satunya
dengan mengembangkan infrastruktur dan fasilitas olahraga yang mumpuni bagi para sivitas akademikanya," ujar dia.

Biennial Intervarsity Games (BIG) merupakan kompetisi olahraga internasional antar perguruan tinggi se-Asia Pasifik  dua tahunan. The 26th BIG 2015, University of Hong Kong, Hong Kong  terpilih menjadi tuan rumah dan kegiatan berlangsung pada 22-29 Juni 2015. Pada The 25th BIG 2012, Universitas Indonesia (UI) terpilih  menjadi tuan rumah.

The 26th BIG 2015 diikuti oleh enam universitas di Asia Pasifik yaitu University of Hong Kong (daerah administrasi khusus dari China), National University of Singapore (Singapura), Universitas Indonesia (Indonesia), University of Malaya (Malaysia), University of Western Australia (Australia), dan University of Macau (daerahadministrasi khusus dari Cina).

The 26th BIG 2015 memperlombakan delapan cabang olahraga, yaitu renang, atletik, badminton, casket, sepak bola, tenis meja, voli, dan tenis.

Dia menambahkan keikutsertaan UI pada ajang The 26th BIG diharapkan dapat memperkuat ikatan dengan perguruan tinggi yang berasal dari negara tetangga di kawasan asia Pasifik, mendorong rasa hormat antar negara, dan semangat internasional melalui olahraga.

Selain itu, pesta olahraga ini diharapkan dapat meningkatkan softskill mahasiswa UI agar memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim dan sportivitas, serta memperluas wawasan tentang budaya dari negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler