Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA SUDIRMAN: Kekuatan Tak Merata Bikin Indonesia Kandas

Mantan pebulu tangkis Indonesia Christian Hadinata menilai kegagalan timnas Indonesia di Piala Sudirman karena kekuatan tim yang tidak merata.
Pebulu tangkis putri Indonesia Bellaetrix Manuputty cedera saat pertandingan versus China di Piala Sudirman/Reuters
Pebulu tangkis putri Indonesia Bellaetrix Manuputty cedera saat pertandingan versus China di Piala Sudirman/Reuters

Bisnis.com, MAKASSAR - Mantan pebulu tangkis Indonesia Christian Hadinata menilai kegagalan timnas Indonesia di Piala Sudirman karena kekuatan tim yang tidak merata.

Christian Hadinata di Makassar, Senin, mengatakan kekuatan tim ganda Indonesia belum bisa diimbangi atlet di nomor tunggal. Kondisi ini sudah seharusnya menjadi perhatian utama tim pelatih ke depan.

"Komposisi tim yang tampil di Piala Sudirman memang tidak merata. Kami tentu menyayangkan karena kita pada dasarnya telah mendapatkan momen yang baik pada awal pertandingan," jelasnya.

Tim bulu tangkis Indonesia pada laga perdana yang menurunkan pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, sukses menundukkan pasangan Tiongkok Cai Yun/Fu Haifeng dua game langsung 21-16, 21-17.

Namun momentum ini gagal dimanfaatkan setelah Tiongkok justru bisa menyamakan kedudukan pada laga kedua. Hal itu didapatkan setelah tunggal putri Indonesia Bellaetrix Manuputty yang menghadapi Li Xuerui, harus mundur dari pertandingan semifinal karena cedera.

Tim Indonesia akhirnya balik tertinggal setelah tunggal putra Indonesia Jonatan Christie tidak mampu menghadang tunggal putra terbaik tuan rumah Tiongkok Chen Long dengan kekalahan game langsung 10-21, 15-21.

Indonesia akhirnya gagal melaju ke final Piala Sudirman 2015 setelah menelan kekalahan 1-3 dari tuan rumah Tiongkok. Ganda putri Indonesia Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii kalah 21-17, 17-21, 15-21 dari pasangan Tang Yuanting/Yu Yang.

Menurut dia, kekuatan yang tidak merata memang membuat peluang Indonesia semakin sulit. Indonesia, kata dia, memang punya tiga peluru dari sektor ganda. Namun jika salah satunya gagal maka peluang itu sulit karena kondisi sektor tunggal yang belum menjanjikan.

"Tidak hanya di Piala Sudirman. Ajang Piala Thomas dan Uber juga demikian sehingga kita memiliki pekerjaan mendesak untuk lebih fokus mematangkan sektor tunggal," katanya.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, lanjut dia, sehingga PB Djarum dalam audisi umum pada tahun ini lebih memfokuskan untuk nomor tunggal putra dan putri.

Ketua Tim Pemantau Bakat Audisi Djarum 2015 ini menjelaskan pihaknya kini menggelar audisi di sembilan kota di Indonesia yakni Medan, Palembang, Balikpapan, Jember Tasikmalaya, Purwokerto, Manado, Kudus, dan Makassar.

Dia berharap dengan program khusus ini membuat sektor tunggal putra dan putri bisa lebih berkembang dan mendapatkan banyak atlet andal yang bisa memperkuat timnas ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler