Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lee Chong Wei Boleh Main Lagi 1 Mei

BWF memutuskan pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei main lagi 1 Mei 2015 setelah menerima skors 8 bulan yang berlaku surut.
Lee Chong Wei/Reuters
Lee Chong Wei/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei bisa bernafas lega karena Federasi Badminton Dunia (BWF) menjatuhkan vonis skorsing 8 bulan yang berlaku surut sejak 30 Agustus 2014, sehingga dia bisa tampil lagi mulai 1 Mei.

Lee Chong Wei, 32 tahun, terbukti positif menggunakan dexamethason, obat antiradang yang tidak bisa meningkatkan performa tapi masuk dalam daftar unsur terlarang, saat tampil pada kejuaraan dunia tahun lalu.

Menurut BWF, obat antiradang yang dilarang dalam kompetisi ditemukan dalam selubung kapsul gelatin pada suplemen makanan yang digunakan Lee.

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Panel Doping BWF mengenakan sanksi skors 8 bulan yang berlaku surut sejak tanggal pengumpulan sampel pada 30 Agustus 2014 sehingga masa pengenaan sanksinya berakhir pada 30 April 2015.

BWF menyatakan bahwa sanksi yang berlaku surut itu benar dan adil. Dengan hukuman yang berlaku surut itu, Lee sudah bisa tampil lagi mulai 1 Mei 2015.

"Panelis dapat diyakinkan bahwa ini bukan kasus doping dengan niat untuk berbuat curang," demikian pernyataan BWF.

"Saya tentu lega. Saya menerima hasilnya. Saya akan meninjau ulang kembali, dan mungkin akan lebih kuat secara mental untuk kompetisi mendatang," katanya Lee.

Kasus doping Lee disidangkan oleh tiga anggota panelis di Amsterdam 11 April lalu dan peraih 55 gelar turnamen tingkat dunia asal Malaysia itu sempat terancam skorsing 2 tahun.

BWF memilih hukuman yang lebih ringan. Meskipun, demikian absennya Lee selama pengenaan sanksi itu membuatnya turun ke peringkat 30 dunia. Lee akan bisa ambil bagian dalam turnamen Sudirman Cup pada 10-17 Mei.

Sementara babak kualifikasi bulu tangkis untuk Olimpiade Rio 2018 dimulai pada 4 Mei dan berlangsung selama setahun.

Lee kemungkinan ambil bagian dalam Sea Games di Singapura pada Juni 2015 sebelum mengikuti Kejuaraan Dunia di Jakarta pada Agustus 2015.

Lee, ikon bulu tangkis Malaysia, masih menjadi andalan bagi negaranya dan pekan lalu dinominasikan sebagai calon atlet terbaik Malaysia 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler