Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil MotoGP Argentina: Marquez Merasa Malu dan Rela Rossi Jadi Juara

Marc Marquez (Repsol Honda) secara sportif mengakui kesalahannya sendiri saat terjatuh ketiak terlibat duel dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di MotoGP seri ke-3 di Argentina dini hari tadi (Senin 20/4/2015) waktu Jakarta.
 Inilah detik-detik Marc Marquez terjatuh di lap 24 MotoGP Argentina 2015 dan gelar juara dicuri Valentino Rossi
Inilah detik-detik Marc Marquez terjatuh di lap 24 MotoGP Argentina 2015 dan gelar juara dicuri Valentino Rossi

Bisnis.com, JAKARTA—Marc Marquez (Repsol Honda) secara sportif mengakui kesalahannya sendiri saat terjatuh ketika terlibat duel dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di MotoGP seri ke-3 di Argentina dini hari tadi (Senin 20/4/2015) waktu Jakarta.

Data Motogp.com menyebutkan balapan digelar di Sirkuit Termas de Río Hondo dengan lintasan sepanjang 4,8 kilometer Minggu (19/4/2015) pukul 16:00 waktu setempat, atau Senin dini hari (20/4/2015) pukul 02:00 WIB.

Marquez terjatuh di lap 24 dan tidak dapat melanjutkan balapan, padahal  balapan hanya berlangsung 25 lap.

“(Balapan) hari ini sangat memalukan, tapi saya lebih memikirkan Jerez (MotoGP seri ke-4),” kicau Marquez melalui akun twitternya @marcmarquez93 usai balapan.

Marquez harus rela pulang tanpa poin dengan total perolan 36 poin dan posisinya melorot dari 3 ke 5 di klasemen sementara MotoGP 2015.

Balapan berlangsung seru dan dramatis ketika Valentino Rossi (Movistar Yamaha) seolah  menguli ceritanya di seri perdana di Qatar 29 Maret 2015 saat menjadi juara dengan start dari posisi 8 sama persis dengan yang dia alami di seri  ke-3 Argentina.

Berikut ini perjuangan Rossi  lap demi lap dan detik-detik Marquez terjatuh, berdasarkan data Analysis by Lap dari MotoGP.

Lap 1

Marquez terdepan, Rossi posisi 8 dengan jarak 1,711 detik dari Marquez

Lap 2

Marquez terdepan, Rossi posisi 7 dengan selisih 2,654 detik

Lap 3-5

Rossi merengsek ke posisi 6 dengan jarak 2,970 detik dari Marquez sebagai pebalap terdepan saat menyentuh garis finish di lap 3.

Posisi itu bertahan hingga lap 5.

Lap 6-8

Rossi berhasil menyalip rekan setimnya Jorge Lorenzo dan mengambil alih posisi 5 dengan jarak cukup jauh, yaitu 4,593 detik dari Marquez sebagai pebelap terdepan.

Posisi Rossi tersebut bertahan hingga lap 8.

Lap 9

Rossi berhasil menyalip Andrea Iannone (Ducati) dan mengambil alih posisi 4 dengan selisih 4,370 detik dari Marquez yang tak tergoyahkan sebagai pebelap terdepan.

Lap 10

Rossi kembali mengganas dengan menyalip dan mengambil alih posisi 3 dari Cal Cructchlow (CWM LCR Honda). Jarak Rossi masih jauh dari Marquez yaitu 4,503 detik.

Lap 11-23

Rossi berhasil menyalip Andrea Dovizioso (Ducati) dan menyodok di posisi 2 dengan jarak 4,151 detik di belakang Marquez.

Posisi Rossi di belakang Marquez tersebut bertahan hingga lap 23. Namun, Rossi berhasil memacu motornya untuk mempersimpit jarak hingga menjadi 1,225 detik pada lap 20, kemudian 1,157 detik lap 21, kemudian 0,404 detik lap 22, dan 0,134 detik pada lap 23.

Lap 24-25

Rossi terus meneror Marquez dan puncak duel dua pebalap itu terjadi di sebauh tikungan ketika kaki kanan Rossi sempat menyentuh kaki kiri Marquez, namun keduanya tidak terjatuh.

Hanya saja, ketika duel terakhir dan Rossi berhasil di depan Marquez dengan jarak satu roda ketika menikung kanan, Marquez terjatuh ketika menegakkan posisi motornya.

Marquez dan motornya terpental keluar sirkuit dan Juara MotoGP 2013--2014 itu tak bisa melanjutkan balapan karena motornya mengalami kerusakan pada Lap 24.

Rossi akhirnya tak terbendung untuk merebut podium Juara MotoGP  2015 seri ke-3 di Argentina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler