Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GP2 SERIES, Rio Haryanto Siap Tampil di Bahrain

Pebalap nasional Rio Haryanto menyatakan siap berlomba pada seri pertama balap mobil GP2 Series 2015 di Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain, 17 hingga 19 April mendatang.
Rio Haryanto/Antara-Puspa Perwitasari
Rio Haryanto/Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, SEMARANG - Pebalap nasional Rio Haryanto menyatakan siap berlomba pada seri pertama balap mobil GP2Series 2015 di Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain, 17 hingga 19 April mendatang.

"Sekarang ini Rio Haryanto dalam perjalanan dari markas timnya Campos Racing di Valencia, Spanyol, menuju ke Bahrain," kata Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Selasa (14/4/2015).

Menurut dia, akhir-akhir ini yang bersangkutan sering berada di markas timnya untuk persiapan menghadapi seri pertama di Bahrain. Simulator dan persiapan fisik terus dilakukan Rio.

Rio juga terus mempelajari dan memahami teknis soal mesin serta ban pirelli yang sulit. "Sudah dua tahun ini Rio pakai ban pirelli tetapi ban tersebut komponennya sulit diprediksi."

Selain itu, Rio juga belajar soal akselerasi dan deselarasi mobilnya supaya dapat menghasilkan g-force yang mencapai angka lima, artinya Rio harus menahan beban hingga lima kali berat badannya saat mengemudi.

Jadi, kata Indah, tak heran Rio Haryanto wajib disiplin dalam latihan. Untuk latihan fisik, Rio Haryanto harus menjalani berbagai latihan seperti lari jarak jauh, angkat beban, atau berenang untuk memperkuat otot-otot leher, lengan, dan kaki.

Saat mengemudi dalam kecepatan yang tinggi, kata dia, koordinasi antara mata dan tangan yang baik sangat diperlukan sehingga Rio juga harus mendapatkan asupan nutrisi yang sehat dan berimbang.

Penampilan pebalap asal Solo, Jawa Tengah, di Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain mendatang bukan yang pertama baginya karena sebelumnya yang bersangkutan juga pernah berlaga di sirkuit sepanjang 5.412 kilometer.

 Bahkan, pada awal April 2015 ini, pebalap berusia 22 tahun ini juga tampil pada sesi pramusim kedua. Pada sesi pramusim yang berlangsung selama tiga hari tersebut, Rio mencatat prestasi yang meyakinkan karena masuk peringkat lima besar.

Pada hari kedua, Rio Haryanto berada pada peringkat keempat dengan catatan waktu 1:42.437 dari 15 kali putaran, kemudian pada hari ketiga di posisi ketiga dengan catatan waktu 1:41.707 dari 39 putaran.

Lomba balap mobil seri pertama di Bahrain mendatang berlangsung dua hari, yaitu hari pertama atau Sabtu (18/4) menjalani feature race yang menempuh 32 putaran sejauh 173,184 kilometer kemudian hari kedua atau Minggu (19/2) menjalani sprint race yang menempuh 23 kali putaran sejauh 124,476 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler