Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geser Posisi Lee Chong Wei di Nomor Satu Dunia, Ini Komentar Chen Long

Geser Posisi Lee Chong Wei di Nomor Satu Dunia, Ini Komentar Chen Long
Chen Long/ww.itimes.com
Chen Long/ww.itimes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Lengkap sudah kebahagiaan pebulu tangkis asal Tiongkok, Chen Long. Setelah sukses membawa pulang trofi juara BWF World Superseries Finals 2014, Chen Long kini resmi mengkudeta takhta Lee Chong Wei sebagai tunggal putra nomor satu dunia.

Ya, gelar juara yang berhasil diraihnya di ajang pamungkas BWF yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (21/12/2014), menjadi kunci Chen Long untuk merebut mahkota Chong Wei. Pemain terbaik asal Malaysia itu mesti merelakan tempatnya sebagai peringkat satu dunia lantaran ia tak boleh ikut dalam turnamen apa pun hingga kasus doping yang menjeratnya.

Padahal Chong Wei sudah menduduki posisi ini dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Ia hanya pernah kehilangan sekali dan menyerahkannya kepada bintang Tiongkok, Lin Dan, untuk beberapa pekan di musim 2012 lalu.

Sayangnya, catatan karier yang mengagumkan itu mesti ternoda lantaran pemain bergelar datuk itu terganjal kasus doping. Sambil menanti keputusan dari BWF, Chong Wei, pun tak diperkenankan ikut dalam berbagai ajang resmi. Ia sudah tak bermain sejak Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, September lalu.

Dilansir The Star, Selasa (23/12), BWF melarangnya untuk turun dalam kompetisi resmi setelah dinyatakan positif dalam tes doping selama penyelenggaraan kejuaraan dunia di Copenhagen, Denmark, 30 Agustus lalu. Alhasil, ia gagal mempertahankan gelar juara yang diraihnya di Mastes Finals serta kehilangan banyak poin.

Di sisi lain, absennya Chong Wei dalam beberapa bulan terakhir menjadi keuntungan tersendiri bagi Chen Long. Poinnya semakin melesat sejak ia menjuarai Denmark Open dan Superseries Finals. Kini Chen Long mengantongi 90.361 poin setelah ia memenangi laga kontra pemain Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, di laga pamungkas superseries finals, dengan skor 21-16 dan 21-10. Poin ini jelas lebih banyak jika dibandingkan dengan milik Chong Wei yang hanya 84.361.

“Saya senang dengan permainan ini. Ini untuk kali pertama Dubai menjadi tuan rumah turnamen sebesar ini. Saya senang mereka mengaturnya dengan baik,” kata Chen Long, dilansir news.asiaone.com.

Chong Wei masih harus bersabar untuk menanti sidang BWF yang bakal digelar tahun depan. Satu hal yang menguntungkannya adalah tidak adanya kompetisi level superseries hingga pelaksanaan All England, awal Maret mendatang. Sedangkan kualifikasi untuk bisa tampil di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro akan dimulai Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler