Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Blues Berduka, Mantan Bos Chelsea Meninggal Dunia

Neal menangani Chelsea ketika klub itu dalam masalah berat keuangan. Dengan amat cerdas, Neal memilih pemain asing dengan bayaran murah yang menolong tim Biru kembali ke jalur yang benar.
John Neal (insert) dan bendera The Blues/chelsea fc-eurosport
John Neal (insert) dan bendera The Blues/chelsea fc-eurosport

Bisnis.com, LONDON -- Suasana duka sedang menghinggapi klub liga primer Inggris, Chelsea FC atas meninggalnya John Neal, salah satu orang berjasa mereka pada Minggu (23/11/2014). John Neal bagi Chelsea adalah orang yang berjasa besar dan membanggakan.

Neal meninggal dalam usia 82 tahun setelah berkarir cukup lama dalam sepak bola, pernah menjadi pemain di Hull, Swindon, Aston Villa dan Southend, serta sebagai pelatih di Wrexham, Middlesbrough dan Chelsea.

Neal menangani Chelsea ketika klub itu dalam masalah berat keuangan. Dengan amat cerdas, Neal memilih pemain asing - dengan bayaran murah seperti Kerry Dixon dan Pat Nevin -- yang menolong tim Biru kembali ke jalur yang benar, sampai akhirnya saat ini mendapat suntikan dana besar dari pengusaha Rusia, Roman Abramovich.

Klub mengumumkan Senin, mereka amat berduka dengan berpulangnya mantan pelatih yang pernah memakmurkan Chelsea itu.

"Klub sepak bola Chelsea amat sedih dengan meninggalnya John Neal, salah seorang yang amat kami cintai dalam sejarah klub ini," kata klub dalam pernyataan mereka.

"Chelsea jadi seperti sekarang, karena dibangun John dengan susah payah sampai mendapatkan pendukung yang cukup banyak dan bertahan hingga kini," kata klub.

"Ini luar biasa, ia tokoh yang mengangkat tim sehingga dapat lagi berdiri di atas kaki sendiri," tambah klub dalam pernyataannya.

Ia mulai menangani Chelsea pada 1981 menggantikan Geoff Hurst, dan berhasil mengatasi krisis tidak turun ke divisi tiga dan pada 1984 membawa tim meraih gelar untuk kedua kalinya.

Ia tidak bekerja pada 1985 karena menjalani operasi jantung dan kemudian diangkat sebagai salah satu direktur dewan klub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper