Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AFF 2014: Pukul Laos 3-0, Pintu Vietnam Ke Semi Final Terbuka

Tuan rumah Vietnam berhasil membuka peluang untuk ke semifinal Piala AFF 2014 setelah pada pertandingan grup A di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (25/11/2014), mengalahkan Laos 3-0.nn
Tim nasional Laos (putih) kalah 0-3 dari Vietnam di Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam./affsuzukicup.com
Tim nasional Laos (putih) kalah 0-3 dari Vietnam di Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam./affsuzukicup.com

Bisnis.com, HANOI - Tuan rumah Vietnam berhasil membuka peluang untuk ke semifinal Piala AFF 2014 setelah pada pertandingan grup A di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (25/11/2014), mengalahkan Laos 3-0.

Dengan hasil itu Vietnam mengantongi nilai empat dari dua kali pertandingan, dan menempati urutan kedua klasemen sementara di bawah Filipina.

Sementara itu Laos praktis tersisih karena sebelumnya mereka juga kalah 1-4 dari Filipina.

Seperti saat melawan Indonesia, tim Vietnam langsung bermain cepat dengan serangan yang dibangun dari sayap.

Penyerang tengah Le Cong Vinh kali ini langsung dimainkan, tidak dicadangkan lagi seperti sebelumnya, dan menjadi ancaman bagi pertahanan Laos.

Laos sendiri banyak mengandalkan serangan balik melalui penyerang mereka yang lincah Kampheng Sayavuth.

Gol Vietnam dicetak Vu Minh Tuan menit ke-27 setelah beberapa kali tim tuan rumah melakukan tekanan dari lapangan tengah.

Vietnam sebenarnya punya banyak kesempatan mencetak gol tambahan, namun seringkali penyerang mereka kurang tenang sehingga gagal dalam penyelesaian akhir.

Misalnya Nguyen Van Quyet yang mendapat umpan silang dari sayap kiri tendangannya tidak terarah ke gawang pada menit ke-80.

Vietnam akhirnya dapat menambah keunggulan pada menit ke 84 melalui Le Cong Vinh, dan Nguyen Huy Hung menit ke-88 sehingga unggul 3-0.

Susunan pemain: Vietnam - Tran Nguyen Manh (Nguyen Thanh Binh, 46); Le Phuoc Tu, Dhin Tien Thanh, Nguyen Van Bien, Que Ngoc Hai, Le Cong Vinh, Nguyen Anh Duc (Nguyen Van Quyet), Vu Minh Tuan, Le Tan Tai, Vo Huy Toan (Pham Thanh Luong 75), Nguyen Huy Hung.

Laos - Soukthavy Soundala; Saynakhoneivieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Saison Khounsamnan, Phoutdavy Phommasane, Khoensavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Souk Aphoene Vongchiengkham, Vilayout Sayybounsou, Bountavy Sipasong, Khamphen Sayavuth.

PREVIEW PERTANDINGAN

'Final'. Demikian judul pertarungan antara tuan rumah Vietnam melawan Laos di pertandingan kedua Grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh Hanois, Vietnam, Selasa (25/11/2014) pukul 19.00 WIB.

Pasalnya, Laos akan terlempar dari persaingan menuju semi final jika kembali menelan kekalahan. Sebaliknya, Vietnam terancam gagal melangkah ke semi final bila menelan kekalahan. Hanya kemenangan yang membuat asa lolos ke semi final akan bertahan hidup, meski agak megap-megap. Akankah Vietnam atau Laos yang masuk kotak?

Pelatih David Booth berharap Laos tampil lebih baik pada partai menentukan  menghadapi tuan rumah grup A AFF Suzuki Cup, Vietnam, demi mengembalikan tim yang lolos dari kualifikasi ini ke trek persaingan kembali Stadion My Dinh.

Finish kedua pada babak kualifikasi dibawah Myanmar, Laos berkesempatan memimpin grup pada laga pembukaan Sabtu lalu melawan Filipina setelah unggul lewat tendangan bebas Khampheng Sayavutth di babak pertama namun tim yang dua kali jadi semifinalis ini sukses membalikkan kedudukan dan menang 4-1.

Akan tetapi bila Laos dikalahkan oleh juara 2008 Vietnam, akan memupus harapan mereka bisa lolos untuk pertama kalinya ke semifinal, Booth yakin timnya bisa bangkit walau harus menghadapi gemuruhnya penonton yang memenuhi Stadion My Dinh.

“Saya rasa semua orang melihat Vietnam bermain baik melawan Indonesia, walaupun kami tidak bisa melakukan yang terbaik saat melawan Filipina. Saya berharap akan ada banyak penonton dan kami akan bermain lebih baik. Kami tidak bisa hanya duduk di sana dan memikirkan tentang Vietnam, kami juga harus memikirkan bagaimana kami bermain dan berkonsentrasi dengan situasi ini,” ujar Booth mengenai hasil imbang Vietnam 2-2 Sabtu lalu pada laga pembuka melawan Indonesia, di mana tuan rumah kebobolan karena kesalahan kiper Tran Nguyen Manh enam menit sebelum pertandingan berakhir.”

“Saya tidak merasa akan ada banyak tekanan bagi pemain. Kami telah memainkan pertandingan pertama dan kami menyadari akan kesalahan kami dan masalah yang kami hadapi. Kami masih menciptakan peluang pada pertandingan pertama, jadi saya mengembalikan kondisi ini ke diri masing-masing dan lihat apa yang akan terjadi nanti.”

Laos memiliki rekor selalu tampil di penyisihan grup AFF Suzuki Cup, dan meskipun kalah dari Filipina di laga pembuka, skuad asuhan Booth masih menunjukkan penampilan yang menunjukkan sekilas mengapa mereka selalu menyulitkan lawannya di edisi sebelumnya.

“Kami mungkin akan bermain dengan tim terkuat di grup ini dan terkadang itu membuat kami mengeluarkan yang terbaik yang kami miliki dan saya harap kami akan melakukan itu. Ini adalah kesempatan bagus untuk mereka menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan.” Tambah Booth.

“Pertandingan pertama sangat mengecewakan bagi kami. Kami berharap penamilan lebih kuat melawan Vietnam. Kami tahu itu akan sulit, namun kami berharap akan memberikan permainan yang bagus.”

VIETNAM AKAN MAKSIMAL

Sementara itu, Pelatih Vietnam Toshiya Miura menyatakan kekecewaannya sebagai tuan rumah di Grup A hanya mampu bermain imbang dengan Indonesia sabtu lalu.

Juara 2 kali ini sempat 2 kali unggul melalui Que Ngoc Hai dan pemain pengganti Le Cong Vinh namun dalam dua kesempatan itu selalu disamakan oleh Indonesia di masing-masing babak karena kesalahan sendiri tuan rumah.

“Pada pertandingan pertama kami hanya mendapatkan 1 poin, dan menurut saya pertandingan selanjutnya melawan Filipina dan Laos akan menjadi sangat penting dan kami akan berusaha maksimal,”ujar pelatih asal Jepang ini.

“Tentu semua pemain dan semua pendukung kecewa dengan hasil itu, tapi jika anda menonton pertandingan, lawan kami bisa mencetak gol dari 2 kesempatan sementara kami punya 10 kesempatan, jadi saya pikir kami bisa mendapatkan hasil positif.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : affsuzukicup.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper