Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AFRIKA 2015: Pukul Congo Brazzavile 0-2, Nigeria Buka Pelung Lolos

Juara bertahan Nigeria mengalahkan Congo Brazzaville dengan skor 2-0 pada Sabtu, untuk menghidupkan kembali peluang mereka lolos ke Piala Afrika 2015, ketika Afrika Selatan (Afsel) dan Kamerun memastikan kehadiran mereka di putaran final.

Bisnis.com, ABUJA -  Juara bertahan Nigeria mengalahkan Congo Brazzaville dengan skor 2-0 pada Sabtu, untuk menghidupkan kembali peluang mereka lolos ke Piala Afrika 2015, ketika Afrika Selatan (Afsel) dan Kamerun memastikan kehadiran mereka di putaran final.

Afsel menang 2-1 atas Sudan pada pertandingan pertama sejak tewasnya kapten Senzo Meyiwa untuk memuncaki Grup A, sedangkan Kamerun menaklukkan Republik Demokratik Kongo dengan skor 1-0 untuk memuncaki Grup D.

Zambia menaklukkan tuan rumah Mozambik dengan skor 1-0 di Maputo untuk lolos dari Grup F bersama pemuncak klasemen Kepulauan Cape Verde.

Burkina Faso dan Gabon lolos dari Grup C.

Burkina Faso menang 1-0 atas Lesotho di Maseru, dan Gabon menahan imbang tuan rumah Angola tanpa gol di Luanda.

Pada Jumat, Tunisia menahan imbang Bostwana tanpa gol untuk juga melaju ke putaran final.

Gol-gol di babak kedua dari Ikechukwu Uche dan Aaron Samuel membawa ke gawang Kongo di Pointe-Noire memperbesar peluang Nigeria untuk berpartisipasi di Equatorial Guinea, yang ditunjuk menjadi tuan rumah pada Jumat untuk menggantikan Maroko.

Nigeria sekarang perlu mengalahkan pemuncak klasemen Afsel di Uyo pada Rabu untuk memastikan tiket otomatis lolos di bawah "Bafana Bafana," apapun hasil pertandingan Kongo melawan Sudan yang juga dimainkan pada Rabu.

Penyerang Villarreal Uche merayakan penantian panjangnya untuk kembali ke "Elang-elang Super" dengan torehan gol pada menit ke-59, ketika ia memasukkan gol melalui penalti setelah kiper Kongo melanggar Emmanuel Emenike.

Kongo gagal menyamakan kedudukan pada menit ke-65, ketika Vincent Enyeama menggagalkan penalti Thievy Bifouma setelah tangan Godfrey Oboabona mengenai bola di dalam kotak terlarang.

Pemain pengganti Aaron Samuel kemudian mengamankan kemenangan Nigeria pada menit ke-90, ketika ia mencetak gol dari dalam kotak penalti.

Afsel mengamankan tiket mereka saat melawan Sudan di Durban, untuk mengoleksi 11 angka dari lima pertandingan, sehingga mereka tidak akan berada di bawah tekanan saat mendatangi markas Nigeria Rabu mendatang.

Gelandang Ajax Thulani Serero mencetak gol internasional pertamanya untuk Afsel pada menit ke-38, ketika ia menyambar umpan tarik dari dalam kotak penalti untuk membawa Bafana Bafana memimpin.

Tokelo Rantie kemudian menggandakan keunggulan Bafana Bafana pada menit ke-53, ketika ia menggiring bola melewati para pengawalnya sebelum melesakkan bola yang gagal dihentikan kiper Sudan.

Sudan memperkecil ketertinggalan melalui penyerang Al Hilal Salah Ibrahim pada menit ke-77 dari jarak dekat.

Kamerun menguasai Grup D berkat gol penentu kemenangan yang dibukukan Vincent Aboubakar ke gawang Republik Demokratik Kongo pada menit ke-77 di Yaounde.

Di Kampala, Uganda menang 1-0 atas Ghana setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di Kumasi tiga bulan silam.

Penentu kemenangan bagi Uganda adalah Savio Kabugo, yang membawa "The Cranes" unggul saat pertandingan baru berlangsung sepuluh menit.

Namun Uganda menghadapi lawatan berat ke Maroko pada tengah pekan, di mana mereka harus berhadapan dengan tim juru kunci Guinea pada pertandingan terakhir dan Ghana menjamu Togo.

Malawi menghidupkan peluang-peluang mereka untuk lolos ke Piala Afrika setelah mengalahkan Mali dengan skor 2-0 di Stadion Kamuzu Banda di Blantyre.

Gol-gol di babak kedua yang disumbangkan Robert Ngambi dan Kanyenda membawa Malawi mendapatkan kemenangan kedua mereka di fase kualifikasi.

"The Flames" sekarang mengoleksi enam angka dari lima pertandingan, jumlah yang sama dengan yang dimiliki Mali, di mana Aljazair telah memastikan lolos ke putaran final.

Pada Rabu, Mali menjamu juara grup Aljazair dan Malawi bertandang ke Ethiopia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper