Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wayne Ronney Tampil Ke-100 Di Timnas Inggris

Wayne Rooney menjadi pemain termuda yang menorehkan penampilan ke-100 untuk timnas Inggris, ketika ia menjadi kapten tim pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 mereka melawan Slovenia di Wembley pada Sabtu.
Pemain tim nasional Inggris  Wayne Rooney./ Reuters
Pemain tim nasional Inggris Wayne Rooney./ Reuters

Bisnis.com, LONDON -  Wayne Rooney menjadi pemain termuda yang menorehkan penampilan ke-100 untuk timnas Inggris, ketika ia menjadi kapten tim pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 mereka melawan Slovenia di Wembley pada Sabtu (15/11/2014).

Rooney, yang merayakan ulang tahun ke-29nya pada bulan lalu, menjadi pemain kesembilan yang bergabung di "klub 100" yang dipimpin oleh Peter Shilton, yang terakhir kali memperkuat timnas Inggris untuk ke-125 kalinya pada 1990.

Rooney menjadi pemain termuda yang pernah mewakili Inggris, berusia 17 tahun 111 hari, ketika ia masuk sebagai pemain pengganti untuk tampil pertama kalinya di timnas pada pertandingan persahabatan melawan Australia di Upton Park pada 12 Februari 2003, melampaui rekor yang telah tertoreh sejak 1879.

Ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Inggris tujuh bulan kemudian saat menang 2-1 atas Macedonia pada kualifikasi Piala Eropa 2004 di Skopje pada 6 September 2003, pada usia 17 tahun 317 hari.

Meski Theo Walcott melampaui rekor penampilan termudanya pada 2006, rekor Rooney sebagai pencetak gol termuda masih bertahan.

Rooney mengawali pertandingan melawan Slovenia dengan koleksi 43 gol untuk Inggris, catatan gol terbanyak urutan keempat sepanjang masa di bawah Bobby Charlton (49), Gary Lineker (48), dan Jimmy Greaves (44).

Charlton, yang membela Inggris sebanyak 106 pertandingan dan sekarang merupakan direktur klub Rooney Manchester United, memberikan dirinya piala kaca yang merupakan simbol pencapaian itu sebelum pertandingan dimulai, yang diterima sang pemain bersama dengan dua putranya Kai dan Klay.

Saat Rooney merayakan hari bersejarah ini, begitu pula bek kanan Southampton berusia 23 tahun Nathaniel Clyne, yang melakukan debutnya untuk Inggris setelah menjadi pemain cadangan yang tidak terpakai pada dua pertandingan kualifikasi terakhir Inggris melawan San Marino dan Estonia. (ANtara/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper