Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA LIGA: Ditekuk Newcastle 2-0, Manchester City Terlempar

Newcastle United memberikan kepedihan kepada Manchester City melalui kemenangan 2-0 di Stadion Etihad pada Rabu (29/10/2014) atau Kamis (30/10/2014) dinihari WIB yang membuat sang juara bertahan tersingkir dari Piala Liga.
David Silva, gelandang Manchester City (21)./Reuters
David Silva, gelandang Manchester City (21)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Newcastle United memberikan kepedihan kepada Manchester City melalui kemenangan 2-0 di Stadion Etihad pada Rabu (29/10/2014) atau Kamis (30/10/2014) dinihari WIB yang membuat sang juara bertahan tersingkir dari Piala Liga.

Penyerang remaja Rolando Aarons membawa pasukan Alan Pardew memimpin pada menit keenam, dan pemain pengganti Moussa Sissoko menambahi keunggulan timnya melalui gol solo 14 menit sebelum pertandingan usai, untuk mengiri Newcastle ke perempat final.

"Itu merupakan penampilan gemilang dari Newcastle pada malam ini. Semua yang kami inginkan dan upayakan dari pertandingan ini dapat dilakukan," kata Pardew, yang timnya akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur pada delapan besar.

Juara bertahan Liga Utama Inggris, yang harus kehilangan David Silva akibat cedera, sekarang telah menjalani tiga pertandingan tanpa kemenangan di semua kompetisi menjelang pertandingan "derby" melawan Manchester United pada Minggu.

"Kami tidak bermain cukup baik," kata pelatih Manuel Pellegrini kepada Sky Sports. "Kami kemasukan dua gol mudah dan tidak memanfaatkan peluang-peluang kami untuk mencetak gol." Ryan Taylor melakukan penampilan pertamanya untuk Newcastle sejak Agustus 2012 setelah mengalami masalah lutut jangka panjang dan ia segera memberi dampak.

Taylor mencuri bola dari Fernandinho di lini tengah, yang kemudian membebaskan Aaron untuk berlari mengejar umpan terobosan dan menggulirkan bola melalui sela-sela kaki Willy Caballero dari sudut sempit di sisi kanan.

City mendapatkan hantaman berikutnya tiga menit kemudian, ketika Silva harus ditarik keluar lapangan setelah dilanggar Taylor.

Pellegrini mengatakan bahwa cedera lutut Silva akan dievaluasi pada Kamis, namun ia menepis pembicaraan perihal keberlanjutan masalah pada pangkal paha yang membuat Yaya Toure meninggalkan lapangan pada babak kedua, dengan berkata "tidak ada yang penting." Pengganti Silva, Samir Nasri yang kembali pulih, mendapat umpan dari Stevan Jovetic untuk melepaskan sepakan voli yang masih dapat ditepis kiper Newcastle Rob Elliot, dan kapten tim tamu Fabricio Colocciini kemudian menyepak bola yang mengenai tiang gawangnya sendiri.

Cukup meyakinkan Namun Newcastle menutup babak pertama dengan cukup meyakinkan, di mana Paul Dummett menguji Caballero dari situasi tendangan penjuru dan Adam Armstrong melepaskan sepakan yang melebar dari umpan silang Daryl Janmaat.

Ketika Newcastle terus menekan, di mana bek kiri City Aleksandar Kolarov beruntung tidak dihukum penalti atas pelanggarannya terhadap Gabriel Obertan, Pellegrini memasukkan Jesus Navas dan Sergio Aguero.

Namun justru pemain pengganti Newcastle yang memberikan pukulan penutup, di mana Sissoko mengecoh Fernandinho dan kemudian melewati Bacary Sagna sebelum dengan tenang mencetak gol.

Taylor melengkapi kebangkitan yang layak dikenang dengan memblok upaya Edin Dzeko pada menit ke-85, ketika Newcastle mengamankan kemenangan perdana mereka di Etihad dan menyingkirkan sang juara bertahan.

"Ini merupakan dongeng," kata Taylor. "Ini merupakan impian yang menjadi kenyataan.

Pelle benamkan stoke Di tempat lain, Graziano Pelle mencetak gol kesembilannya musim ini ketika Southampton meraih kemenangan 3-2 atas Stoke City di Stadion Britannia, dan selanjutnya akan berhadapan dengan tim strata ketiga Sheffield United.

Sepakan melengkung pemain Italia itu membawa Southampton unggul pada menit keenam, dan Shane Long mengubah skor menjadi 2-0, namun Steven Nzonzi memperkecil ketertinggalan Stoke sebelum Mame Biram Diouf menanduk bola untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-82.

Namun setelah mantan pemain Southampton Peter Crouch diusir keluar lapangan, Pelle memastikan kemenangan timnya melalui tendangan bebas pada menit ke-88 untuk membawa pasukan Ronald Koeman ke putaran delapan besar.

Pada pertandingan lain yang dimainkan malam hari, gol-gol Erik Lamela dan Harry Kane pada babak kedua membawa Tottenham menang 2-0 atas tim strata kedua Brighton and Hove Albion.

Liverpool, tulis AFP/Antara, yang menyingkirkan Swansea City dengan skor 2-1 pada Selasa, akan mengunjungi tim strata kedua Bournemith pada perempat final, sedangkan Chelsea akan berhadapan dengan tim Championship lainnya, Derby County.

PREDISKI SEBELUM PERTANDINGAN

City memang tidak diperkuat gelandang  Samir Nasri kembali ke skuad setelah pulih dari cedera pangkal paha yang telah melihat dia kehilangan tujuh pertandingan terakhir.

Sementara itu, Frank Lampard absen karena cedera paha, tetapi sebaliknya manajer Manuel Pellegrini memiliki skuad yang penuh-fit untuk putaran keempat.

Namun, Newcastle pun  tanpa Papiss Cisse, Emmanuel Riviere, Cheick Tiote dan Mike Williamson.  Ryan Taylor sejalan untuk membuat penampilan pertamanya sejak Agustus 2012.

Hari &  TanggalPertandinganJamTelevisi
Kamis, 30 -10-2014Manchester City vs Newcastle02.40 WIBBein Sports 1

MATCH PREVIEW

Manchester City memiliki sejarah di pihak mereka karena tidak pernah kalah dari Newcastle di Stadion Etihad, sementara mereka membanggakan 17 pertandingan tak terkalahkan melawan Newcastle di semua kompetisi yang membentang kembali ke 2005.

"Segalanya mungkin jika kita pergi keluar dengan sikap yang benar dan perjuangan yang tepat. Kami sangat menantikan untuk itu," ujar  gelandang Newcastle Sammy Ameobi

Tim asuhan Manuel Pellegrini juga pada roll di Piala Liga. Juara bertahan terakhir kalah dalam kompetisi ini pada September 2012, di bawah Roberto Mancini, dan memiliki rata-rata lebih dari empat gol pertandingan dalam tujuh pertandingan terakhir mereka.

Di babak sebelumnya Sheffield Wednesday berhasil menahan 0-0 sampai ke babak pertama, meski kebobolan tujuh gol pada babak kedua.

City memiliki derby  Manchester pada Minggu (2/11/2014), tapi Pellegrini menegaskan dia difokuskan pada pertandingan Rabu (29/10/2014). "Jika Anda bertanya kepada saya, saya lebih memilih untuk memenangkan Liga Premier, mungkin, tapi itu tidak berarti Anda tidak ingin memenangkan Piala Capital One [Piala Liga] itulah sebabnya kami melibatkan seluruh skuad dalam game ini."

Sementara Pellegrini tidak pernah kalah dalam pertandingan Piala Liga, Newcastle di bawah Alan Pardew tidak pernah lebih jauh dari babak keempat pada kompetisi piala domestik.

Namun, setelah mengakhiri tanpa kemenangan mereka di awal musim liga dengan dua kemenangan dari dua melawan Leicester dan Tottenham, kepercayaan tim Pardew tiba-tiba telah diperbarui.

Setelah kemenangan 2-1  Minggu lalu di White Hart Lane, Pardew mengatakan: "Pada saat ini bangsa Geordie tidak berpikir aku cukup baik,saya tahu apa yang saya lakukan."

Membawa kemenangan di Eastlands akan memberikan kredibilitasnya di kalangan penggemar Newcastle dorongan lebih lanjut.

FAKTA PERTANDINGAN

Head-to-head

     Tim-tim ini bertemu di babak keempat tahun lalu,  City unggul 2-0 di St James 'Park setelah perpanjangan waktu.
     Newcastle belum mencetak gol melawan Manchester City dalam lima pertemuan terakhir mereka di semua kompetisi.

Manchester City

     Manchester City telah mencetak 29 gol dalam tujuh pertandingan terakhir mereka di Piala Liga - rata-rata lebih dari empat per pertandingan.
     Sejak awal musim 2012-13, Edin Dzeko telah mencetak delapan gol dan membantu dua lagi dalam tujuh pertandingan Piala Liga.
     James Milner telah membantu lima gol dalam lima pertandingan terakhirnya Piala Liga.

Newcastle

     Tim Alan Pardew ini telah memenangkan tujuh dari sembilan pertandingan terakhir mereka di Piala Liga (away), termasuk tiga terakhir berturut-turut mereka.
     Kemenangan mereka atas Crystal Palace di putaran terakhir berakhir lari dari empat kekalahan berturut-turut oleh lawan mereka di Liga Premier.
     Terakhir kali Newcastle melangkah  dari babak keempat pada delapan tahun lalu - ketika mereka kalah dari Chelsea di perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper