Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AFC U-19 (FINAL): Korut vs Qatar, Preview & Head To Head

Kubu Qatar dan Korea Utara sama-sama yakin akan memenangkan pertarungan mereka di final Piala AFC U-19, Kamis (23/10/2014) di Stadion Thuwunna Youtj Training Centre Yangon, Myanmar.
Pertemuan Qatar versus Korut di partai perdana Grup D Piala AFC U-19 yang berakhir 3-1 untuk Qatar./afc.com
Pertemuan Qatar versus Korut di partai perdana Grup D Piala AFC U-19 yang berakhir 3-1 untuk Qatar./afc.com

Bisnis.com, YANGON - Kubu Qatar dan Korea Utara sama-sama yakin akan memenangkan pertarungan mereka di final Piala AFC U-19, Kamis (23/10/2014) di Stadion Thuwunna Youtj Training Centre Yangon, Myanmar.

Pelatih Qatar Felix Sanchez Bas siap tampil habis-habisan dan merebut gelar Piala AFC U-19 mmelawan juara tiga kali Korea Utara di final di Stadion Thuwunna Youth Training Centre, Yangon, Myanmar.

TanggalPertandinganSkorKompetisi
10 Oktober 2014Qatar vs Korea Utara3-1Grup D Piala AFC U-19/2014

Mereka lolos ke final melawan musuh yang dihadapi pada partai pembuka piala ini setelah tim dari Asia Barat itu menundukkan tuan rumah Myanmar 3-2 dalam 120 menit.

Qatar tidak pernah dikalahkan dan melangkah ke final yang diawali dengan menundukkan Korut 3-1 di awal pertandingan Grup D yang dilanjutkan dengan seri melawan Irak dan menang dari Oman sehingga memuncaki klasemen grup itu, sebelum menghancurkan China 4-2 di perempat final.

"Qatar tidak pernah memenangkan Piala AFC U-19 dan ini adalah kesempatan para pemain yang akan berpindah ke  tim senior," kata pelatih Sanchez Bas, yang membawa tim ini ke final untuk pertama kalinya sepanjang masa iala itu digelar.

"Mereka sudah memperlihatkan upaya yang hebat, dengan scenario yang terus membaik, dan kami akan berupaya keras untuk memenangkan piala ini," ujarnya.

 "Spirit emain sangat bagus, so saya yakin kami akan memberikan 100% dan akan memberikan segalanya untuk memenangkan piala ini."

 Sejak  kalah di partai pembuka,  penampilan Korut  terus membaik dan tidak pernah mengalami kekalahan lagi, bercokol di posisi runner-up Grup D sebelum menang di perempat final dari Jepang dengan hasil dan menundukkan Uzbekistan 5-0 di semi final Senin (20/10/2014).

 Sanchez Bas tidak meragukan ini tes yang berat bagi pemainnya ketika menghadapi kekuatan dari Asia Timur.

 "Dari pertandingan ke pertandingan Korut terus tumbuh dan mencatat hasil menganggumkan sejak penampilan pertama mereka. Pertandingan pertama sangat ketatm mereka sangat baik dalam organisasi dan itu menjadi partai yang ketat," katanya menambahkan.

"Itu jelas mereka memiliki kualitas yang baik dan sejak mereka mampu mengalahkan tim besar selama di kompetisi ini itu mengapa mereka bisa hadir di sini di final. Kami berharap pertandingan yang ketat, tapi kami akan berupaya sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik."

Tim asuha pelatih asal Spanyol itu akan mendapatkan dorongan dengan kembalinya Assim Madibo setelah gelandang itu gagal tampil di semi final karena suspensi, kendati demikian kapten tim Ahmad Moein yakin dia dan temannya akan menghadapi tantangan yang signifikan pada Kamis malam.

 "Meskipun kami mengalahkan mereka sekali sebelumnya, itu akan menjadi pertarungan yang berbeda dan saya mengharapkan pertandingan yang ketat besok," ujar gelandang berusia 19 tahun itu.

"Mereka tim bagus dengan kualitas yang bagus dan pemain bagus. Tidak hanya kuat secara individual, tapi juga sebagai tim, seperti kami. Saya sangat bangga dengan tim bisa lolos ke final, pertama kali untuk tim Qatar. Saya berharap saya dan teman-teman dapat memperlihatkan pertandingan yang baik, kami sudah siap bermain..."  

Tekad Korut

Pelatih An Ye-gun bersumpah  ia dan  pemain Korea Utara  akan mengamankan kemenangan  final Piala AFC U-19   Kamis untuk "orang-orang di negara kita" menjelang penentuan gelar melawan Qatar di Stadion Thuwunna Youth Training Centre.

Juara tiga kali  Korea Utara, yang telah mengangkat trofi pada 2006 dan 2010, menempatkan pada kelas master dalam menyerang saat melawan Uzbekistan di semifinal Senin ketika mereka mengirim orang-orang Asia Tengah dalam kekalahan 5-0, setelah menang adu penalti  atas Jepang di perempat final.

Dan untuk klimaks kompetisi Korea akan menghadapi musuh akrab mereka Qatar, lawan di pertandingan pertama mereka dari turnamen di matchday Satu Grup D.

Meskipun mereka kalah  3-1, pasukan An  akan melanjutkan untuk mengamankan hasil imbang 1-1 dengan Oman dan kemenangan 2-0 atas finalis 2012 Irak yang menjamin tempat mereka  di babak delapan besar sebagai runner-up grup.

"Kedua tim saling mengenal satu sama lain dengan sangat baik setelah saling berhadapan sebelum di turnamen ini, kita tahu pro dan kontra masing-masing," kata An.

"Qatar memiliki pemain individu yang sangat baik yang memiliki keterampilan tingkat tinggi, mereka maju dengan baik dan ketika mereka kehilangan bola mereka menekan  untuk memenangkan bola kembali - kita harus mempersiapkan diri untuk itu."

"Menjadi juara turnamen ini penting untuk pelatih dan pemain. Itu lebih berarti untuk orang-orang di negara kita yang sedang menunggu tim ini untuk dinobatkan sebagai juara."

Menjelang sampai ke semi-final,  Korea Utara telah mengikuti sistem defensif yang menekankan bermain konservatif dan cepat melakukan serangan balik sebagai gerai menyerang utama mereka. Namun, melawan Uzbekistan, Korea menghapus belenggu dari lini depan mereka dan menunjukkan kekuatan yang menghancurkan  secara ofensif.

"Pada babak penyisihan grup fisik kami belum  pulih dari perjalanan kami sehingga kami pasti lebih terfokus pada pertahanan, tapi dari perempat final dan seterusnya kita bisa melihat para pemain pulih sehingga kami bisa menyerang lebih banyak," kata An.

"Dalam pertandingan besok, meskipun, kita mungkin akan melihat untuk menambahkan elemen bermain kami dari tahap grup dan dari semifinal sehingga memiliki lebih dari keseimbangan, baik dalam pertahanan dan menyerang."

 Jong-Hyok menegaskan  membekap  Uzbekistan di semi final telah memberinya dan turnamen nya dorongan besar dalam keyakinan menjelang final Kamis malam  dan ia percaya  Korea Utara akan membalas kekalahan mereka sebelumnya ke Qatar.

"Kami tahu  tim Qatar   dari pertandingan pertama dan semua orang yakin kami bisa menang kali ini. Jadi saya yakin kami akan menang besok, meskipun kekalahan pertama," kata pemain berusia 19 tahun.

"Yang penting adalah  kita bekerja sama sebagai sebuah tim dan memberikan upaya maksimal kami - tidak peduli apakah kita menang atau kalah.

"Kami mencetak banyak gol di semi-final dan karena itu para pemain berada dalam semangat yang sangat tinggi, dan kami akan membawa semangat dan gaya bermain ini  ke final."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : afc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper