Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah 'Perang' Korea Utara vs Korea Selatan di Lapangan Hijau

Beberapa perlengkapan sepak bola yang dicat dengan nuansa dan intrik politik untuk persiapan pertempuran Korea Utara dan Korea Selatan di lapangan hijau.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, INCHEON - Beberapa perlengkapan sepak bola yang dicat dengan nuansa dan intrik politik untuk persiapan pertempuran Korea Utara dan Korea Selatan di lapangan hijau.

Kedua negara yang terus berkonflik itu bakal bentrok di final Asian Games 2014. Pertandingan itu akan menyalakan semangat kedua negara yang wilayah perbatasannya dijaga ketat militer.

Terakhir kali kedua tim bertemu di final Asian Games adalah pada 1978 di Bangkok, Thailand di mana kedua tim tidak bisa mencetak gol dan medali emas dibagikan kepada kedua pemain.

Sebuah laporan pasca-pertandingan di Bangkok Post: "Kedua belah pihak merasa lega melihat akhir pertandingan melelahkan, dan suasana tidak mungkin lebih ramah ketika 22 pemain saling berpelukan."

Ketegangan antara Korea Utara dan Selatan sangat tinggi dan kedua negara secara teknis masih dalam perang setelah Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Sebuah kualifikasi Piala Dunia 2008 harus dipindahkan dari Korea Utara ke China setelah Korut menolak untuk mengibarkan bendera atau memutar lagu dari Korea Selatan sebelum kick-off.

Sebuah kualifikasi kembali setahun kemudian menghasilkan kemenangan bagi Korea Selatan di tengah tuduhan dari Korea Utara bahwa mereka telah diracuni oleh lawan-lawan mereka.

Sesaat sebelum Incheon Asian Games dimulai, pemerintah Korea Selatan mengeluarkan peringatan keras kepada warganya bahwa mereka dilarang membawa bendera Korea Utara.

Panitia Incheon (IAGOC) mengatakan semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah diambil untuk pertandingan.

"Ini bukan pertama kalinya bagi kita untuk mengadakan pertandingan Korea Utara vs Korea Selatan," kata Kim Bae-ok, direktur biro dukungan media IAGOC, kepada wartawan.

"Semua persiapan akan mengikuti prosedur standar, seperti telah dilakukan sebelumnya."

"Saya tidak mengatakan tidak ada rencana keamanan khusus di tempat. Kami akan memastikan permainan ini dilakukan dengan aman."

"Permainan itu sendiri bukan acara khusus," kata Kim.

Partisipasi Korea Utara di ajang ini sempat diragukan hanya beberapa bulan yang lalu.

Pada 19 September, hari upacara pembukaan, Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah sebuah kapal patroli Korea Utara melintasi perbatasan maritim yang disengketakan di sebelah barat semenanjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper