Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Batal Lawan Lebanon, Ditunggu Kamboja

Tim nasional Indonesia senior, yang dipersiapkan untuk Piala AFF pada November 2014, akan diuji oleh Kamboja di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, 25 September 2014.
Bayu Gatra (tengah)
Bayu Gatra (tengah)

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia senior, yang dipersiapkan untuk Piala AFF di Hanoi, Vietnam, pada November 2014, akan diuji oleh Kamboja di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, 25 September 2014.

Semula, timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Lebanon. Namun, rencana itu dibatalkan dan diganti oleh tim nasional Kamboja. Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Tim Nasional (BTN) PSSI di Jakarta, Kamis (18/9/2014), pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia dan Kamboja akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada 25 September.

"Kenapa kita memilih Kamboja karena jadwalnya bisa disesuaikan dengan kita [Timnas]," kata Sekretaris BTN PSSI Sefdin Syaifudin saat dikonfirmasi melalui pesan layanan singkat.

Menurut dia, pertandingan melawan Kamboja merupakan pertandingan uji coba terakhir bagi Timnas pada September 2014. Selanjutnya, pemusatan latihan diistirahatkan karena ada beberapa hal termasuk dimulainya babak delapan besar kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Saat ini, Timnas yang dibesut pelatih Alfred Riedl masih menjalani pemusatan latihan di Sidoarjo. Sebelumnya, Ahmad Bustomi dan kawan sudah menjalani dua pertandingan uji coba, yaitu melawan Timnas Yaman dan Malaysia.

Saat menghadapi Yaman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada 9 September, Timnas Garuda hanya bermain imbang 0-0. Sedangkan saat menghadapi Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (14/9), mereka menang 2-0.

Meski bermain cukup bagus, ternyata belum bisa mengatrol posisi Indonesia di peringkat FIFA. Berdasarkan situs resmi federasi sepak bola dunia, posisi Indonesia justru turun, dari 153 menjadi 156. Kondisi ini berbeda dengan Myanmar yang melonjak 17 peringkat menjadi 143.

Sekjen PSSI Joko Driyono sebelumnya menegaskan jika pertandingan melawan Lebanon yang akhirnya digantikan Kamboja bukan yang terakhir sebelum berangkat ke Vietnam, karena pihaknya masih menjadwalkan beberapa pertandingan uji coba untuk anak asuh Alfred Riedl itu.

"Kemungkinan masih ada dua pertandingan uji coba lagi untuk timnas senior. Kami saat ini masih punya slot pada tanggal 18 atau 19 Oktober serta 10 atau 14 November," katanya.

Timnas Garuda dibawah asuhan Alfred Riedl memang memegang tugas berat, yaitu harus mampu menjadi juara Piala AFF 2014, setelah pada kejuaraan yang sama tahun 2010, juga dengan pelatih Alfred Riedl, hanya menempati peringkat kedua. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper