Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjamin Kota Jakarta telah siap menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olahraga empat tahunan negara-negara kawasan Asia Asian Games.
Gubernur DKI Jokow Widodo (Jokowi)/JIBI
Gubernur DKI Jokow Widodo (Jokowi)/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjamin Kota Jakarta telah siap menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olahraga empat tahunan negara-negara kawasan Asia Asian Games.

Jakarta hampir dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 bersama Ibu Kota Provinsi Sumatra Selatan Palembang.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menyatakan Jakarta telah siap baik di venue atau infrastruktur kota untuk menghadapi Asian Games.

"Sudah siap. Keputusan Jakarta sebagai tuan rumah sudah 99%, cuma secara resmi nanti diumumkan di Incheon, Korea Selatan. Tadi kita sudah sampaikan enggak ada masalah, kan masih 2018 penyelenggaraannya," kata Jokowi seusai melakukan pertemuan dengan Komite Olimpiade Indonesia dan Olympic Council of Asia di Balai Kota, Kamis (7/8/2014).

Jokowi menjelaskan, pemprov DKI telah mulai menyiapkan perencanaan secara detail. Mengenai masalah kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta, Mantan Walikota Kota Solo itu optimis pada tahun 2018 berhasil diatasi.

Jokowi optimis dikarenakan pada tahun 2018, proyek Mass Rapid Transit (MRT) di Ibu Kota ditargetkan sudah selesai pembangunannya.

"Kan nanti sudah selesai MRT-nya. Ini mau dimulai lagi pembangunan MRT," lanjutnya.

Gubernur DKI yang juga merupakan presiden terpilih ini menilai apabila Jakarta berhasil menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018, hal tersebut merupakan kebanggan untuk Indonesia.

Selain menjadi kebanggaan, partisipasi Indonesia, khususnya Kota Jakarta akan menjadi pembuktian kepada dunia internasional bahwa Indonesia mempunyai potensi dan kekuatan untuk menyelenggarakan Asian Games.

"Itu harus dibuktikan kalau kita bener-bener siap baik venue ataupun infrastruktur kotanya. Kita juga bisa promosi untuk Ibu Kota dan negara," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin mengatakan Pemprov Sumsel siap berkerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Nanti Pemprov Sumsel dan DKI Jakarta akan bekerjasama dengan baik. Palembang insya Allah siap, nanti ada penilaian akhir dari OCA. Beberapa cabang olahraga akan dilaksanakan di Palembang," ujar Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler