Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN: Pantura Macet, Jalur Tengah Lengang

Ketidakseimbangan informasi lalu lintas yang diperoleh para pemudik menjadikan kepadatang lalu lintas di jalur mudik utama cenderung timpang. Seperti terjadi pada H-1, jalur Pantai Utara (pantura) Jawa Barat berkepadatan tinggi, sementara di jalur Cikampek-Bandung-Sumedang-Majalengka-Cirebon nyaris lengang.
Ilustrasi mudik 2014 / Antara
Ilustrasi mudik 2014 / Antara

Bisnis.com,  JAKARTA - Ketidakseimbangan informasi lalu lintas yang diperoleh para pemudik menjadikan kepadatang lalu lintas di jalur mudik utama cenderung timpang. Seperti terjadi pada H-1, jalur Pantai Utara (pantura) Jawa Barat berkepadatan tinggi, sementara di jalur Cikampek-Bandung-Sumedang-Majalengka-Cirebon nyaris lengang.

Berdasarkan pantauan Bisnis, menjelang tengah hari, ruas tol Cawang-Cikampek tampak relatif sepi arus kendaraan, demikian pula dengan arah sebaliknya. Kepadatan lalu lintas terlihat mulai Simpang Jomin, Kab. Karawang, di mana arus kendaraan bergerak merayap, dengan kecepatan teramat pelan. Melihat kepadatan arus lalu lintas tersebut dan membandingkannya dengan jalur lain melalui berbagai informasi di media sosial, Bisnis pun langsung putar arah dan memilih jalur menuju Bandung via Cikopo-Sadang.

Begitu memasuki ruas tol Cipularang, arus kendaraan ternyata sangat jarang kalau tidak boleh dikatakan lengang untuk kedua arah--yang menuju Bandung maupun sebaliknya. Kondisi sepi arus lalu lintas ini berlangsung hingga Cileunyi dan di ruas buka tol selepas Jatinangor pun, arus lalu lintas tetap lancar hingga 2 km menjelang pasar Tanjungsari, Kab. Sumedang.

Namun, selepas Tanjungsari, arus lalu lintas relatif sepi bahkan cenderung lengang, termasuk di titik yang selama ini dikenal padat seperti Cadas Pangeran dan Jatiwangi. Arus lalu lintas tampak agak padat ketika menjelang Palimanan dan memasuki kota Cirebon.

Sementara berdasarkan pantauan melalui media sosial, di kepadatan lalu lintas di jalur Pantura Jabar pada saat yang hampir bersamaan tetap merayap. Kondisi padat merayap ini terjadi hingga Pantai Eretan. Selepas kawasan tersebut, arus lalu lintas dikabarkan lancar hingga pertigaan Palimanan, Cirebon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ahmad Djauhar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper