Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA INGGRIS 2014: Manchester United Raih US$128 Juta/Tahun Dari Adidas

Produsen raksasa peralatan olahraga Adidas menandatangani kesepakatan 750 juta untuk membuat kit Manchester United selama 10 tahun mulai musim depan (2014) setelah saingannya asal AS Nike memutuskan mengakhiri kerja sama pada akhir musim 2014-15.
Kaos tim Manchester United/manutd.com
Kaos tim Manchester United/manutd.com

Bisnis.com, JAKARTA –Produsen raksasa peralatan olahraga Adidas menandatangani kesepakatan £ 750 juta untuk membuat kit  Manchester United selama 10 tahun mulai musim depan (2014) setelah saingannya asal AS Nike memutuskan mengakhiri kerja sama pada akhir musim 2014-15.

 

Nike telah membayar United £ 23,5 juta per tahun, dan kesepakatan baru yang nilainya memecahkan rekor dunia £75 juta (US$128 juta) per musim musim ke klub Old Trafford.
Sementara itu, juara Liga Champions Real Madrid sebelumnya juga telah menandatangani kesepakatan dengan Adidas senilai £31 juta per. Ini menjadi kesepakatan terbesar klub itu.

 

Adidas akan memberikan hit pelatihan dan pertandingan untuk semua tim klub dan akan memiliki hak eksklusif untuk mendistribusikan produk dagang dual-branded di seluruh dunia.
Jumlah besar itu lebih dari pembayaran pembelian klub oleh keluarga Glazer pada 2005 yang kurang dari £ 40 juta.

 

CEO Adidas Herbert Hainer mengatakan kesepakatan itu akan membantu perusahaan "untuk lebih memperkuat posisi kami di pasar utama di seluruh dunia".

 

Dia menambahkan: "Kami berharap total penjualan mencapai £1,5 miliar selama masa kemitraan kami."

 

Adidas belum memberikan rincian apapun tentang desain strip baru, tapi mengatakan mereka mungkin melihat ke kit Manchester United dari 1980-an dan awal 1990-an sebagai inspirasi. Ini akan menjadi pertama kalinya Adidas membuat strip di tim Liga Premier dalam 23 tahun, sejak musim 1991-1992.

 

Pengumuman ini datang sehari setelah perusahaan Jerman, sponsor FIFA Piala Dunia, penyedia kit untuk finalis Piala Dunia 2014  Jerman dan Argentina.

 

Dalam perdagangan di bursa Jerman pada Senin (14/7/2014), saham perusahaan ditutup naik 2,73%.

 

Adidas juga sponsor untuk Bayern Munich, Chelsea, AC Milan dan Flamengo. Dari musim 2015-16, mereka juga akan memberikan kit untuk Juventus.

 

Sean Hamil, direktur Sport Centre bisnis di London Birkbeck College, mengatakan  Glazer telah dimasukkan ke dalam tempat "pemasaran yang luar biasa dan sponsor tim", meskipun mereka telah mengambil fak sebagai cara mereka untuk menempatkan ke dalam buku utang klub dan untuk meningkatkan harga tiket per musim.

 

Dia berkata: "Mereka telah mampu mengamankan tengara kesepakatan ini di sektor ini, dengan latar belakang tidak ada Liga Champions musim depan. Ini jelas suara utama dari kepercayaan merek Manchester United.. “

 

"Itu juga menunjukkan bahwa klub Inggris terkemuka cukup kuat dalam hal daya tarik global bahwa sponsor membuat keputusan nilai berdasarkan jangka panjang dan tidak hanya sekitar satu musim."

 

'Posisi Global'


Leah Donlan, seorang ahli pemasaran di Manchester Business School, mengatakan kesepakatan itu akan memberikan Adidas "keunggulan kompetitif yang signifikan" atas Nike.

 

Dia menambahkan  Adidas bisa "memperkuat posisi merek global" dengan menambahkan Manchester United untuk portofolio tim.

 

Nike telah diberi periode eksklusivitas untuk menegosiasikan perpanjangan dengan United dan juga mempertahankan hak untuk menyesuaikan tawaran lain.

 

Namun, perusahaan memutuskan untuk melaksanakan opsi yang baik, mengklaim istilah "tidak mewakili nilai yang baik bagi para pemegang saham Nike".

 

Manchester United telah menderita dengan prestasi terburuk di Premier League mereka   musim lalu setelah manajer Sir Alex Ferguson meninggalkan setelah 26 tahun bersama MU.

 

Manchester United Dalam Angka

Keluarga Glazer membeli klub untuk £ 790m pada tahun 2005 beroperasi

Secara komersial klub tumbuh sebesar 30% menjadi £ 34.9m di 2012-13 - Deloitte

Klub ini masih berutang sekitar £ 400m pinjaman digunakan untuk membiayai pembayaran bunga 10m-a-tahun pengambilalihan £ jatuh tempo pada utang klub

£10m-a-year interest payments due on the club's debt

Omset untuk tahun keuangan 2013-14 diharapkan ke atas £ 418m

Juan Mata adalah rekor klub penandatanganan - dibeli untuk £ 37.1m

Laba bersih sebesar £ 146m untuk baru empat tahun kesepakatan 2012-13

Wayne Rooney layak dilaporkan £ 300.000 seminggu

Chevrolet akan membayar £ 53m setahun untuk memiliki nama di baju United

Jumlah perkiraan gaji untuk tahun keuangan 2012-13 adalah £ 182m-Deloitte

Aon membayar £ 120m untuk mensponsori tempat latihan klub dan hit

sepak bola Liga Champions yang akan biaya £ 50m-10% dari pendapatan tahunan - Deloitte

 

Penggantinya, David Moyes, hanya berlangsung selama 10 bulan karena gagal lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 19 tahun.


United sekarang akan dikelola oleh Louis van Gaal, yang berkomitmen berprestasi  lebih baik dibanding Belanda di Piala Dunia.

 

Selain Adidas, Chevrolet juga akan menjadi sponsor kemeja untuk pertama kalinya. Raksasa industri otomotif AS itu kabarnya membayar £53 juta setahun untuk memiliki nama memercik di depan front kaos merah MU.

 

Karena keluarga Glazer mengambil alih Manchester United, mereka telah membagi banyak penawaran sponsor mereka, mencari penawaran kerjasama regional yang spesifik di berbagai sektor sponsorship mereka.  Pengaturan profil tinggi lainnya termasuk kesepakatan untuk mengubah nama tempat latihan Carrington mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : premierleague.com/bbc.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper