Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Ini Reaksi Warga Brasil Usai Dipermalukan Jerman 7-1

Bagi banyak pendukung Brasil, kekalahan 7-1 dari Jerman di perempat final Piala Dunia 2014, Selasa (8/7/2014) atau Rabu (9/7/2014) memalukan dan pencapaian yang tak terpikirkan - ini bencana bahkan lebih buruk daripada terakhir kali Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1950.
Reaksi pendukung tim Brasil  usai melihat Brasil dipermalukan Jemran 1-7 di semi final Piala Dunia 2014 di satu restoran di Lima, Brasillia, Selasa (8/7/2014) atau Rabu (9/7/2014)/REUTERS
Reaksi pendukung tim Brasil usai melihat Brasil dipermalukan Jemran 1-7 di semi final Piala Dunia 2014 di satu restoran di Lima, Brasillia, Selasa (8/7/2014) atau Rabu (9/7/2014)/REUTERS

Bisnis.com, SAO PAULO -  Bagi banyak pendukung Brasil, kekalahan 7-1 dari Jerman di perempat final Piala Dunia 2014, Selasa (8/7/2014)  atau Rabu (9/7/2014) memalukan dan pencapaian  yang tak terpikirkan - ini bencana bahkan lebih buruk daripada terakhir kali Brasil menjadi  tuan rumah Piala Dunia pada  1950.

Saat itu, kekalahan  2-1 untuk Uruguay di final kecil, yang membuat marah besar itu, dihadapi warga Brasil yang diam-diam membawa air mata ke mata Brasil tua.

Kekalahan ini membuat  beberapa fans mengatakan, hasil akhir yang bahkan tidak terpikirkan . Tim Brasil tercabik-cabik.

Kemarahan dan kekecewaan itu begitu kuat itu mengancam untuk menggelapkan suasana nasional untuk beberapa waktu ke depan, dengan kemungkinan konsekuensi bagi Presiden Dilma Rousseff  saat ia mencari masa jabatan kedua pada Oktober 2014.

"Ini lebih buruk dari  1950. Itu salah satu hal untuk kehilangan permainan di mana Anda menderita dan berjuang keras, dan ahsil itu  benar-benar  dipermalukan," kata Fernando Hazzan, 28, di Sao Paulo. "Game ini juga  turun dalam sejarah," katanya.

Banyak warga Brasil di stadion di Belo Horizonte terisak, sementara yang lain mulai mengalir keluar sebelum babak pertama usai. Orang-orang di bar dan restoran di seluruh negeri menangis atau berteriak kepada televisi, atau menenggelamkan   penderitaan mereka ke  bir.

Ketidakmampuan untuk memenangkan kejuaraan di kandang akan tetap menjadi bercak hitam untuk sebuah negara yang memiliki  salah satu tradisi paling membanggakan di sepak bola - dengan lima kali juara  Piala Dunia, lebih dari tim lain.

Kekalahan  tim Brasil pada 1950 membuat Brasil menderita  selama bertahun-tahun, bahkan dekade.

Zizinho, gelandang, mengambil teleponnya untuk dimatikan  setiap  hari peringatan permainan itu setiap tahun. Karena orang akan meneleponnya dan bertanya mengapa tim kalah. Barbosa, kiper, sangat mengeluh bahwa dia menderita selama lebih dari 30 tahun, sama dengan hukuman pidana maksimal di Brasil.

Tekanan psikologis mencoba untuk kembali  melakukan kutukan. Mengambil korban pada tim  2014, dan meskipun telah dijelaskan bahwa kerusakan defensif menyebabkan Jerman  mencetak lima gol dalam 30 menit pertama pertandingan pada  Selasa.

Beberapa fans mengungkapkan kekalahan itu secara radikal dan akan mengubah cara mereka melihat seluruh turnamen.

"Memori Piala Dunia ini akan selalu ternoda sekarang. Ini akan dikenang sebagai sebuah tragedi," kata Michelle Gomes, seorang manajer bisnis lokal,  di sebuah bar di Rio de Janeiro.

Mood gelap bisa merusak rating dukungan ke Presiden Rousseff, meskipun efeknya mungkin juga hanya bersifat sementara, kata Claudio Couto, seorang profesor ilmu politik di Sao Paulo.

"Jika kita (mengambil jajak pendapat) dalam sebulan, aku ragu itu akan memiliki efek apapun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper