Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AUSTRALIA VS BELANDA (18/6), Hasil, Gol 'Robben van Persie', Head to Head, Line Up

Laga Australia melawan Belanda di Grup B Piala Dunia yang akan digelar di Stadion Porto Alegre, Rabu (18/6) pukul 23.00 WIB bakal berlangsung tidak kalah menariknya seperti laga pertama kedua kesebelasan.
 Aksi Gol Tandukan Spektakuler Robin van Persie/Fifa
Aksi Gol Tandukan Spektakuler Robin van Persie/Fifa

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa bilang Australia akan ditekuk dengan mudah oleh Belanda? Faktanya adalah Belanda belum pernah menang atas Socceroos, sebaliknya Australia pernah sekali menundukkan Belanda 2-1 pada September 2008.

Laga Australia melawan Belanda di Grup B Piala Dunia yang akan digelar di Stadion Porto Alegre, Rabu (18/6) pukul 23.00 WIB bakal berlangsung tidak kalah menariknya seperti laga pertama kedua kesebelasan.

Apalagi, jika menilik hasil kontras yang dituai De Oranje dan Socceroos pada pertandingan pertama. Australia menderita kekalahan telak 1-3 dari Chile. Sebaliknya, Belanda menang meyakinkan 5-1 atas Spanyol.

Selain mengusung target menang, Australia punya bekal kepercayaan diri yang tinggi menghadapi skuat asuhan Louis van Gaal.

Socceroos punya rekor head to head bagus dalam pertandingan melawan Clockwork Oranje. Dari tiga kali pertemuan, Belanda belum pernah menang, hanya mampu bermain seri melawan Australia.

Sebaliknya, Australia mampu sekali menundukkan Belanda. 

Artinya, rekor head to head Australia versus Belanda adalah Australia menang sekali, Belanda kalah sekali, dan dua kali seri. Tiga kali laga kedua tim terjadi dalam pertandingan persahabatan

Uniknya, satu kemenangan Australia diraih saat bertanding di kandang Belanda, yakni dalam friendly match pada 7 September 2008. 

Berikut Head to Head Australia Vs Belanda:

4 Juni 2006                      Belanda-Australia  1-1

7 September 2008         Belanda-Australia  1-2

10 Oktober 2009             Australia-Belanda  0-0

Komentar Pemain Australia

"Kami sangat yakin bisa menang. Kami akan terus mencari celah untuk menyakiti tim Belanda, " ujar pemain sayap Australia Mathew Leckie, dalam situs resmi FIFA.

Australia akan menghadapi Belanda di Stadion Porto Alegre, Rabu malam pukul 23.00 WIB. 

Namun, sambung Leckie, Australia bisa mengalahkan Belanda dengan syarat harus bisa bermain bagus dalam 70 menit.

Nigel de Jong pun yang pernah sama-sama merumput di Liga Inggris mengakui keampuhan sundulan kepala Tim Cahill yang menjadi andalan mencetak gol bagi klubnya.

Bahkan, satu-satunya gol yang dicetak Australia saat kalah dari Chile 1-3 berasal dari tandukan Tim Cahill.

Komentar van Persie

Sebaliknya, Belanda yang kini diliputi euphoria lebih bersikap tenang dan santai dalam menatap laga kedua melawan Australia.

Menurut kapten Timnas Belanda Robin van Persie, pertandingan kedua meladeni Socceroos pasti berbeda saat laga pertama menghadapi Spanyol.

"Australia mempunyai gaya yang sangat berbeda dengan Spanyol, sehingga kami harus menyesuaikan permainan menghadapi mereka. Tentu ini sangat menarik melakukan penyesuaian dalam setiap saat," ungkap Persie.

Namun, sambungnya, Timnas Belanda memiliki staf teknis yang memahami dengan pasti persiapan tim menjelang pertandingan.

Pelatih Belanda disebut-sebut akan mengubah formasi saat menghadapi Tim Cahill dkk, yakni kembali ke selera tradisional favorit Timnas Belanda, 4-3-3.

Akankah 'Robben van Persie' kembali mencetak gol pada laga nanti malam, hanya Arjen Robben atau Robin van Persie? Sebaliknya, bisa juga Tim Cahill yang mencetak gol sundulan kepala ke gawang Cilessen? 

Prakiraan Susunan Pemain Australia:

1. Matthew Ryan (kiper) 2. Ivan Franjic 3. Jason Davidson 4. Tim Cahill  5. Mark Milligan 6. Matthew Spiranovic  7. Mathew Leckie 8. Bailey Wright  9. Adam Taggart 10. Ben Halloran 11. Tomas Oar

Cadangan: 12. Langerak (kiper)  13. Bozanic 14. Troisi 15. Jedinak  16. Holland 17. McKay 18. Galekovic (kiper) 19. McGowan  20. Vidosic  21. Luongo  22. Wilkinson
23. Mark Bresciano

Pelatih:
Ange Postecoglou

Prakiraan Susunan Pemain Belanda:

1. Cillessen (kiper)  2.  Ron Vlaar 3. Stefan  de Vrij  4. Bruno  Martins Indi 5.  Daley Blind 6. Nigel de Jong 7. Janmaat 8. de Guzman 9. Robin van Persie 10. Wesley Sneijder 11. Arjen Robben

Cadangan:  12. Verhaegh 13. Veltman 14. Kongolo 15. Dirk Kuyt  16. Jordie Clasie 17. Jeremain Lens 18. Leroy Fer 19. Klaas Jan Huntelaar 20. Wijnaldum 21. Memphis 22. Michel Vorm (kiper) 23. Tim Krul (kiper)

Pelatih: Louis van Gaal

BACA JUGA:

PIALA DUNIA 2014, Sebuah Rahasia Terungkap van Persie di Balik Kegemilangan Belanda

AUSTRALIA VS BELANDA (18/6), Socceroos Yakin Kalahkan Oranje, Ini Syaratnya

PIALA DUNIA 2014, Ini 5 Penyebab Spanyol Dihancurkan 1-5 oleh Belanda

PIALA DUNIA 2014, Kebangkitan Belanda di Brasil Diragukan?

PIALA DUNIA 2014, Ron Vlaar Yakin Belanda Bisa Raih Sesuatu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper