Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Kolombia vs Yunani, Fakta, Head to Head & Preview (TV ONE)

Kolombia bakal menghadapi perlawanan ketat dari Yunani dalam partai perdana Grup C Piala Dunia 2014 di Belo Horizonte, Sabtu (14/6/2014). Pasalnya, Kolombia harus kehilangan lima pemain kuncinya Radamel Falcao, Edwin Valencia, Luis Perea dan Aldo Ramirez cedera sebelum Piala Dunia dan Fredy Guarin cedera pada Sabtu pekan lalu.
Timns Kolombia berlatih/Reuters
Timns Kolombia berlatih/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kolombia bakal menghadapi perlawanan ketat dari Yunani dalam partai perdana Grup C Piala Dunia 2014 di Belo Horizonte, Sabtu (14/6/2014). Pasalnya, Kolombia harus kehilangan lima pemain kuncinya Radamel Falcao, Edwin Valencia, Luis Perea dan Aldo Ramirez cedera sebelum Piala Dunia dan Fredy Guarin cedera  pada  Sabtu pekan lalu.

Tanpa  Falcao berarti Kolombia akan memasangakn  Carlos Bacca atau Jackson Martinez dengan  Teofilo Gutierrez di barisan depan.

Sementara itu, Yunani masih akan menilai bek Sokratis Papastathopoulos, yang absen pada dua pertandingan persahabatan terakhir mereka dengan masalah otot. Pelatih Fernando Santos harus memutuskan:  Apakah Kostas Mitroglou siap untuk memulai setelah pulih dari cedera lutut?

Santos masih memiliki gelandang Panagiotis Tachtsidis yang suap dimainkan  setelah ia pulih dari cedera bahu ia mengambil dalam pelatihan pekan ini.

MATCH PREVIEW

Awal yang baik adalah penting di Piala Dunia, karena keduanya Kolombia dan Yunani telah lolos dengan 'biaya' yang tidak kecil. Dalam empat partai mereka sebelumnya, Los Cafeteros (Petani Kopi) telah kalah dalam pertandingan pertama mereka sebanyak tiga kali - pada setiap kesempatan gagal  melewati babak penyisihan grup.

Orang-orang Yunani, yang belum pernah maju ke fase knock out, telah dipukuli di kedua pertandingan pembukaan mereka.

Harapan Yunani menghindari sebuah hat-trick sisa yang tidak diinginkan terutama dengan pertahanan 'kikir' mereka. Mereka terus dalam delapan pertandingan meraih clean sheet di babak kualifikasi - lebih daripada tim Eropa lainnya - dan juga saat melawan  Portugal dan Nigeria dengan  hasil imbang tanpa gol baru-baru ini.

Tim Profile: Yunani

Namun, mencetak gol masih menjadi masalah  untuk pasukan Fernando Santos, yang pergi tiga pertandingan tanpa gol  sampai mengalahkan Bolivia 2-1 di  akhir pemanasan.

Haruskah Yunani memilih untuk "parkir bus" (bertahan) di Belo Horizonte, Kolombia mungkin membutuhkan pemain  untuk menerobos kemacetan. Striker Sevilla Carlos Bacca mungkin malakukan  kesalahan besar karena terlambat  menjadi profesional dengan bekerja sebagai "ayudante" (mirip dengan kolektor tiket bus) di pantai Karibia Kolombia.

Pemain berusia 27-tahun itu mencetak 21 gol di klubnya pada musim ini dan akan menantang Jackson Martinez, yang pada gilirannya menghasil 29 gol bersama Porto, untuk meraih tempat awal. Salah satu dari mereka akan memiliki tugas  mengisi posisi Radamel Falcao, yang mencetak sembilan dari Kolombia 27 gol di babak kualifikasi.

Los Cafeteros masih membanggakan karena masih banyak pilihan penyerang, tetapi kehilangan Luis Perea, Edwin Valencia dan Aldo Ramirez membuat kurangnya kedalaman di lini tengah dan pertahanan pusat.

Tim asuhan Jose Pekerman menjadi rekor pertahanan terbaik di kualifikasi Amerika Selatan, hanya kebobolan 13 kali dalam 16 pertandingan, dan mereka hanya kalah dua dari 20 pertandingan terakhir mereka (M 12,S 6), mengalahkan Belgia dan seri dengan Brasil dan Belanda.

Namun, pertunjukan telah dicelup sedikit ke dalam 12 bulan terakhir, dan mereka tidak meyakinkan di baru-baru ini saat  melawan Tunisia dan Senegal, yang berarti Kolombia mendekati pertandingan pertama mereka di Piala Dunia selama 16 tahun dengan campuran kegembiraan dan ketakutan.

FAKTA PERTANDINGAN

Head-to-head

    -
Satu-satunya pertemuan sebelumnya antara kedua tim di  New York pada  5 Juni 1994 dan  Kolombia menang 2-0.

Kolumbia

    -
Los Cafeteros telah kehilangan delapan dari 13 pertandingan di Piala Dunia mereka (M 3,S 2).
    -
Namun, dalam pertandingan tersebut mereka rata-rata 58% menguasai permainan  dan 85%  penyelesaian - angka tertinggi dari negara mana pun di Piala Dunia sejak 1966 (minimal 10 permainan yang dimainkan).
    -
Kolombia memiliki lebih banyak tembakan pada target (99) dari tim lain di babak kualifikasi Amerika Selatan. Dari mereka, 29 berasal dari Falcao. Keempat striker mereka telah dibawa ke Brazil dengan total gol gabungan 23.
    -
Jika kiper cadangan Kolombia Faryd Mondragon  bermain di Brasil dia akan menjadi orang tertua untuk fitur pada putaran final Piala Dunia, memecahkan rekor Roger Milla. Mondragon, yang berusia  43 tahun pada  21 Juni, adalah anggota skuad yang tidak terpakai di Piala Dunia 1994 dan bermain sekali di Olimpiade 1992.
    -
Ada 10 kartu merah di Los Cafeteros  dari  12 pertandingan terakhir - tiga untuk mereka, tujuh lawan mereka. Empat pertandingan persahabatan terakhir  mereka sebelum ke Brasil meraih  satu kartu merah.
    -
Kolombia diberikan sudut sedikit (62) daripada tim Amerika Selatan lainnya di babak kualifikasi.

Yunani

    -
Orang-orang Yunani telah gagal mencetak gol dalam tiga dari empat pertandingan sejak kualifikasi (M 1, S 2, K 1), dan saat  mereka datang di Brasil meraih  kemenangan 2-1 melawan Bolivia pada  6 Juni.
    -
Georgios Samaras terus gagal mencetak gol dalam 16 pertandingan untuk Yunani sejak mencetak ghol  ketika kalah 4-2 dari  Jerman di Euro 2012.
    -
Yunani telah kehilangan  dua Piala Dunia sebelumnya dengan kekalahan dari  pihak  Amerika Selatan, kebobolan enam dan tidak  mencetak gol. Kedua permainan itu adalah melawan Argentina.
    -
Tiga dari lima gol ke gawang Yunani  di Piala Dunia 2010 berasal dari set-piece.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper