Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Spanyol vs Belanda, Prediksi, Fakta & Rekor (TV ONE)

Kubu Spanyol, yang diakui sebagai pembuat sejarah, mengambil langkah pertama mewujudkan harapan untuk membuat rekor lagi di Piala Dunia 2014 saat menghadapi Belanda pada Jumat (13/6/2014) atau Sabtu (14/6/2014) dinihari WIB.
Dua dedengkot tim Spanyol Xavi dan Iker Casilas/Reuters
Dua dedengkot tim Spanyol Xavi dan Iker Casilas/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kubu Spanyol, yang diakui sebagai pembuat sejarah, mengambil langkah pertama mewujudkan harapan  untuk membuat rekor lagi di Piala Dunia 2014 saat menghadapi Belanda pada Jumat (13/6/2014) atau Sabtu (14/6/2014) dinihari WIB. Pertandingan akan disiarkan oleh TV One pukul 02.00 WIB.

Partai Spanyol melawan Belanda --dari Grup B-- Sabtu dinihari WIB merupakan ulangan final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Saat itu, Spanyol tampil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, dan menundukkan Belanda 1-0 melalui gol Iniesta pada masa injury time.

Tim asuhan Vicente del Bosque yang bertujuan untuk memenangkan trofi besar itu dua kali secara berturut-turut, rekor  yang belum pernah terjadi sebelumnya atau justru era dominasi mereka  akan berakhir di Brasil? Sulit untuk memahami bagaimana skuad yang diberkati dengan 16 laki-laki yang telah memenangkan Piala Dunia dan rata-rata sekitar 60 caps per orang  segera dihapuskan pada quarters tertentu.

"Kita perlu menjaga fokus dan tetap berpegang pada filosofi gaya bermain yang telah membawa kita begitu banyak keberhasilan," kata bek Sergio Ramos, yang datang ke turnamen segar karena  memenangkan Liga Champions untuk Real Madrid.

Final Piala Dunia 2010  tidak klasik dan, selain gol kemenangan Andres Iniesta, final itu adalah layak  diingat untuk taktik kasar  Belanda - dicontohkan oleh Nigel de Jong dengan tendangan kung-fu di dada Xabi Alonso. Wasit Howard Webb terpaksa mengeluarkan 14 kartu kuning  dan satu kartu merah.

Pelatih Belanda Louis van Gaal tahu dia tidak diberkati dengan skuad sebagus Spanyol atau favorit lain di turnamen ini, sehingga ia telah menciptakan formasi baru untuk bekerja untuk memaksimalkan kekuatan dari apa yang ia telah dipakainya.

"Formasi yang disukai Belanda 4-3-3 sudah pergi dan kini akan  menempatkan   lima orang dipertahanan untuk membuat "ruang sempit" bagi penyerang Spanyol," kata  Van Gaal.

Perubahan ini tampaknya telah turun dengan baik  di skuad Belanda yang terkenal suka tersinggung. "Saya tidak berpikir  kita mampu bermain tika taka," mengakui Arjen Robben.

Pemain Bayern Munich  ini akan termotivasi untuk menebus kehilangan di waktu tambahan dalam empat tahun terakhir yang lalu dan dia ada garis depan  bersama kapten Robin van Persie di lini depan.

Rekor pertemuan

Agregat tertinggi

1

Belanda  

0 - 1

Spanyol

2009/2010 

Skor terbesar Spanyol

1

Belanda

0 - 1

Spanyol

2009/2010 

Skor terbesar Belanda

 

 

  

 

 

Season

Tanggal

Home

Skor

Away

Kompetisi

2009/2010

Minggu,  11 Juli

Belanda

0 - 1

Spanyol

Piala Dunia  

FAKTA SEJARAH

- Ini adalah pertama kalinya dua finalis Piala Dunia  bertemu langsung di turnamen itu setelah bertarung di final  sejak 1990, ketika Jerman Barat mengalahkan Argentina 1-0 di final (setelah bertemu satu sama lain pada  1986).
 -  
La Roja kehilangan pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia 2010 dari  Swiss, tapi kemudian menjadi tim pertama yang pernah memenangkan turnamen setelah kehilangan pertandingan pertama mereka.
 -  
Vicente Del Bosque hanya  kehilangan salah satu dari 25 pertandingan Piala Dunia sebagai pelatih kepala Spanyol, termasuk kualifikasi (M22 SD2). Kekalahan  dari  Swiss (0-1) pada  2010.
 -  
David Villa - pencetak gol terbanyak Spanyol di  Piala Dunia (delapan gol) - telah terlibat langsung dalam tujuh dari sembilan gol terakhir Spanyol di turnamen (enam gol, satu assist).
 -  
Spanyol telah memenangkan enam pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, yang terbaik yang pernah berjalan di turnamen. Empat pertandingan terakhir mereka berakhir dengan kemenangan 1-0.
 -  
Spanyol telah bertahan tanpa kebobolan di setiap empat pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, jangka terpanjang saat ini. Memang hanya Italia (lima pertandingan pada  1990) dan Swiss (lima pada  2006 & 2010) pernah memiliki jangka panjang dalam kompetisi.
 -  
Belanda telah berhasil melewati babak grup di tujuh terakhir sebelumnya partisipasi Piala Dunia mereka.
 -  
Robin van Persie adalah pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Dunia 2014 Eropa (11 gol).
 -  
Spanyol dan Belanda memiliki catatan sempurna bahkan head-to-head dengan empat kemenangan dan masing-masing satu  imbang, meskipun Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010 berkat kemenangan  1-0.
 -  
Juara bertahan hanya memenangkan pertandingan pertama mereka dalam tiga terakhir dari 10 Piala Dunia (S4  K3), dengan Italia imbang 1-1 dengan Paraguay terakhir kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper