Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIMNAS U-19 vs LEBANON U-19: Hasil Akhir Imbang 0-0

Pertandingan persahabatan antara Timnas U-19 Indonesia dan Lebanon U-19 di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/5/2014) berakhir seri 0-0.nn
Timnas U-19 Indonesia (kanan)/Antara
Timnas U-19 Indonesia (kanan)/Antara
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA  - Hasil pertandingan persahabatan antara Timnas U-19 Indonesia dan Lebanon U-19 di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/5/2014) berakhir seri dengan skor 0-0.

Indonesia, yang dalam persiapan menuju Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober 2014, mempunyai sejumlah peluang untuk menghasilkan gol a.l. melalui Evan Dimas, Paolo SItanggang, Muklis Hadi Ning dan Ilham. Namun, peluang tersebut terbuang sia-sia.

Lebanon sendiri tidak tampil istimewa. Mereka lebih banyak menunggu Indonesia di area pertahanan mereka. Saat Indonesia melakukan kesalahan, mereka langsung ke luar menyerang.  Mereka hanya menyisakan pemain klub Lyon Prancis, Philippe Pouli di pertahanan Indonesia.  Berulang kali, mereka pun gagal memanfaatkan situasi yang menguntungkan. Akurasi tendangan yang dilakukan sangat lemah. Bahkan  Philippe Pouli nyaris tidak memperoleh bola di babak kedua.

Pertandingan Timnas U-19 ini dalam rangkaian persiapan menuju Piala Asia U-19 sekaligus babak kualifikasi Piala Dunia U-20. Indonesia adalah juara Grup G babak kualifikasi Piala Asia U-19 setelah mengatasi perlawanan juara bertahan Korea Selatan, Filipina dan Laos tahun lalu dan juara Piala AFF (Federasi Sepakbola ASEAN) tahun lalu. Di Piala Asia U-19, Indonesia berada di Grup B bersama Uni Emirat Arab, Australia dan Uzbekistan.

Sepanjang masa persiapan Piala Asia U-19, Evan Dimas dua kali menelan kekalahan dan keduanya di pertandingan internasional. Pertama, kalah dengan skor 1-2 dari Oman di Muscat, Oman bulan lalu dan terakhir kalah dengan skor 1-2 dari Myanmar pada 7 Mei 2014 di Gelora Bung Karno Jakarta. Kemudian mencatat 13 kemenangan dari 22 pertandingan uji coba yang sudah dilakukan, sisanya berakhir seri.

Setelah uji coba ini,   Evan Dimas cs akan melakukan Tur Nusantara Jilid II a.l. ke Aceh, Riau dan Padang. Kemudian akan mengikuti turnamen Cotif di Valencia, Spanyol. Negara yang akan berpartisipasi, yaitu Brasil U-20, Argentina, Arab Saudi, Ekuador, China, Mauritania, dan Qatar. Dua klub asal Spanyol yang akan ikut adalah  Valencia dan Barcelona.

Demikianlah  pertandingan Timnas U-19 Indonesia versus Lebanon U-19 yang kami laporkan melalui  Live Report di Bisnis.com, yang disiarkan oleh SCTV mulai pukul 19.00 WIB itu.

20:52 WIB
Menit ke-95. Babak II Selesai, Skor Akhir 0-0

Satu tendangan keras dari luar kotak pinalti oleh Evan Dimas tepat ke arah kiper Mostafa Matar, gagal menciptakan gol. Pertandingan selesai dengan skor akhir 0-0.

20:47 WIB
Menit ke-90

Tendangan dari luar kotak pinalti Indonesia oleh Mohammed Salem masih melenceng kanan mistar gawang Indonesia.

20:45 WIB
Menit ke-85

Bola tendangan Paolo SItanggang dari luar kotak pinalti mengenai mistar gawang Lebanon dan keluar lapangan.

20:40 WIB
Menit ke-83

Sepakan Evan Dimas memanfaatkan umpan tarik Ilham masih tercuri oleh pemain Lebanon, Khalil Kamis.

20:39 WIB
Menit ke-80

Sepak pojok oleh Evan Dimas.

20:35 WIB
Menit ke-79

Peluang Indonesia gagal dimanfaatkan di kotak pinalti  dari umpan Ilham. Tendangan Evan kena kiper dan out. Husein Zein dikasih kartu kuning kedua atau kartu merah oleh wasit Ardianto karena protes.

20:30 WIB
Menit ke-73

Peluang Indonesia dari Paolo Sitanggang gagal. Bola lepas dari kakinya disambar pemain Lebanon dan dibuang keluar oleh Khaled Ali.

20:27 WIB
Menit Ke-70

Tendangan Ilham jauh melenceng gawang Mostafa Matar

20:22 WIB
Menit ke-66

Lebanon melakukan tekanan.

20:20 WIB
Menit ke-62

Muklis Hadi Ning diganti Dinan

20:16 WIB
Menit ke-59

Satu peluang Indonesia gagal dimanfaatkan oleh Paolo SItanggang. Bola lepas dari kakinya.

20:14 WIB
Menit ke-56

Tendangan Ghazi Honeine masih tinggi .

20:11 WIB
Menit ke-55

Tendangan dari luar kotak pinalti oleh Evan Dimas naik di atas  gawang  Mostafa Matar

20:07 WIB
Menit ke-50

Pelanggaran Abdullah Ali kepada Faturohman, tendangan bebas untuk Indonesia.

20:03 WIB
Menit Ke-48

Pelanggaran Khaled AL Jasem kepada Maldini Pali. Tendangan bebas oleh Evan Dimas.Terjadi benturan antara Muklis Hadi Ning dengan kiper Mostafa Matar dalam perebutan bola.

20:02 WIB
BABAK II: Dimulai

Wasit Adrianto meniup peluit, babak kedua  dimulai.

19:49 WIB
Menit ke-47, babak I selesai, Skor 0-0

Wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama selesai. Skor pertandingan masih bertahan 0-0.

19:47 WIB
Menit ke-46

Tendangan bebas Muklis Hadi Ning terlalu tinggi di atas mistar gawang Lebanon.

19:45 WIB
Menit ke-45

Kerja sama satu dua sentuhan Maldini Pali dengan Hargianto nyaris menjebol gawang Lebanon. Namun, bola sontekan Maldini lemah dan menyentuh kaki pemain Lebanon, out dan sepak pojok untuk Indonesia.

19:44 WIB
Menit ke-43

Tendangan Hansamu Yama pelan ke arah kiper. Hansamu sudah dalam posisi yang baik.

19:43 WIB
Menit ke-42

Mahdi Fahri mengantikan Syahrul yang cedera.

19:38 WIB
Menit ke-39

Indonesia mulai ditekan Lebanon. Namun, rapatnya pertahanan Indonesia, tetap membuat Lebanon sulit menembus.

19:34 WIB
Menit ke-33

Peluang Lebanon terbuang percuma. Bola naik di atas gawang Indonesia.

19:28 WIB
Menit ke-30: Peluang Indonesia

Tendangan bebas oleh Evan Dimas dari luar kotak pinalti. Lalu disambut oleh Muklis Hadi Ning, tapi menyentuh tiang gawang dan bola kembali ke tengah.

19:23 WIB
Menit ke-24

Timnas Indonesia masih memainkan bola di daerah sendiri karena Lebanon masih bertahan sejak dari lapangan tengah

19:20 WIB
Menit ke-19

Tendangan Faturocham dari luar kotak pinalti masih ke arah kiper Lebanon.

19:16 WIB
Menit ke-17: Mencari celah

Indonesia masih mencari celah di pertahanan Lebanon yang bermain bertahan dan menyerag melalui sayap.

19:10 WIB
Indonesia terus menekan

Sepuluh menit pertama, Evan Dimas cs terus melakukan serangan dan Lebanon lebih banyak menunggu untuk melakukan counter attack.

18:56 WIB
Kick off

Wasit Andri Aristanto meniup peluit pertandingan dimulai

18:49 WIB
Lagu kebangsaan

Pertandingan akan dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan dari kedua tim

18:42 WIB
Peringkat FIFA

Timnas Lebanon memiliki peringkat FIFA yang lebih baik dari Indonesia. Jika :Lebanon pada peringkat ke-115, naik satu tingkat dari sebelumnya. Indonesia berada di peringkat ke-154, turun satu tingkat. (fifa)

17:54 WIB
Daftar line up Indonesia

Indonesia ; 1.Awan Setho 2.Hansamu Yama 3.Sahrul 4.Fatchu Rochman 5.Putu Gede 6.Evan Dimas 7.Hargianto 8.Paulo 9.Maldini 10.Muchlis 11.Ilham

 

Lebanon: 1-Mostafa Matar (PG), 4-Khaled Ali, 5-Khalil Kamis (C), 6-Husein Zein, 7-Hassan Kaourani, 8-Ghazi Honeine, 19-Habib Shweikh, 9-Mohamad Kdouh, 10-Mohamad Salem, 11-Philippe Pouli, 23-Ali Karaki

Cadangan: 12-Abdallah Ali, 13-Hussein Mansour, 14-Abdallah Moughrabi, 15-Ali Issa, 16-Elie Baradhie, 17-Husein Ayoub, 18-Akram Trad, 2-Jihad El Masri, 3-Khaled Al Jasem, 20-Mahmoud Alhawali, 21-Ali Daher (PG), 22-Levon Kinoyan (PG)

Pelatih: Bassem Mohamad

16:38 WIB
Prestasi Timnas Lebanon

Tim Sepakbola Lebanon memiliki julukan resmi mereka  The Cedars  dikendalikan oleh Asosiasi Federasi Libanaise de Football (LFA), yang saat ini menjadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan juga Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF).  Tim ini belum pernah lolos ke Piala Dunia FIFA U-20. Mereka hanya ikut sekali pada  2008 di   Piala Asia AFC U-19. Di mana  mereka selesai di tempat terakhir grup

Tim ini telah menghasilkan pemain terkemuka seperti Roda Antar dan Youssef Mohamad. (afc)

15:19 WIB
Striker klub Olympique Lyonnais

Striker Timnas Lebanon, Philippe Paoli --kelahiran 3 Januari 1995 di Beirut -- adalah pemain Lebanon yang bermain sebagai striker  cadangan di Olympique Lyonnais.
 

Dia adalah lulusan dari akademi Athletico S.C. Dia juga berlatih atletik, disiplin,  dia memenangkan beberapa gelar nasional di kategori pemuda.   Pada usia 17, Paoli dipanggil oleh pelatih Theo Bücker untuk tim nasional sepak bola Lebanon selama pertandingan persahabatan melawan Australia pada 6 September 2012. Di mana ia masuk  dalam permainan pada  menit ke-59. Dia  bergabung dengan tim di bawah-19 Olympique Lyon pada musim panas 2012 dan kemudian kembali ke Lebanon untuk menyelesaikan studinya.(soccerway.com)

 

14:07 WIB
Indra Sjafri: Kekuatan Timur Tengah

Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri mengatakan  uji coba melawan Lebanon akan dimanfaatkan untuk mengetahui kekuatan tim asal Timur Tengah. Karena, tim-tim asal negara Timur Tengah rata-rata hampir sama termasuk calon lawan Indonesia pada babak penyisihan grup Piala Asia U-19 di Manmar, yakni Uni Emirat Arab.

"Kami   membutuhkan pertandingan uji coba sebanyak-banyaknya dengan lawan yang berbeda, termasuk Lebanon yang rata-rata mengandalkan permainan cepat dan postur tubuh," katanya.

Dia berharap  Evan Dimas dan kawan-kawan dapat terbiasa bermain dengan karakter mereka. 

Timnas menghadapi Lebanon akan bermain seperti biasa dengan pola 4-3-3, dengan meningkatkan kualitas penyelesaian akhir. Karena, Evan Dimas dan kawan-kawan banyak menciptakan peluang pada pertandingan terakhir melawan Yaman di Stadion Maguwoharjo Sleman denga skor 1-1.(Antara)

13:42 WIB
Prediksi Line Up

Indonesia U-19 (4-3-3)

Ravi Teguh; Putu Gede, Fatchu Rochman, Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama; Hargianto, Evan Dimas, Zulfiandi; Ilham Udin, Muchlis Hadi, Maldini

Pelatih: Indra Sjafri

 

Lebanon U-19

Levon  Kinoyan; Khaled Al Jasem, Khaled Ali, Khalil Khamis, Hassan Kourani; Ghazi Honeine; Jihad Jomaa, Hussen Fakha, Ali Chehab; Habib Shweikh, Philippe Pacau. (JIBI/Solopos.com)

13:26 WIB
Pelatih Lebanon: Indonesia berkualitas

Pelatih Timnas Lebanon U-19, Bassem Ali Mohammad, mengaku sangat senang mendapat undangan dari PSSI untuk menjalani uji tanding kali ini. “Ini adalah pertandingan internasional pertama bagi kami. Kami sudah banyak mendengar kekuatan Indonesia jadi ingin mengambil keuntungan untuk membuktikan kekuatan tim mereka,” jelas dia dalam jumpa pers di Hotel Ibis Solo.

Bassem mengatakan dia akan menerapkan pola 4-2-3-1 untuk menghalau serangan Garuda Jaya. Lebanon membawa sejumlah pemain baru untuk menantang Indonesia, salah satunya adalah Philippe Pacau. “Kami sudah tahu, Timnas Indonesia berkualitas. Saya dan teman-teman akan menunggu. Pertandingan pasti akan menarik,” ujar Pacau. (Solopos.com)

13:21 WIB
4 Pemain Cedera

Tim Nasional Indonesia Usia 19 terpaksa mengistirahatkan empat pemainnya karena cedera pada pertandingan uji coba melawan Timnas Lebanon .

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri  mengatakan empat pemainnya yang tidak dapat diturunkan melawan Lebanon yakni Dimas Drajad (penyerang), Riyuji Utomo (stoper), Yabes Roni Malaifani (pemain sayap), dan Eriyanto (gelandang).

Menurut Indra Sjafri, keempat pemainnya tersebut mengalami cedera dan perlu istirahat, sehingga mereka tidak bisa diturunkan melawan Lebanon.

Dokter tim belum mengizinkan empat pemainnya tersebut bertanding, karena masih taraf pemulihan dari cederanya. Pemainnya yang siap akan diturunkan melawan timnas dari Negara Timur Tengah itu. (Antara)

13:02 WIB
Harga Tiket

Panitia pertandingan Timnas U-19 vs Lebanon U-19 menetapkan harga tiket

1. Tribun Utara utara & selatan (belakang gawang): Rp30.000

2. Tribun timur: Rp50.000

3. Tribun barat : Rp75.000

4. Tribun VIP: Rp100.000

Selain itu,  terkait keamanan, Panpel menyediakan 375 personel dari TNI/Polri, dan 90 petugas keamanan internal.

12:01 WIB
Rekor: Indonesia & Lebanon

Grup D

Tim
MMSKGMGKSGPts
 Iran (lolos)330091+89
Arab Saudi320172+56
 Lebanon301228−61
 Tajikistan301207−71

 Grup G

TeamMMSKGMGKSGPts
 Indonesia (lolos)330092+79
Korea Selatan (lolos)3201114+76
Filipina
301228−61
 Laos3012311−81

 

Grup Babak Final Piala Asia U-19:

Group A: Myanmar, Iran, Thailand, Yaman

Group B: Uzbekistan, Australia, UAE, Indonesia

Group C: Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam

Group D: Irak,  Korea Utara, Qatar, Oman


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper