Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil FINAL LIGA CHAMPIONS 2014: Lumat Atletico 1-4, Real Madrid Juara, Ramos Petaka bagi Atletico

Real Madrid akhirnya tampil sebagai juara Liga Champions 2014 untuk ke-10 kali setelah di final menundukkan tim se-kota Atletico Madrid 4-1 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (24/5/2014) atau Minggu (25/5/2014) dinihari waktu Indonesia. Pertandingan harus dituntaskan melalui extra time.
Para pemain Real Madrid angkat piala setelah juara Liga Champions kalahkan Atletico Madrid 4-1, Sabtu (24/5/2014)/Reuters
Para pemain Real Madrid angkat piala setelah juara Liga Champions kalahkan Atletico Madrid 4-1, Sabtu (24/5/2014)/Reuters
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Real Madrid akhirnya tampil sebagai juara Liga Champions 2014 untuk ke-10 kali setelah di final menundukkan tim se-kota Atletico Madrid 4-1 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (24/5/2014) atau Minggu (25/5/2014) dinihari waktu Indonesia. Pertandingan ini harus melalui extra time.

Real Madrid sempat tertinggal 1-0 pada menit ke-35 melalui gol sundulan kepada Diego Godin. Namun, pada masa injury time babak kedua (menit ke-92),  sundulan kepala Sergio Ramos menyamakan kedudukan. Pada menit ke-109, Real Madrid balik unggul melalui sundulan kepala Gareth Bale memanfaatkan umpan  crossing Di Maria. Pada menit ke- 118, Madrid memperbesar kemenangan melalui Marcelo. Gol pelengkap kemenangan Madrid dihasilkan oleh pemain peraih Ballon d'Or 2014, Cristiano Ronaldo.

Final Liga Champions 2014 antara Real Madrid versus Atletico Madrid yang pertama kali di Liga Champions ini sempat diwarnai protes pelatih Atletico Madrid Diego Simeone yang masuk ke lapangan dan memprotes wasit serta beradu mulut dengan pemain Madrid Varane. Varane dapat kartu kuning dan Simeone diusir dari bangku cadangan.

Kemenangan ini sesuai prediksi. Di mana Madrid difavoritkan memenangkan gelar ke-10. Kemenangan ini membuat rekor kemenangan Madrid atas Atletico Madrid --dalam  265 pertemuan -- menjadi  144  kali menang dibandingkan dengan Atletico Madrid yang baru 64 kali.

Atletico Madrid --yang baru menjuarai Liga Spanyol 2014--  kehilangan  pemain utamanya, Diego Costa yang ditarik keluar pada pertengahan babak pertama  karena cedera lutut diganti Adrian. Padahal, Atletico sudah kehilangan  Arda Turan. 

Demikian  Live Bisnis.com   dari pertandingan final  yang juga  disiarkan oleh SCTV, Minggu (25/5/2014) pukul 01.00 WIB.

 

14:10 WIB
Simeone: Kekalahan Sangat Menyakitkan

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone mengaku kekalahan atas Real Madrid di final Liga Champions dini hari tadi sungguh menyakitkan.

Anak asuh Simeone sebenarnya sudah meletakkan satu tangan di tropi Liga Champions menyusul gol Diego Godin pada menit ke 36.

Sergio Ramos membuat gol penyeimbang lewat tandukannya pada tambahan waktu. Madrid memaksa Atletico untuk bermain 2x15 menit dan menang 4-1. Gol Madrid dicetak oleh Gareth Bale, pemain pengganti Marcelo, dan tendangan penalti Cristiano Ronaldo.

Walaupun kalah, Simeone mengaku bangga atas kinerja anas asuhnya yang telah memenangkan Liga Spanyol, (17/5),  pertama kali sejak 1996.

"Kekalahan ini menyakitkan ketika kami sudah memberikan 100%. Sekarang kami harus beristirahat untuk musim depan. Saya bangga atas anak asuh saya," ungkap Simeone seperti dilansir di Sky Sports.

"Saya katakan kepada pemain tidak ada gunanya menangis. Mereka harus bangga pada diri mereka sendiri dan berpikir untuk musim depan."

Pelatih berumur 44 tahun ini menambahkan, "Saya tidak merasa sedih, hanya kecewa karena saya tidak mencapai target. Di hidup ini, suatu saat kamu mendapatkan segalanya, dan selanjutnya kamu tidak mendapatkan apapun." (ant/yus)

08:03 WIB
Gareth Bale Bilang Golnya Jadi Kenangan Sepanjang Hidup

Gareth Bale mengakui bahwa gol krusialnya pada babak perpanjangan waktu yang mengantarkan Real Madrid menang 4-1 dan menjuarai Liga Champions akan menjadi kenangan sepanjang hidup.

Bintang sepakbola Wales yang menjadi pemain termahal dunia itu tiga kali gagal mencetak gol sebelum dia melepaskan sundulan untuk mengubah kedudukan 2-1 pada babak perpanjangan waktu.

"Harga tidak berarti apa-apa bagi saya," kata Bale yang pindah ke Real tahun lalu dari Tottenham dengan mencetak rekor transfer termahal di dunia.

"Saya mau datang ke sini dengan bayaran satu sen jika itu berarti saya bisa bermain di turnamen-turnamen besar dan memenangkan gelar-gelar juara besar".

"Ini sulit dipercaya bisa mengangkat trofi ini, ini akan menjadi kenangan yang akan hidup abadi dalam diri saya," kata Bale seperti dikutip AFP.(ant/yus)

07:54 WIB
Bek Atletico: Gol Ramos Runtuhkan Moral Kami

Bek Atletico Madrird Francisco Juanfran menyebut gol balasan Sergio Ramos pada pengujung berakhirnya babak kedua, sungguh meruntuhkan moral pemain Atletico yang nyaris merebut gelar Liga Champios pertamanya itu.

"Ini adalah partai final yang panas sampai detik-detik terakhir. Gol dari Sergio Ramos sungguh merusak kami," kata Juanfran seperti dikutip UEFA.com.(ant/yus)

07:47 WIB
Ancelotti: Saya Bangga dengan Kemenangan Real Madrid

Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti mengaku bangga mengantarkan timnya menjadi juara Liga Champions yang adalah ketiga kalinya dia merasakan trofi Liga Champions selain dua kali melakukannya bersama AC Milan.

"Saya sangat senang kami berhasil merebut gelar juara yang bagi Real Madrid adalah sangat penting," kata Ancelotti seperti dikutip UEFA.com.

Dia melanjutkan, "Saya merasa sangat bangga bisa mencapai hasil ini. Secara pribadi, saya merasa sangat senang. Saya telah bilang berkali-kali, kebahagiaan akan menghasilkan kebahagiaan yang mengikuti kami sepanjang waktu." (ant/yus)

05:35 WIB
Sergio Ramos Segalanya bagi Real Madrid

Statistik Pertandingan

Uraian

Real Madrid

Atletico Madrid

Penguasaan bola

63%

37%

Tembakan ke arah gawang

9

4

Tendangan sudut

9

9

Offside

0

0

Kartu merah

0

0

Kartu kuning

5

7

Pelanggaran

19

27

 Real Madrid: Sergio Ramos (menit ke-92),  Gareth Bale (109”), Marcelo (118”), Cristiano Ronaldo (119”)

Atletico Madrid:  Godin (35”)

 

Gelar pahlawan pantas disematkan kepada Sergio Ramos. Berkat sundulannya di menit ke-92, Real Madrid mampu bangkit untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Gol Ramos ini sekaligus menjadi petaka bagi Atletico karena sebenarnya mereka sudah di pengujung jalan untuk menjadi juara Liga Champions musim 2013-2014.

Sampai berakhir waktu normal 90 menit, Atletico masih unggul 1-0 atas Real Madrid berkat sundulan Godin merobek gawang Casilas di menit ke-35.

Muka girang pelatih, pemain dan suporter Atletico langsung berubah menjadi muram karena gol Ramos telah memupus harapan naik ke podium mengangkat tropi juara.

Akhirnya pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Berkat serangan yang dilancarkan secara beruntun, Real Madrid akhirnya membalikkan keadaan menjadi 2-1 berkat gol Bale di menit ke-109.

Moral pemain Real semakin bertambah, serangan demi serangan pun dilancarkan mengacak-acak pertahanan Atletico yang kokoh. Dan akhirnya usaha Ranoldo berbuah hasil, Marcelo menambah keunggulan Real Madrid menjadi 3-1 di menit ke-118.

Ronaldo menyudahi pertandingan dengan skor 4-1 setelah berhasil melakukan eksekusi penalti di menit ke-119. Mereka akhirnya keluar sebagai juara Liga Champions musim kompetisi 2013-2014.

04:23 WIB
Babak extra time usai: REAL MADRID JUARA!

Real Madrid juara ke-10 dan menjadi sejarah baru di Liga Champions. Tim pertama yang menjadi juara untuk ke-10 kalinya.

04:21 WIB
Menit ke-120: SIMEONE Protes Masuk Lapangan

Pelatih Diego Simeone masuk ke lapangan dan memprotes wasit.  Pertandingan terhenti. Dan ribut dengan Varane yang akhirnya kena kartu kuning.

04:18 WIB
Menit ke-119: Gooollll Madrid 4-1 Atletico

Tendangan penalti setelah Ronaldo dijatuhkan oleh Godin di kotak penalti.   Gooool , skor 4-1 untuk Madrid.

04:14 WIB
Menit ke-118 Gooollll 3-1 untuk Madrid

Marcelo mencetak gol ketiga Madrid, 3-1

04:12 WIB
Menit ke-113

Tendangan Adrian masih naik di atas mistar gawang yang sudah ditinggalkan Iker Casilas.

04:08 WIB
Menit ke-109 Goool 2-1 Madrid

Bale mencetak gol kedua Madrid. Ini didahului oleh serangan melalui Di Maria. Gol keenam Bale di Liga Champions.

04:05 WIB
Menit ke-107

Tendangan Modric dari luar kotak pinalti masih ditangkapkiper Atletico Courtois

04:02 WIB
Extra Time II Dimulai

Wasit Björn Kuipers memulai babak extra time II

04:00 WIB
Extra time I selesai

Babak I Extra time selesai `1-1

03:56 WIB
Menit ke-103

Sepak pojok untuk Atletico Madrid

03:55 WIB
Menit ke-100 (extra time)

Tendangan bebas oleh Ronaldo setelah Marcelo diganjal Gabi. Menghasilkan sepak pojok.

03:52 WIB
Menit ke-98

Bale gagal menembus sektor kiri pertahanan Atletico

03:49 WIB
Menit ke-95

Real Madrid masih kesulitan menembus sektor tengah pertahanan Atletico

03:43 WIB
EXTRA TIME DIMULAI

Babak tambahan waktu dimulai

03:39 WIB
Babak II Usai 1-1

Babak II selesai. Skor 1-1

03:31 WIB
Menit ke-92 Gooolllll 1-1

Sundulan Sergio Ramos menyamakan kedudukan.

03:30 WIB
Menit ke-86

Tendangan bebas setelah Thiago menjatuhkan Modric.

03:27 WIB
Menit ke-83

Gempuran Real Madrid terus berlangsung melalui crossing Di Maria.

03:27 WIB
Atletico Andalkan Serangan Balik, Pertahanan Ditutup Rapat

Atletico berkonsentrasi menjaga area pertahanannya, tercatat sekitar 7-8 pemain berada di jantung pertahanan. Sesekali mencoba membangun serangan balik.

 

03:26 WIB
Menit ke-82

Alderweireld gantikan Filipe Luis

03:23 WIB
Menit ke-78

Karim Benzema diganti oleh Morata.

03:19 WIB
Menit ke-77

Garet Bale kembali memiliki peluang. Masuk dari sektor kiri kotak pinalti Atletico. Namun, tembakannya masih di kiri gawang Courtois.

03:18 WIB
Atletico Mulai Merapatkan Pertahanan

Atletico mulai mengetatkan barisan pertahanannya, beberapa kali ancaman dari Real Madrid selalu dipatahkan oleh barisan belakang Atletico.

03:18 WIB
Mneit ke-73

Peluang oleh Bale dari luar kotak pinalti masih menyamping gawang Courtois.

03:17 WIB
Menit ke-72.

David Vila dapat kartu kuning karena kakinya mengenai kiper Casilas.

03:12 WIB
Menit ke-69

Kerja sama bola pendek Di Maria dan Bale lepas dan diamankan pemain Atletico di kotak pinalti

03:11 WIB
Menit ke-67

Tendangan Isco dari luar kotak penalti masih menyamping gawang Atletico.

03:07 WIB
Menit ke-64

Sosa ganti Raul Garcia (Atletico Madrid)

03:05 WIB
Menit ke-61

Umpan tarik Ramos gagal disambut Ronaldo maupun Benzema.

03:01 WIB
Menit ke-59

Marcelo ganti Fábio Coentrão dan Isco ganti Khedira

03:03 WIB
Statistika Pertandingan Babak Pertama

Statistika Pertandingan Babak Pertama

Uraian

Real Madrid

Atletico Madrid

Penguasaan bola

62%

38%

Tembakan ke arah gawang

2

5

Tendangan sudut

2

3

Offside

0

2

Kartu merah

0

0

Kartu kuning

2

1

Pelanggaran

8

10

02:59 WIB
Menit ke-57

Shooting Adrian dari kotak pinalti, tetapi bola mantul kaki Ramos dan sepak pojok

02:58 WIB
Menit ke-55

Tendangan bebas Ronaldo mampu ditepis kiper Atletico Courtois

 

02:56 WIB
Menit ke-53

Miranda kartu kuning karena menarik Di Maria yang sedang membawa bola.

02:55 WIB
Menit ke-51

Tendangan Raul Garcia (Atletico) masih melambung.

02:53 WIB
Menit ke-48

Tendangan bebas Modric.

02:46 WIB
KICK OFF II

Wasit Björn Kuipers meniup peluit tanda pertandingan dimulai

02:33 WIB
Menit ke-47 (injury time) BABAK I Selesai

Khedira kartu kuning karena mengganjal David Villa dan pertandingan usai.

02:30 WIB
Menit ke-43

David Vila dijatuhkan oleh Coentrão (Madrid). Tendangan bebas untuk Atletico.

02:26 WIB
Menit ke-40

Sundulan Adrian naik di atas mistar gawang Iker Casilas. Hasil tendangan pojok Gabi.

02:21 WIB
Menit ke-35 GOOOllll 1-0 Atletico.

Satu kesalahan Iker Casilas yang maju menyambut bola lambung. Namun, bola jatuh dan disundul Godin masuk ke gawang Madrid yang kosong.

02:20 WIB
Atletico Berambisi Jadi Tim Ketujuh Tak Terkalahkan

Atletico Madrid tetap tak terkalahkan pada Liga Champions musim ini dengan hanya kemasukan enam gol dari 12 laga yang dimainkan.

Jika mereka memenangi laga final melawan Real Madrid, maka Atletico akan menjadi tim ketujuh yang tak terkalahkan sampai meraih gelar juara.

Tim terakhir yang mencatat rekor tak terkalahkan adalah Manchester United pada Liga Champions musim 2007/2008.(ant/yus)

02:18 WIB
Menit ke-31

Real Madrid masih mendominasi permainan, tetapi Atletico mulai bangkit. Satu peluang Bale lepas. Tendangan dari kotak pinalti tipis di sisi kanan gawang Courtois.

02:16 WIB
Menit ke-27

Shooting Ronaldo dari dalam kotak pinalti masih tepat ke arah kiper Atletico Madrid Courtois.

02:13 WIB
Menit ke-26

Raul Garcia ganjal Di Maria yang tengah solorun. Dan Garcia kartu kuning. Ramos yang datang memprotes Garcia, pun diganjar kartu kuning.

02:11 WIB
Menit ke-22

Tendangan bebas Modric, tepat ke arah kiper Atletico Madrid Courtois.

02:07 WIB
Menit ke-20

Memasuki menit ke-20, laga berjalan dalam tempo sangat cepat, kedua kubu mencoba membangun serangan, namun sering kandas di lapangan tengah.

 

02:06 WIB
Menit ke-19

Real Madrid mendominasi permainan. Atletico mengandalkan serangan balik.

02:02 WIB
Menit ke-16

Fábio Coentrão nyaris bertengkar dengan Gabi.

02:01 WIB
Menit ke-13

Tembakan dari luar kotak pinalti Real Madrid Raul Garcia masih jauh dari mistar gawang Iker Casilas.

01:59 WIB
Menit ke-11

Ronaldo ditabrak Raul Garcia (Atletico Madrid).

01:56 WIB
Menit ke-8: Diego Costa diganti

Modric dijatuhkan oleh David Vila. Dan Diego Costa ditarik keluar diganti Adrian.

01:55 WIB
Menit ke-6

Bale menabrak Fillipe Luis di sektor tengah lapangan.

01:51 WIB
Menit ke-4

Ronaldo terhadang Juanfran (Atletico Madrid) dan terjatuh. Namun, sudah offside lebih dulu.

01:49 WIB
Menit ke-2

Real Madrid mencoba untuk mengambil inisiatif permainan.

01:46 WIB
KICK OFF: BABAK I

Wasit asal Belanda Björn Kuipers meniup peluit. Babak I dimulai.

01:43 WIB
Beberapa saat lagi laga akan segera dimulai

Beberapa saat lagi laga akan dimulai, saat ini sedang dilakukan inagurasi di lapangan Estádio do Sport Lisboa e Benfica (da Luz) — Lisboa, Portugal.

01:18 WIB
DAFTAR JUARA ATLETICO MADRID
  • UEFA Champions League:  RUNNER UP  (1): 1973–74
  • UEFA Europa League: JUARA (2):2009–10, 2011–12
  • UEFA Cup Winners' Cup:  JUARA  (1):1961–62. -RUNNER UP  (2): 1962–63, 1985–86
  • UEFA Super Cup:  JUARA  (2):2010, 2012
  • UEFA Intertoto Cup:  JUARA  (1): 2007 - Joint Winner. - RUNNER UP  (1): 2004
  • Intercontinental Cup:  JUARA  (1): 1974
01:12 WIB
DAFTAR JUARA REAL MADRID
  • PIALA EROPA/LIGA CHAMPIONS: JUARA  (9): 1955–56*, 1956–57, 1957–58, 1958–59, 1959–60, 1965–66, 1997–98, 1999–2000, 2001–02. RUNNER-UP (3): 1961–62, 1963–64, 1980–81
  • UEFA CUP: JUARA  (2): 1984–85, 1985–86
  • UEFA CUP WINNERS CUP: Runners-up (2): 1970–71, 1982–83
  • UEFA SUPER CUP: JUARA (1);  2002. RUNNER UP:  (2): 1998, 2000
01:06 WIB
Pengguna Media Sosial Indonesia Paling Cerewet Perbincangkan Laga Madrid Bersaudara
00:57 WIB
Inilah susunan pemain

REAL MADRID:  01 Casillas 15 Carvajal 05 Fábio Coentrão 06 Khedira 04 Ramos 02 Varane 19 Modric 22 Di María 09 Benzema 11 Bale 07 Ronaldo. CADANGAN 03 Pepe 12 Marcelo 17 Arbeloa 21 Morata 23 Isco 24 Illarramendi 25 López

 

ATLETICO MADRID:  13 Courtois 20 Juanfran 03 Filipe Luis 05 Tiago 23 Miranda 02 Godín 08 Raúl García 14 Gabi 09 Villa 19 Diego Costa 06 Koke. CADANGAN:  01 Aranzubia 04 Suárez 07 Adrián 11 Rodríguez 12 Alderweireld 24 Sosa 26 Diego

23:26 WIB
Background pertandingan

 Kedua tim  telah bertemu 194 kali di liga dan pertandingan Piala Spanyol. Madrid menang  102, 46 untuk Atletico dan 46 kali seri.

Terakhir Atlético di Liga musim ini, menang atas Madrid. Diego Costa mencetak satu-satunya gol di Santiago Bernabeu pada  28 September - kemenangan pertama  Atletico di liga melawan tetangga mereka sejak  1999 - sebelum bermain imbang 2-2 di Estadio Vicente Calderon pada  2 Maret. Karim Benzema (3) memberikan Madrid memimpin, tetapi gol dari Koke (28) dan Gabi (45 +1) membalikkan  pertandingan yang seakan mendukung Atletico sebelum akhirnya gol Ronaldo  untuk Madrid  (82) menyamakan kedudukan.

Madrid memenangkan  pertarungan di  semi final 'Copa del Rey, gol dari Pepe (17), Jesé (57) dan Ángel Di María (73) membawa kemenangan di leg pertama di kandang  3-0 pada 5 Februari. Dua penalti dari Ronaldo (7, 16) membawa Madrid meraih kemenangan tandang 2-0.

22:50 WIB
Rekor adu penalti

Real MadridCatatan penalti  Madrid di kompetisi UEFA adalah Menang 1 & Kalah 2:
1-3 v FC Bayern München, 2011/12 UEFA Champions League semi-final
3-1 v Juventus, 1986-1987 putaran kedua Piala Eropa
5-6 v FK Crvena zvezda, 1974-1975 European Cup Winners 'Cup perempat final 



 AtléticoCatatan penalti Atlético di UEFA kompetisi adalah kalah semua:
1-3 v Villarreal CF 2004 UEFA Intertoto Cup
1-3 v AC Fiorentina, 1989-1990 Piala UEFA putaran pertama
6-7 v Derby County FC, putaran kedua 1974-1975 Piala UEFA

21:51 WIB
Road to final

PERTANDINGAN REAL MADRID

17 September 2013 Group stage (Group B)

Galatasaray

 

1-6

 

Real Madrid

Referee: Mark Clattenburg (Inggris ) – Stadion : Ali Sami Yen Spor Kompleksi, Istanbul (TURKI)

2 October 2013 Group stage (Group B)

Real Madrid

 

4-0

 

København

Referee: Matej Jug (SOLEVINA) – Stadion: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

 23 October 2013 Group stage (Group B)

Real Madrid

 

2-1

 

Juventus

Referee: Manuel Gräfe (JERMAN) – Stadion: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

5 November 2013 Group stage (Group B)

Juventus

 

2-2

 

Real Madrid

Referee: Howard Webb (INGGRIS) – Stadion: Juventus Stadium, Turin (ITALIA)

27 November 2013 Group stage (Group B)

Real Madrid

 

4-1

 

Galatasaray

Referee: William Collum (SKOTLANDIA) – Stadion: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

10 December 2013 Group stage (Group B)

København

 

0-2

 

Real Madrid

Referee: Felix Brych (JERMAN) – Stadium: Parken, Copenhagen (DENMARK)

26 February 2014 Round of 16

Schalke

 

1-6

 

Real Madrid

Referee: Howard Webb (INGGRIS) – Stadion: Stadion Gelsenkirchen, Gelsenkirchen (JERMAN)

18 March 2014 Round of 16

Real Madrid

 

3-1

 

Schalke

Aggregate: 9-2

Referee: Sergei Karasev (RUSIA) – Stadium: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

2 April 2014 Quarter-finals

Real Madrid

 

3-0

 

Dortmund

Referee: Mark Clattenburg (INGGRIS) – Stadion: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

8 April 2014 Quarter-finals

Dortmund

 

2-0

 

Real Madrid

Aggregate: 2-3

Referee: Damir Skomina (SLOVENIA) – Stadion: BVB Stadion Dortmund, Dortmund (JERMAN)

23 April 2014 Semi-finals

Real Madrid

 

1-0

 

Bayern

Referee: Howard Webb (INGGRIS) – Stadion: Estadio Santiago Bernabéu, Madrid (SPANYOL)

29 April 2014 Semi-finals

Bayern

 

0-4

 

Real Madrid

Aggregate: 0-5

Referee: Pedro Proença (PORTUGAL) – Stadium: Fußball Arena München, Munich (JERMAN)

24 May 2014 Final

Real Madrid

 

20.45

 

Atlético

 PERTANDINGAN ATLETICO MADRID

18 September 2013 Group stage (Group G)

Atlético

 

3-1

 

Zenit

Referee: William Collum (SKOTLANDIA) – Stadium: Estadio Vicente Calderón, Madrid (SPANYOL)

1 October 2013 Group stage (Group G)

Porto

 

1-2

 

Atlético

Referee: Howard Webb (INGGRIS) – Stadium: Estádio do Dragão, Porto (PORTUGAL)

22 October 2013 Group stage (Group G)

Austria Wien

 

0-3

 

Atlético

Referee: Daniele Orsato (ITALIA) – Stadium: Ernst-Happel-Stadion, Vienna (AUSTRIA)

6 November 2013 Group stage (Group G)

Atlético

 

4-0

 

Austria Wien

Referee: István Vad (HONGGARIA) – Stadium: Estadio Vicente Calderón, Madrid (SPANYOL)

26 November 2013 Group stage (Group G)

Zenit

 

1-1

 

Atlético

Referee: Martin Atkinson (INGGRIS) – Stadium: Stadion Petrovski, St Petersburg (RUSIA)

11 December 2013 Group stage (Group G)

Atlético

 

2-0

 

Porto

Referee: Deniz Aytekin (GER) – Stadium: Estadio Vicente Calderón, Madrid (ESP)

19 February 2014 Round of 16

Milan

 

0-1

 

Atlético

Referee: Pedro Proença (POR) – Stadium: Stadio Giuseppe Meazza, Milan (ITA)

11 March 2014 Round of 16

Atlético

 

4-1

 

Milan

Aggregate: 5-1

Referee: Mark Clattenburg (ENG) – Stadium: Estadio Vicente Calderón, Madrid (ESP)

1 April 2014 Quarter-finals

Barcelona

 

1-1

 

Atlético

Referee: Felix Brych (JERMAN) – Stadion: Camp Nou, Barcelona (SPANYOL)

9 April 2014 Quarter-finals

Atlético

 

1-0

 

Barcelona

Aggregate: 2-1

Referee: Howard Webb (INGGRIS) – Stadion: Estadio Vicente Calderón, Madrid (SPANYOL)

22 April 2014 Semi-finals

Atlético

 

0-0

 

Chelsea

Referee: Jonas Eriksson (SWEDIA) – Stadion: Estadio Vicente Calderón, Madrid (SPANYOL)

30 April 2014 Semi-finals

Chelsea

 

1-3

 

Atlético

Aggregate: 1-3

Referee: Nicola Rizzoli (ITALIA) – Stadion: Stamford Bridge, London (INGGRIS)

24 May 2014 Final

Real Madrid

 

20.45

 

Atletico

Referee: Björn Kuipers (BELANDA) – Stadium: Estádio do Sport Lisboa e Benfica, Lisbon (PORTUGAL)

Sumber: uefa

21:32 WIB
Rekor lima laga terakhir

Lima laga terakhir:

Real Madrid CF  
17 Mei 2014    Real Madrid CF 3 - Espanyol 1    LIGA
11 Mei 2014    Celta 2 - Real Madrid CF 0           LIGA
 7 Mei 2014    Valladolid 1 - Real Madrid CF 1    LIGA
 4 Mei 2014    Real Madrid CF 2 - Valencia CF 2    LIGA
29 Apr 2014    FC Bayern München 0 - Real Madrid CF 4    UCL

Atletico Madrid  
17 Mei 2014    FC Barcelona 1 - Atletico Madrid 1    LIGA
11 Mei 2014    Atletico Madrid 1 - Malaga 1    LIGA
 4 Mei 2014    Levante 2 - Atletico Madrid 0    LIGA
30 Apr 2014    Chelsea FC 1 - Atletico Madrid 3    UCL
27 Apr 2014    Valencia CF 0 - Atletico Madrid 1    LIGA

20:16 WIB
Stadion The Da Luz Estádio Menjadi Ajang Derby Terbesar dalam Sejarah

Stadion The Da Luz Estádio, Lisbon menjadi tempat derby terbesar dalam sejarah, menampilkan Real Madrid dan Atletico dalam kontes elit, final Liga Champions.

Seperti dikutip dari marca.com, Sabtu (24/5/2014), ini akan menjadi pertarungan intens -Los Blancos berjuang untuk sesuatu yang sudah lama ditunggu-tunggu yaitu kemenangan 'Decima' [Kejuaraan Eropa kesepuluh) dan 'Rojoblancos' penuh antusiasme dan ambisi untuk pertandingan itu.

Upaya individu dan kekuatan ofensif Real, juara Copa del Rey musim ini, akan melawan tim - mentalitas, intensitas, kekuatan defensif dan semangat Atlético, yang Sabtu lalu merayakan memenangkan gelar juara liga domestik La Liga.

 

19:33 WIB
BURSA TARUHAN: Real Madrid Diunggulkan

Final Liga Champions, Minggu (24/5/2014) dini hari nanti digelar mulai pukul 01.30 WIB. Bursa prediksi Real Madrid vs Atletico Madrid menjadi buruan.

Derby Madrid di final Liga Champions dinihari, Minggu (25/5/2014) WIB, akan jadi laga yang sengit. Pasalnya dilihat dari lima laa terakhir, keduanya saling mengungguli satu sama lain. Bursa taruhan di eropa menjagokan El Real menang dengan keunggulan tipis 2-1 atau 1-0.

Bursa taruhan Eropa, Bwin menempatkan skor 1-1 dan 1-0 sebagai prediksi terpopuler. Angka tipis ini sepertinya dipengaruhi rekor head-to-head kedua tim yang jarang berakhir dengan skor telak.

Di situs judi WilliamHill prediksinya nyaris serupa. 1-0 dan 2-1 untuk Real Madrid. Skybet, oddshecker dan soccerbase juga menempatkan skor tipis 2-1 dan 1-0 di prediksi terpopuler.

Situs-situs taruhan itu tampaknya sepakat menempatkan Atletico Madrid sebagai non-unggulan. Barangkali ini mengingat kedua pemain kunci Atleti yang diragukan tampil. (Solopos.com)

19:24 WIB
PREDIKSI TERBARU SUSUNAN PEMAIN Atletico vs Real Madrid

Ini prediksi susunan pemain kedua tim seperti dikutip dari livescore.com, Sabtu (24/5/2014).

 

Susunan pemain Real Madrid:

Real Madrid (4-3-3): Iker Casillas; Raphael Varane, Sergio Ramos, Fabio Coentrao, Daniel Carvajal; Luka Modric, Angel Di Maria, Asier Illarramendi; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale.

Pelatih: Carlo Ancelotti

---------------------------------------

Susunan pemain Atletico Madrid:

Atletico Madrid (4-4-2): Thibaut Courtois; Diego Godin, Filipe Luis, Juanfran
Miranda; Tiago, Koke, Arda Turan, Gabi Fernández; Adrian, David Villa.

Pelatih: Diego Simeone.

19:06 WIB
6 Pemain Ini Jadi Kunci Final Atletico vs Real MADRID

Berikut adalah enam pemain yang jadi kunci kemenangan final Liga Champions 2014 antara Atletico Madrid vs Real Madrid:

 

1. Angel Di Maria

Dia merupakan salah satu kunci serangan Madrid. Biasa beroperasi di sisi kiri, Di Maria kerap memberikan ancaman melalui umpan silang atau penetrasi ke jantung pertahanan. Sepanjang musim ini Di Maria sudah tampil 10 kali di Liga Champions dengan mencetak 3 gol serta 2 kali terpilih sebagai man of the match.

 

2. Joao Miranda

Dia adalah tembok utama pertahanan Atletico. Perforamnya di La Liga atau Liga Champions sangat konsisten. Miranda lihat membaca arah serangan dan punya keunggulan dalam duel udara, termasuk saat menyambut umpan sepak pojok di muka gawang lawan.

Miranda musim ini sudah 12 kali tampil di Liga Champions, mencetak 2 gol dan sekali terpilih sebagai man of the match.

 

3. Gareth Bale

Sama seperti Di Maria, Bale selalu menjadi ancaman bagi setiap musuh Madrid. Menyandang status pemain termahal, winger asal Wales itu selalu ingin membuktikan kehebatannya di segala kesempatan. Kecepatan adalah senjata utama mantan punggawa Tottenham Hotspur tersebut.

Musim ini Bale tampil dalam 11 laga Liga Champions dan telah mengoleksi 5 gol.

 

4. Raul Garcia

Posisi aslinya adalah gelandang serang. Namun Garcia juga ulet dalam merebut bola di lapangan tengah. Dia juga kerap memberikan assist mtang kepada penyerang Los Colchoneros. Dan jika Diego Costa absen di pertandingan nanti, kemungkinan besar pemain 27 tahun ini yang maju sebagai ujung tombak.

Garcia musim ini telah 11 kali bermain, mencetak 4 gol dan menyabet penghargaan man of the match sebanyak 3 kali.

 

5. Diego Costa

Pemain ini masih diragukan tampil karena mengalami cedera. Namun jika merumput, bisa dipastikan dia akan mengacak-acak pertahanan Los Blancos. Costa merupakan mesin gol utama Atletico musim ini. Khusus di Liga Champions, dia sudah 8 kali bermain dan mencetak 8 gol.

 

6. Cristiano Ronaldo

Tak bisa dibantah, Ronaldo adalah harapan utama fans untuk membawa Madrid meraih La Decima. Sedangkan buat pemain Atletico, CR7 merupakan momok, apalagi musim ini dia benar-benar menggila di Liga Champions dengan mencetak 16 gol dari 10 penampilan. Dia juga 4 kali terpilih sebagai man of the match.

19:04 WIB
GILA, HARGA TIKET FINAL ATLETICO vs REAL MADRID MELAMBUNG

Harga tiket final Liga Champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid di Estadio da Luz, Lisbon, Minggu (24/5/2014), meningkat drastis. Untuk tiket pertandingan termurah bisa mencapai €1.127 atau setara Rp17,8 juta.

Seperti dilansir Marca, sejumlah perusahaan retailer tiket online menaikkan harga tiket final Liga Champions secara gila-gilaan. Untuk tiket Kategori 4 misalnya. Harga resmi tiket pertandingan termurah itu adalah €70 (setara Rp1,1 juta).

Namun, di perusahaan tiket online, harganya mencapai €1.127 (setara Rp17,8 juta). Dengan demikian harga tiket Kategori 4 naik hingga 1.510%. Sedangkan untuk tiket termahal atau Kategori 1, naik hingga 1.951%, yang awalnya €390 (setara Rp6,18 juta) naik hingga €8.000 (setara Rp126 juta ).

Untuk tiket Kategori 3 naik hingga €1.300 (setara Rp20,6 juta), dan Kategori 2 naik hingga €1.459 (setara Rp23,1 juta). Harga tiket di atas adalah yang berlaku di sejumlah perusahaan tiket online seperti tengoentradas.com, Ticketbis.com dan seatwave.es. Hebatnya, tiket semua kategori sudah sold out lima hari sebelum partai final dihelat. (Cecep Junaidi)

18:27 WIB
INI REKOR PERTEMUAN ATLETICO vs REAL MADRID

Ini rekor pertemuan kedua tim

 

Rekor Pertemuan

Semua Kompetisi

Total

RMA Menang

Seri

Atletico Menang

Gol RMA

Gol

ATM

La Liga

154

85

33

36

275

204

Copa del Rey

40

17

13

10

55

41

Campeonato Regional (1)

63

38

10

15

139

85

Copa de la Liga

4

1

1

2

7

7

UEFA Champions League

3

2

0

1

4

3

Total

264

143

57

64

480

340

1)Termasuk  Copa Federación Centro (kemduian bernama  Copa Presidente de la Federación Castellana de Fútbol dan  the Copa Castilla).

18:26 WIB
Ronaldo dan Bale Sudah Fit dan Siap Tempur

Dua bomber andalan Real Madrid --Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale-- diyakini manajer tim Carlo Ancelotti sudah fit dan siap tampil melawan tim sek-kota Atletico Madrid di fina Liga Champions 2014 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (24/5/2014) waktu setempat atau Minggu (25/5/2014) dinihari waktu Indonesia.

25-5-2014

Minggu

01:00

Liga Champions 

Real Madrid vs Atletico Madrid

SCTV/Nex Entertainment

Cristiano Ronaldo  melewatkan dua pertandingan terakhir Real, sementara sesama pemain depan Bale, 24 , duduk pada sesi pelatihan Selasa. "Keduanya akan bermain," kata manajer Carlo Ancelotti, yang bisa memenangkan Piala Eropa ketiga kalinya. "Itu adalah hal  penting bagi kami."

18:06 WIB
Diego Simeone (Pelatih Atletico Madrid): Kesempatan besar

"Setiap orang tahu bahwa laga final ini begitu mencekam, karena kami menghadapi Real Madrid. Tugas saya jelas, membawa tim ini meraih kemenangan."

"Ini jelas kesempatan besar. Laga kali ini benar-benar saya rasakan sebagai sarat tanggungjawab, karena di seberang sana cukup banyak orang berharap kami meraih kemenangan dan meraih trofi (Liga Champions)."

"Arda (Turan) dan (Diego) Costa sudah makin membaik bahkan mereka sudah kembali berlatih bersama tim. Keduanya pemain andalan kami. Tentunya kami terus memantau mereka."

"Sebagai pelatih, laga (final) kali ini menyimpan gelora membara. Untuk itu, saya harus bekerja lebih keras lagi bersama para pemain. Kami perlu berhati-hati, karena lawan yang kami hadapi yakni Real Madrid."

"Kami memang telah meraih gelar sebagai juara Spanyol, sebuah prestasi membanggakan, meski laga final kali ini benar-benar unik, karena itu kami perlu lebih berkonsentrasi."(Reuters/Antara)

18:00 WIB
Carlo Ancelotti (Pelatih Real Madrid): Kerja keras

"Atletico bukan tim yang dapat tampil terbuka dengan gencar menyerang. Mereka tampil kompak ketika menyerang. Mereka maju ke depan dengan penguasaan bola yang ekstra mumpuni. Kami telah menghadapi mereka dalam empat laga selama musim ini, dan kami sudah saling tahu corak bermain masing-masing."

"Kami perlu ekstra kerja keras agar dapat mengalahkan mereka. Mereka mampu menjalin kerjasama apik di semua lini. Untuk itu, kami memandang perlu punya jalinan kerjasama yang kompak seperti mereka. Di sini, kami berharap dukungan seluruh fans seperti ketika kami bertanding melawan Borrusia Dortmund di babak kuarter final dan laga semi final melawan Bayern Muenchen,"

"Sebagai tim, Atletico sedang dilanda euphoria karena keluar sebagai juara La Liga musim ini. Untuk itu, kami justru
termotivasi mengalahkan mereka."

"Anda perlu rileks manakala ingin meraih asa La Decima. Masalahnya, kami perlu menghalau rasa was-was. Perasaan takut perlu diusir, meski kami juga perlu menyiapkan diri dengan meracik taktik. Cita-cita meraih La Decima bukan obsesi. La Decima semata-mata motivasi besar untuk meraih prestasi lebih tinggi. Kami punya kans menorehkan sejarah di klub ini."

"Kami akan memompa semangat dengan berbekal asa meraih La Decima. Kami akan mengerahkan seluruh daya energi untuk mewujudkan La Decima." (Reuters/Antara)

16:40 WIB
Iker Casillas: Ingin Juara

"Bila Anda tidak memenangi apa yang Anda pikir harus Anda memiliki, saat itulah Anda melihat betapa pentingnya apa yang telah dilakukan,"  kata Iker Casillas, kiper Real Madrid. "Itu luar biasa pada  2000 dan 2002, sedikit, tapi itu  yang  kita digunakan untuk menang saat itu - sejak saat itu sudah sangat sulit bagi kami. Bila Anda tidak di final, sulit untuk menerima.. "

"Bila Anda berusia 19, 20 tahun, mungkin Anda tidak menyadari betapa pentingnya gelar ini, baik bagi Anda sebagai pemain dan Real Madrid," ujar Casillas, 33, menambahkan. "Bila Anda belum pernah di final untuk waktu yang lama, Anda menghargai lebih banyak - dan sukacita yang besar.  Ketika Anda bertambah tua, Anda menyadari hak istimewa yang Anda miliki dalam membuat ribuan orang yang bahagia. Kami ingin...  kembali ke Madrid sebagai juara Eropa."

 

16:29 WIB
Prediksi Line Up

Real Madrid: Casillas; Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo; Di Maria, Illarramendi, Modric; Bale, Benzema, Ronaldo.

Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo telah pulih dari cedera dan siap tampil, sementara Pepe dan Karim Benzema tetap sedikit diragukan, tetapi kemungkinan besar akan tampil.

Xabi Alonso akan absen karena suspensi.

Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Miranda, Godin, Luis; Turan, Tiago, Gabi, Koke; Villa, Gracia.

 Atletico menegaskan Arda Turan dan Diego Costa  akan dimasukkan dalam skuad, karena keduanya telah kembali berlatih pada  Kamis (22/5/2014).

Costa,  pergi mendatangi  dokter plasenta' Marijana Kovacevic dalam upaya untuk menjadi fit, kemungkinan akan duduk di bangku cadangan, sementara Turan memberi sinyal akan menjadi cukup fit untuk mendapatkan tempat awal.


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper